Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Seperti Inilah Fungsi dan Jenis Lisplang

 

Fungsi dan jenis lisplang

Fungsi dan jenis lisplang – Sebenarnya masih banyak masyarakat yang belum tahu seputar lisplang, entah itu dari segi wujudnya maupun fungsinya. Padahal, material yang satu ini kerap diandalkan dalam bidang konstruksi lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali akan membahas tuntas seputar lisplang. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Lisplang

Lisplang adalah salah satu jenis material konstruksi yang kerap digunakan sebagai papan pelapis untuk menutupi area atas bangunan. Itu artinya, keberadaan Lisplang berfungsi untuk menciptakan rigid yang berasal dari susunan kaso kayu.

Mengenal Lisplang

Hal itu bukan tanpa sebab, dikarenakan kayu kaso hanya diberi paku berukuran kecil saja sebagai media perekatnya. Dengan kata lain, ada kemungkinan besar posisi susunan kayu kaso tersebut akan bergeser. Berkat kehadiran Lisplang, maka posisi kayu kaso menjadi stabil dan tidak mudah bergeser.

Bukan hanya itu, bahkan penggunaan Lisplang juga berperan sebagai pelindung bagian tepi atap dari efek panas matahari dan guyuran air hujan. Alhasil, area atap rumah akan terhindar dari berbagai masalah kerusakan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Detail Seputar Woodplank

Selain sebagai pelindung, tentu saja penggunaan Lisplang ini dapat memperindah tampilan bangunan rumah. Namun, hal itu tergantung pada jenis Lisplang yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis Lisplang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

5 Jenis Material Lisplang

1. Lisplang Bahan Beton

Sesuai dengan namanya, Lisplang Beton ini terbuat dari campuran semen, pasir, dan material lainnya. Bentuk Lisplang Beton ini tampak lebih rapi dan presisi, karena proses pembuatannya menggunakan alat cetak khusus.

Lisplang Bahan Beton

Dari segi kekuatan dan keawetan, tentu saja Lisplang Beton ini jauh lebih baik ketimbang lisplang kayu maupun lisplang metal. Hal itu terbukti, yang mana Lisplang Beton tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, anti korosi, tidak mengalami pemuaian-penyusutan, dan tidak mengalami pelapukan. Sehingga tak heran jika harga Lisplang Beton ini lebih mahal dibanding jenis-jenis lisplang lainnya .

Namun untuk tingkat keindahannya, Lisplang Beton memang tidak terlalu istimewa karena tampilannya yang terkesan monoton.Tak cuma itu, model Lisplang Beton juga tidak terlalu banyak pilihan. Pada umumnya, Lisplang Beton sering diaplikasikan pada perumahan mewah, rumah bertingkat, atau rumah atap yang berbentuk datar.

2. Lisplang Bahan Metal

Lisplang Metal ini menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti lispang yang berbahan beton. Ya, sebab Lisplang Metal menawarkan harga yang lebih murah dibanding lisplang beton.

Lisplang Bahan Metal

Mengenai materialnya, Lisplang Metal ini terbuat dari campuran bahan aluminium, galvanis, dan alumezine. Meski menawarkan harga yang lebih murah, ternyata kualitas yang dimilikinya tidaklah murahan.

Adapun mengenai beragam ukuran tebal Lisplang Metal yang tersedia dipasaran, mulai dari 0,6 cm hingga 0,9 cm. Beralih ke tampilan fisiknya, Lisplang Metal ini cenderung terkesan minimalis sehingga ideal diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern.

Bukan hanya itu, bahkan proses pemasangan Lisplang Metal dinilai lebih praktis. Pasalnya, Lisplang Metal tampil dengan bobot yang lebih ringan. Tak hanya mudah dalam proses pemasangannya, cara perawatan Lisplang Metal ini juga sudah terbukti cukup mudah.

Mengingat materialnya terbuat dari campuran aluminium dan galvanis, tentu saja Lisplang Metal ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Jika ingin menggunakan Lisplang Metal, maka jenis genteng yang harus kamu gunakan itu adalah genteng metal.

Mengapa demikian? Pasalnya, penggunaan Lisplang Metal sangat serasi jika dipadukan dengan genteng metal. Hasilnya, fasad rumahmu akan tampak lebih mewah dan elegan.

3. Lisplang Bahan GRC

Lisplang Bahan GRC

Selanjutnya ada Lisplang GRC yang memiliki bobot lebih ringan, tahan terhadap perubahan cuaca, serta cukup kokoh. Dari segi harga, Lisplang GRC memang relatif terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan.

Itu sebabnya, mengapa tak sulit bagi kita untuk menjumpai Lisplang GRC di pasaran. Biasanya Lisplang GRC tampil kedalam dua motif berbeda, yakni motif polos warna abu atau putih dan motif kayu.

Untuk mendapatkan kesan yang lebih natural dan mewah, sebaiknya kamu memilih Lisplang GRC yang memiliki motif kayu. Berbeda dengan Lisplang GRC motif polos yang terkesan simple, sehingga hanya cocok diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis saja.

4. Lisplang bahan Kayu Polos

Lisplang bahan Kayu Polos

Menurut informasi yang didapat, Lisplang Kayu Polos ini merupakan jenis lisplang tertua di Indonesia. Hal itu pun terbukti, yang mana Lisplang Kayu Polos kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan tradisional di daerah Jawa dan Bali.

Dari segi materialnya, Lisplang Kayu Polos ini terbuat dari papan kayu yang ukuran besarnya mencapai 20 cm dengan ketebalan 2 cm hingga 3 cm. Sedangkan untuk bobotnya, ia memiliki tekstur yang lebih ringan namun masih tetap kuat.

Keunggulan dari Lisplang Kayu Polos yang tidak dimiliki oleh jenis lisplang lainnya, yakni model bentuknya yang dapat diukir sesuai kebutuhan kedalam beberapa varian secara sekaligus.

Nah, karena keunggulannya itulah yang membuat Lisplang Kayu Polos selalu menjadi andalan untuk mempercantik tampilan rumah-rumah bergaya tradisional.

Meski demikian, jenis Lisplang Kayu Polos ini bisa juga diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern.

5. Lisplang Bahan Kayu Motif

Bagi kamu yang ingin membuat rumah dengan atap imas bergaya tradisional, maka Lisplang Kayu Motif ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, Lisplang Kayu Motif sangat kental dengan nuansa etnik dan natural. Berbagai

Lisplang Bahan Kayu Motif

Dengan menggunakan Lisplang Kayu Motif, tentu saja tampilan rumahmu akan tampak lebih natural, elegan, dan mewah. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya kamu memilih sentra pengrajin yang benar-benar memiliki track record bagus.

Atau, bila perlu kamu tunjukkan motif yang diinginkan agar mendapatkan corak yang sesuai dengan konsep rumah. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan motif beserta pola ukirannya sehingga bisa serasi dengan fasad rumahmu.

Baca juga : Mengenal Sonokeling, Kayu Hitam yang Mulai Langka

Nah, itulah fungsi beserta jenis lisplang, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun atau merenovasi rumah.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Seperti Inilah Fungsi dan Jenis Lisplang"