Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Jual Lantai kayu Parket
Fashion Blog

Spesialis parket Decking lambersering

Lantai kayu Indonesia

Kenali Jenis Lantai Untuk Lapangan Badminton

Jenis lantai yang bagus untuk lapangan badminton - Badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang diminati semua kalangan di Indonesia. Namun diantara kita banyak tidak tahu banyak soal badminton itu sendiri seperti ukuran sesungguhnya lapangan bulutangkis. 

Jenis Lantai Untuk Lapangan Badminton

Mengenal olahraga badminton

badminton atau bulutangkis adalah pertandingan yang dimainkan oleh minimal 2 orang dan maksimal 4 orang. Dimana ketentuannya ada yang tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran (putra putri).

Permainan ini dimainkan menggunakan racket dan bola yang digunakan di sebut Shuttlecock. Bola dalam pertandingan yang menurut saya memiliki bentuk paling unik. karena bolanya memiliki bulu. hehe

Olahraga badminton ini memiliki ketentuan servis yang berbeda bila di mainkan secar tunggal atau ganda. Pada permainan ganda, jarak servis bagian belakang dapat dilakukan pada garis 0.76m. sementara papa permainan tunggal dengan garis pinggir 0.46m. tinggi tiang net 1.55. selain itu untuk bagian lantai dilapisi dengan karpet karet guna meminimalisir resiko cidera pada altet. 

Ukuran Lapangan badminton
jenis lantai lapangan badminton

Lapangan badminton berbentuk persegi empat panjang terbagi menjadi dua bidang yang berlawanan. Diberi batas pada bagian tengah yang disebut net. 

Ukuran panjang keseluruhannya adalah 13,40m dengan lebar lapangan 6,10m kedua ukuran ini dibagi dua bidang yang akan di tempati oleh masing-masing pemain Setiap bidang lapangan memiliki garis service seoerti, garis service bagian depan net berjarak 1.98m batas samping 3.05m.

Jenis lantai untuk lapangan Badminton

Apakah anda berniat membuat lapangan badminton dan ingin memutuskan jenis lantai terbaik untuk digunakan ? mari kita simak uraian berikut :

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis lantai untuk lapangan badminton, kita tentu harus mengetahui standarisasi dari keorganisasian bulu tangkis.

Untuk mengetahui jenis lantai badminton kita akan mengambil referensi dari BWF sebagai induk organisasi bulutangkis dunia.

Berdasarkan BWF EQUIPMENT CERTIFICATION PROGRAMME FLOORING ada dua jenis lantai yang bisa digunakan yaitu : 

standar lantai untuk lapangan bulu tangkis

1) Synthetic Floor / Lantai vinyl

Lantai vinyl yang berbahankan dasar karet merupakan material yang lembut dibandingkan dengan lantai badminton lainnya. jenis lantai vinyl ini digunakan oleh banyak tempat latihan badminton. 

Lantai vinyl memiliki kerataan yang baik sehingga nyaman katika atlit bergerak. Terbuat dari bahan halus yang dapat meminimalisir cidera saat terjatuh. 

baca selengkapnya : harga lantai vinyl per box

syntetic Floor untuk Jenis Lantai Untuk Lapangan Badminton

Berikut jenis lantai vinyl untuk lapangan olahraga: 

• Gerflor Taraflex

Merupakan pelapis lantai lapangan jenis vinyl yang yang memberikan kenyamanan saat berpijak, berlari dan melompat karena memiliki spesifikasi yang tinggi guna meminimalisir terjadinya cidera pada atlet. 

Gerflor taraflex sudah sesuai dengan standart dan sudah berhasil test American Society for Testing and Material (ASTM) F2772 standar kinerja property atlet yang digunakan di dalam ruangan. Type gerflor yang cocok dengan lapangan badminton adalah Multi Use 6,2 dengan ketebalan 6,1mm, ukuran 1.5 x 20.5m/ roll berwarna biru 4453 wood blue. Jenis vinyl ini juga diklasifikasikan ke dalam kelas 1 - 4 berdasarkan tingkat penyerapan shock. 

• LG Rexcourt

Pelapis lantai yang digunakan untuk lapangan olahraga, bahannya terdiri dari 4 lapisan yang dapat menjaga kelenturan dan daya tahan tinggi. Anti selip, anti gores dan cocok digunakan untuk ruangan yang sering dilalui orang. 

Aman dan nyaman digunakan berlari, melompat pada saat anda melakukan aktifitas olahraga lainnya. Lg rexcouct ini tidak licin, jenis pelapis ini digunakan juga untuk olahraga badminton memiliki tebal 3.9m dengan ukuran 1.8 x 20m / roll. Memiliki beragam pilihan warna juga lapisan pada LG Rexcourt permukaannya anti bakteri. 

• Lg Leisure

Jenis lantai vinyl untuk lapangan olahraga dengan harga yang terbilang lebih murah dari pada dua jenis vinyl lainnya. Memiliki pilihan corak pattern kayu dan warna solid. Banyak digunaka di lapangan olah raga seperti GOR bulutangkis. 

Memiliki tebal rata-rata 4mm dengan ukuran 1.8 x 16m/ roll. 2) Lapisan 

Flexy Pave 

Flexy dipakai sebagai alas penutup permukaan olahraga menggunakan system bitumen dan akrilik, diperuntukan untuk penggunaan diatas lapisan aspal dan beton. 

Diaplikasikan pada permukaan lantai indoor dan outdoor seperti lapangan badminton, tenis, voli dan jogging. Keunggulannya harga lebih murah dibandingkan lantai vinyl, dapat digunakan di lapangan berukuran besar. 

Pengimplementasian flexy fave ini dapat di temukan di lapangan sekolah, lapangan perusahaan, ataupun lapangan umum. Proses finishing dari pemasangan lapisan flexy pave ini adalah pengecatan, dilakukan menggunakan alat seperti pel dan roller. 

2) badminton court mat / Matras lapangan bulutangkis
mat court lapangan badminton lantai

 Lantai berikutnya yang menjadi standar BWF adalah Badminton court mat. Badminton Court Mat ini merupakan jenis lantai yang dedesain benar-benar untuk lantai lapangan bulutangkis. 

Produk mat sebetulnya mirip dengan produk synthetic karena sama-sama terbuat dari campuran bahan-bahan kimia. Bedanya hanya pada jenis bahan apa yang digunakan.

Matras bulu tangkis ini juga sering digunakan untuk pelapis tambahan seperti menambahkan matras bulutangkis pada lapangan beton atau lantai kayu.

3) Wooden Floor / Lantai kayu 
lantai kayu parket lapangan badminton

Lantai kayu merupakan jenis lantai untuk lapangan bulutangkis dengan biaya paling mahal karena dari mulai material yang digunakan hingga pemasangannya, biaya yang dikeluarkan tidak main-main.

Namun jika dibandingkan dua jenis lantai sebelumnya, penerapan lantai kayu untuk lantai badminton jauh lebih baik karena pada rancangan lantai kayu dilengkapi dengan subfloor yang bisa membuat Resiko cedera pemain lebih ringan.

Disamping lebih aman, penggunaan lantai kayu juga akan lebih estetis dan awet dibandingkan dua jenis lantai sebelumnya.

Perbandingan Synthetic Wooden & Mat untuk lapangan badminton

perbandingan jenis lantai lapangan bulutangkis

Syntehic Floor

Dari segi tampilan, sepertinya lantai sintetis ini merupakan jenis lantai yang banyak di terapkan pada lantai lapangan badminton. Karena pada pertandingan-pertandingan besar, kita banyak melihat lantai berwarna hijau ini.

Hal ini wajar karena memang jenis lantai sintetis ini merupakan jenis lantai yang paling banyak digunakan saat ini.

Mat Court

Untuk lantai satu ini biasanya digunakan untuk pelapis dari lantai utama. Bisa saja digunakan untuk pelapis lantai beton dan lantai kayu. 

Makanya jika kita melihat lantai berwarna hijau mungkin saja menggunakan lantai kayu pada bagian bawahnya.

Lantai kayu

Kenapa kebanyakan lantai berwarna hijau sedangkan lantai kayu berwarna coklat jarang terlihat ? Mungkin saja karena lantai kayu ini dilapisi kembali dengan Mat Court badminton. sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Penggunaan lantai kayu ini sangat baik karena bisa meminimalisir cedera lutut para pemain karena dapat meleburkan daya pantul sehingga ketika pemain meloncat, dayanya tersebar ke area lantai dan tidak kembali ke tubuh atlet.

perbandingan jenis lantai lapangan bulutangkis

Synthetic Floor Mat court Wooden Floor
Terbuat dari bahan Synthetic Vinyl dengan campuran lain agar tidak licin dan enak di pijak
Terbuat dari bahan PVC. Mat ini lebih suka di pasang dengan di bahan lain sebagai alasnya
Terbuat dari bahan kayu utuh seperti Jati dengan bagian bawahnya ditambah teknologi Subfloor agar lebih enak digunakan

baca juga : Penasaran dengan lantai pada lapangan basket

Biaya pembuatan lapangan indoor terbilang lebih mahal dibandingkan pembuatan lapangan outdoor, karena anda membutuhkan gedung besar yang biaya sewanya lumayan tinggi. 

Harga terendah lantai vinyl di bandrol dengan harga 30.000 rupiah per 4.5m. sedangkan bila anda memakai lanyai jenis flaxi pave plus silica dibandrol dengan harga 250.00 rupiah / m2. Segala proses pemasangan akan lebih baik dilakukan oleh ahli. 

Sementara untuk lantai kayu tentu akan lebih mahal lagi. Meskipun demikian keawetan dan kesan elegan natural pada lantai kayu menjadi nilai plus tersendiri.

Sebelum membuat lapangan olahraga pribadi, konsultasi dulu dengan ahli perihal keinginan dan anggaran yang anda punya. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kenali Jenis Lantai Untuk Lapangan Badminton"

Widget HTML Atas