Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa Itu Rooftop? Kenali Fungsi Dan Material Terbaiknya

Rooftop adalah - Bagi Anda yang belum tahu apa itu rooftop atau yang baru kali ini mendengarnya pasti akan ada muncul rasa penasaran. 

Apa itu rooftop, apa fungsi rooftop, bagaimana menghias rooftop? manfaat rooftop dan berbagai pertanyaan lain pastinya akan terlintas di pikiran.

Jangan khawatir teman-teman karena kali ini kita www.lantai-kayu.id akan mengulas mengenai rooftop dari pengertian, fungsi hingga hal lain yang perlu di ketahui mengenai rooftop.

Rooftop adalah

Apa Itu Rooftop & Fungsinya

Apa itu rooftop? Rooftop berasal dari bahasa Inggris yang berarti Atap. Rooftop adalah tempat datar yang ada di bagian paling atas rumah atau bangunan lainnya.

Fungsi dari rooftop itu berbeda-beda, ada yang menggunakan tempat itu sebagai tempat untuk menyimpan jemuran baju atau barang yang sudah tidak terpakai. 

...akan tetapi

Dengan semakin padatnya pemukiman dan harga tahan yang mulai melangit apalagi di daerah perkotaan, sangat sulit mendapatkan ruang untuk bermain dan berkegiatan lain. 

Rooftop menjadi solusi terbaik yang bisa di pilih. 

Dari pada membiarkan rooftop hanya sebagai area datar yang tidak terpakai, lebih baik memanfaatkannya bukan? 

Saat ini, anda bisa mengolah rooftop rumah menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan di desain dengan sebaik mungkin. 

Anda bisa memanfaatkan Rooftop rumah menjadi sebuah taman, kolam renang, bahkan dijadikan tempat untuk bersandarnya helikopter. 

Coba Anda pikirkan betapa nyaman dan indahnya ketika anda berada di rooftop sambil duduk dan menikmati secangkir minuman serta melihat pemandangan yang ada di depannya, pokoknya anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Inspirasi Pemanfaatan Rooftop Yang Dapat Anda Coba

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan rooftop di hunian, namun masih bingung mau di seperti apakan rooftop tersebut, dibawah ini adalah jenis-jenis pemanfaatan rooftop yang mungkin bisa menjadi ide dekorasi area teratas hunian rumah anda.

Rooftop Garden Sebagai area hijau penyejuk alami hunian

Rooftop Garden (taman atap rumah)

Anda bisa meminimalisir panas dari luar dengan memanfaatkan area rooftop sebagai area tanaman, atau rooftop garden. 

Tanaman yang dapat anda gunakan tentu bermacam-macam. Anda bisa memanfaatkan rooftop untuk menamam sayuran seperti cabe, sawi dan lain-lain. 

Lumayan bukan, ibu-ibu di rumah tidak perlu risaukan lagi kehabisan stok sayur di pasar.

Tidak hanya sayuran, tanaman lain yang bisa anda tanam di rooftop bisa juga buah-buahan, seperti strauberry, angur dan tanaman rambat lainnya.

Dengan adanya tanaman di rooftop rumah tak hanya bisa menambah makanan di rumah, tetapi bisa menambah kesejukan hunian, apalagi bila anda tinggal di wilayah perkotaan yang panas, sangat di rekomendasikan memanfaatkan rooftop rumah untuk tanaman.

Rooftop Dengan Kolam Renang Penyegar Suasana

kolam renang di atas rooftop

Ide membangun kolam renang pada rooftop akan membuat anda merasakan sensasi yang berbeda, kini kolam renang tak hanya di bangun di lantai dasar saja, banyak pemilik rumah untuk membangun kolam renang berstandar dengan dihiasi oleh lantai olahan kayu.

Sangat cocok sekali kolam renang dengan tepi kolam di kelelilingi oleh decking kayu, di tambah view pemandangan yang indah serta akan membuat anda semakin nyaman ketika sedang bersantai di rooftop tersebut.

Salah satu publik pigur papan atas yang sudah memanfaatkan rooftop sebagai area kolam renang adalah Irwansyah dan Zaskia Sungkar di rumah bak apartemennya.

Area Tempat Nongkrong Di Rooftop Dengan View Diatas Yang Mempesona

mengenal apa itu rooftop beton

Memiliki tempat nongkrong sendiri di rumah tentu menjadi kebanggaan dan keasikan tersendiri, dengan adanya tempat nongkrong diatas rumah, kita tidak usah dipusingkan lagi bila teman-teman anda ingin berkunjung ke rumah. 

barbeque bisa anda lakukan disini dengan asyik sambil membuka obrolan-obrolan santai, baik bersama keluarga ataupun bersama teman-teman.

Kombinasikan Semuanya Saja...

taman hijau di rooftop

Ini akan sangat menarik, ketika tanaman hijau di kombinasikan dengan kolam renang dan tempat nongkrong di Rooftop rumah anda.

hal ini akan  membuat tempat menjadi sangat sejuk merasakan udara alami dari tanaman dan tempat bersantai dengan view pemandangan atas rumah yang ekslusif.

Taman yang di letakan di atas bangunan sangat penting, apalagi di kota-kota besar yang memiliki suhu udara panas yang sangat tinggi. 

Rooftop garden bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa panas dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyejukan diri sendiri.

Membuat Rooftop garden sangat mudah tidak perlu memiliki halaman tanah yang luas lagi, untuk memiliki taman yang nyaman serta sejuk bisa anda buat di atas bangunan rumah anda.

Dan supaya taman tersebut semakin bagus maka decking kayu sebagai alas lantai harus dipasang juga.

Jadikan Rooftop Cafe Untuk Dapatkan Cuan

Saat ini generasi milenial dan Z lagi senang-senangnya berbisnis Kafe, apalagi memang generasi ini sangat menyukai tempat-tempat unik untuk di jadikan sebagai tempat nongkrong. 

memanfaatkan rooftop untuk cafe

Anda bisa memanfaatkan area roof rumah yang tidak terpakai itu sebagai rooftop cafe dan mendapatkan cuan.

Apalagi jika hunian anda memiliki pemandangan yang bagus, jangan sia-siapkan kesempatan mendapatkan cuan ini. 

Bagaimana, berencana membangun Rooftop Coffee shop. Namun tidak tahu material terbaik yang bisa digunakan ? 

Material Terbaik Untuk Menghias Rooftop

Sebagaimana telah anda ketahui bahwa rooftop adalah area paling atas bangunan, maka dalam pemilihan beragam material di Rooftop haruslah melalui perhitungan yang tepat. 

Dimana material haruslah tahan perubahan cuaca baik panasnya terik matahari dan hujan lebat, korosi, serta kerusakan lainnya.

Disini kami akan rekomendasikan beragam material terbaik yang dapat bertahan di area rooftop.

1. Keramik kasar

material terbaik untuk Rooftop keramik kasar

Lantai keramik memang terkenal ketangguhannya, tahan air, tahan api dan awet digunakan puluhan tahun. Untuk area outdoor seperti rooftop rumah, kami sarankan untuk menggunakan keramik kasar agar tidak licin bila kondisi lembab. 

Satu hal yang disayangkan pada meterial ini, meskipun tangguh diberbagai kondisi cuaca, lantai keramik ini tidak dapat menyerap panas, sehingga panas akan sangat terasa baik saat anda berjalan diatasnya dan pantulan cahaya keramik yang di pantulkannya.

2. Decking Kayu

Decking kayu bisa dikatakan material terbaik untuk rooftop karena decking kayu dapat memberikan kesan alami sehingga cocok dengan desain rooftop garden yang mengusung kesan alami, 

cocok juga digunakan bersama dengan kolam renang untuk estetika dan cocok juga digunakan sebagai tempat nongkrong karena material kayu sangat nyaman digunakan untuk bersantai
decking kayu untuk rooftop
Decking kayu juga merupakan lantai kayu yang didesain agar mampu bertahan pada perubahan cuaca, genangan air dan tidak licin. 

Satu hal lagi yang menarik pada decking kayu adalah sipatnya yang menyerap panas lebih enak di pandang karena sedikit pantulan cahaya dan panas juga enak di pijak.

Yang menjadi perhitungan berikutnya adalah jenis kayu yang digunakan. Sebaiknya pilih jenis kayu yang memiliki sipat tahan perubahan cuaca serta tidak mudah keropos untuk dipasang di rooftop.
Informasinya : Ini Dia Best Produk Lantai Kayu Outdoor (decking). Dijamin Kuat.

Rumput Sintetis

Material terbaik untuk Rooftop Rumput sintetis

Bagi anda yang ingin memanfaatkan rooftop rumah untuk kebutuhan taman bermain, bisa memanfaatkan rumput sintetis. 

Dengan menggunakan material rumput sintetis di rooftop, akan menambah kesan hijau hunian serta sangat asik untuk tempat bermain anak-anak.

Hal Lain Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Membangun Rooftop 

Membangun roofftop untuk sebuah rumah bukanlah perkara yang asing lagi, di kota-kota besar yang bangunannya padat sudah pasti membangun rofftop di atas rumahnya.

Namun ada yang harus anda ketahui, bahwa untuk membangun rooftop memerlukan biaya yang tinggi, karena untuk membangun rooftop harus memiliki atap yang kekuatannya sudah di perkirakan dengan baik untuk menahan beban lainnya.

Mulai dari pondasi hingga tiang beton harus benar-benar kuat, agar rooftop yang anda miliki bisa bertahan lama alias tidak roboh.

Selain itu, anda harus benar-benar memperhitungkan bahan-bahan yang akan digunakan nanti di rooftop. Pilihlah material yang tahan perubahan cuaca dan awet.

Sebaiknya baca pembahasan : Cara Menghitung Biaya Pembuatan Rooftop Garden Untuk mengetahui estimasi biaya pembangunan terlebih dahulu sebelum nanti benar-benar memasangnya.

Kekurangan dari rooftop sebenarnya hanya dari masalah budget saja, kalau anda memiliki budget yang kecil. jangan sampai membuat rooftop pada bangunan rumah yang nantinya akan beresiko.

Itu dia pembahasan mengenai Apa itu rooftop, fungsi, berbagai manfaat serta material terbaik yang dapat digunakan. Apakah artikel ini membantu? jika ada pertanyaan, yuk kita diskusi di kolom komentar....

1 komentar untuk "Apa Itu Rooftop? Kenali Fungsi Dan Material Terbaiknya"

  1. Informasi yang sangat lengkap dan cukup membantu kita yg sebelumnya tdk thu rooftop, jdi tahu bahkan hingga ingin membangunnya

    BalasHapus