Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Cara membersihkan Lem wallpaper foam dengan Cepat

Cara membersihkan Lem wallpaper foam

Cara membersihkan lem wallpaper foam - Selain mengandalkan Lambersering untuk mempercantik dinding hunian, wallpaper foam menjadi salah satu alternatif paling praktis untuk mengubah ruangan menjadi lebih estetis dan teratur. 

Wallpaper foam menawarkan beragam motif dan tekstur yang memikat, salah satunya adalah motif tekstur bata yang sangat populer. 

Dengan tekstur 3D yang menyerupai susunan bata polos, dilengkapi dengan lapisan lem pada bagian belakangnya, pemasangan wallpaper ini menjadi cepat, mudah, dan memberikan hasil yang estetik.

Namun, lem wallpaper foam kerap sulit dihapus saat ingin mengganti wallpaper pada dinding. Maka dari itu, artikel ini akan membahas, cara membersihkan lem wallpaper foam berikut : 

Cara membersihkan Lem wallpaper foam dengan Cepat

Cara membersihkan Lem wallpaper foam

1. Membersihkan Air hangat 

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk melepaskan lem wallpaper dari dinding, namun satu cara yang terbukti aman dan efektif adalah menggunakan air hangat. 

Metode ini juga sangat mudah dilakukan. Air hangat memiliki kemampuan untuk melunakkan lem pada wallpaper foam dengan cepat dan mudah. 

Caranya cukup sederhana, pertama-tama Anda perlu mencelupkan spons ke dalam air hangat. Kemudian, tempelkan spons yang sudah dibasahi air hangat pada lem bekas wallpaper foam yang ingin dilepaskan.

Biarkan selama beberapa menit agar air hangat dapat melunakkan lem dengan sempurna. Setelah itu, Anda dapat menggunakan spons untuk menggosok bagian lem yang membandel, membantu proses pelepasan lem dengan lebih efisien. 

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat melepaskan wallpaper foam dari dinding dengan aman dan tanpa merusak permukaan dinding.

2. Menggunakan Hairdryer

Salah satu cara yang paling efektif untuk melepaskan lem wallpaper foam adalah dengan menggunakan hairdryer. Metode ini dianggap sebagai salah satu cara paling mudah untuk dilakukan. 

Anda hanya perlu memanaskan area lem yang sulit dilepas dengan menggunakan hairdryer. Panas dari hairdryer akan mencairkan lem secara perlahan-lahan, sehingga lem akan terkelupas dengan sendirinya. 

Setelah lem mulai meleleh, Anda dapat menggunakan kain lembut untuk menggosoknya agar lem terangkat secara maksimal. 

Dengan mengaplikasikan metode ini, Anda dapat menghapus wallpaper foam dari dinding dengan lebih efisien dan tanpa merusak permukaan dinding

3. Streamer Wallpaper

Jika Anda ingin memaksimalkan penghilangan lem hingga bersih dari dinding, disarankan untuk menggunakan steamer wallpaper atau alat khusus wallpaper yang dirancang untuk mengeluarkan uap panas. 

Alat ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan penggunaan hairdryer karena memberikan hasil yang lebih akurat dan efisien dalam menghilangkan lem. 

Penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengarahkan uap panas dari steamer wallpaper ke area lem yang sulit dilepas. 

Dengan uap panas yang dihasilkan, lem akan melunak secara merata, memungkinkan Anda untuk mengangkat wallpaper foam dengan lebih bersih dan rapi. 

Selain itu, keunggulan lainnya adalah kemampuan alat ini untuk membersihkan dari ujung atas hingga bawah dinding, sehingga tidak ada bekas lem yang tersisa. 

Dengan menggunakan steamer wallpaper, Anda dapat memastikan bahwa proses penghapusan wallpaper foam dilakukan secara menyeluruh dan profesional.

4. Menggunakan Tiner

Ketika metode-metode sebelumnya masih kurang efisien dalam membersihkan lem bekas wallpaper foam, ada satu cara yang lebih berani yang dapat Anda coba. 

Meskipun cara ini memiliki kekurangan karena menghasilkan bau yang menyengat, namun penggunaan thinner cat bisa menjadi solusi yang efektif. 

Thinner cat mengandung alkohol yang dapat melarutkan lem wallpaper dengan cepat. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan thinner cat memerlukan hati-hati ekstra karena dapat menyebabkan reaksi kimia pada kulit. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan perlindungan kulit seperti sarung tangan saat membersihkan wallpaper dengan menggunakan thinner cat.

5. Menggunakan Bensin

Cara berani namun efektif dalam membersihkan lem wallpaper foam berikutnya adalah dengan menggunakan bensin. Jenis bensin apapun dapat digunakan, namun perlu diingat bahwa penggunaan bensin memiliki risiko tinggi karena bensin adalah cairan yang mudah terbakar. 

Meskipun demikian, metode ini terbukti sangat efektif dalam membersihkan lem secara cepat dan menyeluruh. Namun, penting untuk meminimalkan risiko kerugian besar dengan berhati-hati ekstra selama penggunaannya. 

Setelah mengaplikasikan bensin pada lem wallpaper, pastikan untuk membersihkan dinding dengan menggunakan bedak atau sabun untuk menghilangkan sisa-sisa bensin dan mengurangi potensi bahaya yang dapat timbul.

6. Menggunakan Larutan haerin

Dalam upaya membersihkan lem wallpaper foam, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan. Mulai dari penggunaan air hangat untuk melunakkan lem, penggunaan hairdryer atau steamer wallpaper untuk mengeluarkan uap panas, hingga penggunaan bahan kimia seperti thinner atau bensin sebagai solusi terakhir. 

Namun, penggunaan bensin atau thinner memerlukan kehati-hatian ekstra karena sifat mudah terbakarnya. 

Selain itu, setelah menggunakan bahan kimia, penting untuk membersihkan dinding dengan baik untuk menghilangkan residu dan mengurangi risiko bahaya. 

Dengan mencoba berbagai cara ini secara bertahap, diharapkan lem wallpaper foam dapat dibersihkan dengan maksimal.

Jadi, Sudah tahu cara membersihkan lem foam wallpaper ?

Posting Komentar untuk "Cara membersihkan Lem wallpaper foam dengan Cepat"