Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lantai Vinyl Motif Kayu. Apa sih kelebihan dan kekurangannya ? Yuk kita ulas

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu
Lantai Vinyl Motif kayu - Motif kayu memang merupakan salah satu motif yang banyak banget digunakan untuk hiasan. Contohnya saja desain lantai, dimana semua jenis lantai baik itu lantai parket, marmer dan lantai keramik banyak mengadopsi motif kayu.

Motif kayu memang sering memberikan kesan elegan pada hunian karena bisa meningkatkan estetika dan menambah nuansa alam pada huniannya. Motif kayu juga bisa meningkatkan kenyamanan dan ketenangan pada para penghuni rumah.

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang banyak mengadopsi motif kayu pada produknya. makanya wajar jika kerapkali lantai vinyl ini hadir secara berdampingan dengan lantai kayu untuk alternatif pengganti lantai kayu parket.

kali ini kami Lantai kayu parquet akan menjelaskan salah satu jenis lantai vinyl sebagai salah satu jenis lantai yang akhir-akhir ini banyak disukai klien kami. Baik dari kelebihan kekurangan, perbandingan dengan lantai parket dan keramik dan jenis-jensi lantai vinyl.


1. Pengertian Lantai vinyl motif kayu


pengertian lantai vinyl motif kayu
lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari bahan dasar PVC (Polyvinyl Cloride). jenis bahan ini merupakan salah satu jenis unsur yang banyak ditemui di bumi, makanya bahan Polyvinyl ini banyak digunakan sebagai bahan sintetis apapun seperti untuk lantai.

Permukaan lantai vinyl dilapisi dengan bahan Fiberglass yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan dari lantai vinil tersebut. Terakhir Printing layer untuk motif yang akan ditampilkan

lantai vinyl terbagi menjadi dua jenis yaitu vinyl Tile dan vinyl Role.
  • Vinil Tile adalah lantai vinyl yang memiliki ketebalan sekitar 2 mm dengan sipat keras (tingkat keeleastisan rendah). biasanya dibentuk dengan ukuran mirip laminated Flooring
  • Vinil Role adalah jenis lantai vinyl yang memiliki ketebalan sangat tipis dan memiliki elastis yang tinggi.
Untuk saat ini kita akan menjelaskan mengenai lantai vinyl yang bertipe Tile yang lebih banyak digunakan untuk saat ini.

karakteristik Lantai vinyl motif kayu

Vinyl plank atau Tile memiliki ukuran yang nyaris sama dengan lantai laminated yaitu
  • Tebal = 3 mm
  • Lebar = 152.4 mm
  • panjang = 914.4 mm
karakteristik lantai vinyl motif kayu

Transparan wear layer : adalah bagian pelindung yang terbuat dari alumunium oxide yang berfungsi untuk melindungi koresan langsung dari benda diatas lantai, tetapi karena ukurannya yang tipis membuatnya tidak mampu menahan goresan yang begitu keras.

lapisan UV coating : adalah bagian terluar kedua setelah Wear layer yang berfungsi sebagai lapisan pelindung kedua setelah wear layer dan menjadi lapisan pelindung utama. proses pembuatan finishing ini menggunakan bantuan sinar UV makanya dinamakan UV coating.

Printing Film Layer :bagian corak baik itu corak kayu, corak batu atau corak lainnya.

center layer & Base backing Layer adalah bahan utama yaitu Fiberglass dan PVC


2. kelebihan dan kekurangan lantai vinyl


Jenis lantai vinyl dibuat untuk menjadi solusi dan pembeda dari jenis lantai lain seperti lantai keramik dan lantai parket. Maka sipat yang dimiliki lantai vinyl ini akan berbanding terbalik dengan jenis lantai-lantai lainnya.

# Kelebihan lantai vinyl

  • Awet.
Karena terbuat dari PVC, lantai vinyl terbilang sangat awet jika dibandingkan dengan parket kayu namun jika di bandingkan dengan keramik, lantai vinyl masih kalah awet.
  • Tahan terhadap kelembaban
kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu
makanya banyak digunakan untuk area dapur dan kamar mandi karena area ini memiliki kelembaban yang tinggi.
  • Kedap suara
karena sipatnya yang mirip dengan karet, Vinyl mampu meredam suara, makanya sangat cocok untuk digunakan di studio musik
  • Memiliki banyak motif
seperti : motif kayu, laut dan motif yang antimainstrem untuk hunian lebih unik lagi yang dikembangkan oleh para developer lantai vinyl.
  • anti raya
Tidak seperti kayu, bahan PVC tidak di sukai rayap.... 
  • Mudah di pasang
kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu
Untuk memasang lantai vinyl, anda hanya memerlukan lem perekat seperti lem aibon untuk merekatkan satu-persatu lembaran vinyl tile ke permukaan lantai.
  • harganya Murah
Dibandingkan dengan jenis lantai seperti lantai kayu dan marmer, lantai vinyl memang berada di bawahnya meskipun bagi sebagian orang lantai vinyl masih sulit dijangkau
  • mudah di rawat
cukup menggunakan alat kebersihan biasa seperti sapu dan pel, lantai vinyl sudah bisa di bersihkan
  • Anti Debu
 Dibandingkan dengan karpet lantai vinyl ini tidak mudah menyimpan debu
  • Tidak licin 
dengan kondisi lantai yang tidak licin tentu sangat diuntungkan bagi anda yang memiliki anak kecil, karena sipatnya yang tidak licin plus lebih empuk membuat lantai vinyl ini sangat bagus digunakan termasuk di area tangga
lantai vinyl motif kayu ini awet karena terbuat dari bahan dasar PVC. membuatnya tahan terhadap air atau kelembaban, tidak seperti lantai kayu yang sangat sensitif terhadap kelembaban.

# kelemahan lantai vinyl

  • Mudah terkena goresan
kelebihan dan kekurangan lantai vinyl motif kayu
bentuk dan karakteristik dari lantai vinyl ini tipis dan terbuat dari benda yang kurang solid sehingga mudah tergores apalagi jika terkena goresan furnitur yang berat.
  • mudah mengelupas / tergeser
Jangan sampai anda menggeser-geser furnitur baik meja dan kursi diatas media Vinyl Flooring karena bisa mengakibatkan terkelupas atau setidaknya bergeser
  • Kurang nyaman pada kaki
Sebetulnya pendapat ini tergantung juga dengan perbandingan pada lantai apa, jika kita bandingkan lantai vinyl dengan lantai kayu, tentu lebih nyaman lantai kayu, namun jika dibandingkan dengan lantai keramik, lantai vinyl lebih nyaman karena lebih empuk dan hangat.
  • rentan terhadap sinar matahari
Meskipun tahan kelembaban, vinyl ini tidak baik jika terus menerus terkena sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan lantai vinyl mengembang
  • Tidak ramah terhadap kesehatan karena mengandung VOC
Volatile Organic Compounds (VOC) atau senyawa organik yang mudah menguap. Dimana senyawa organik ini akan berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah.
  • Nilai investasi rendah
 Tidak ada nilai lebih bagi hunian yang terpasang lantai vinyl, sama saja dengan jenis lantai lain. Berbeda dengan menggunakan lantai kayu atau marmer yang dapat meningkatkan nilai jual.
  • tidak ramah linkungan
bahan kimia yang terkandung pada lantai vinyl ini tidak mudah terurai sehingga sampah bekas lantai vinyl ini dapat mengotori lingkungan jika di buang semarangan.

3. Perbandingan Lantai vinyl dengan lantai parket



penilaian vinyl Parket
Bahan PVC kayu
Tingkat awet awet Lumayan awet
Tingkat kuat mudah terkena goresan mudah terkena goresan
corak buatan natural
estetika kesan elegan pada corak elegan & berestetika dengan corak kayu
Perawatan mudah lumayan mudah
penempatan Dapur & area lembab Ruang tamu & Kamar tidur
Cara pasang Sangat mudah sulit
tahan air ? Ya tidak
harga terjangkau lumayan tinggi

Perbandingan lantai vinyl dan keramik

penilaian vinyl Keramik
Bahan PVC tanah liat & Glazur
Tingkat awet awet Sangat awet
Tingkat kuat mudah terkena goresan kuat dari goresan
corak buatan buatan
estetika kesan elegan pada corak tidak terlalu mementingkan estetika
Perawatan mudah sangat mudah
penempatan Dapur & area lembab semua jenis ruangan
Cara pasang Sangat mudah lumayan susah
tahan air ? Ya Ya
harga terjangkau Terjangkau


4. Jenis-jenis lantai Vinyl motif kayu


sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa, jenis lantai vinyl terbagi menjadi 2 yaitu vinyl Tile dan Vinyl roll.

Untuk saat ini yang paling banyak digunakan untuk penutup lantai adalah vinyl tile atau plank karena lebih tebal dan awet.

Tidak ada perbedaan jenis lain dari lantai vinyl, tetapi kita dapat membedakan lantai vinyl ini dari Brand dan juga corak pada lantai vinyl tersebut.

sudah banyak sekali brand yang menjual lantai vinyl ini
  • Daeji Vinyl
  • Vinyl Deluxe
  • AceFloor Vinyl
  • Cleo Vinyl
  • Beren Vinyl Floor
  • gamachi Total Vinyl art
  • Fergio
  • Meforze
  • Woosoung
  • Kendo
  • Golden Crown
  • dan masih banyak lagi
Adapun Jenis corak yang disediakan, masing-masing brand memiliki kodenya tersendiri untuk varian coraknya. Misalnya GCV-211, GCV-212 & GCV-213 untuk kode dari Golden Crown Vinyl.
jenis lantai vinyl motif kayu
 untuk info lengkap bisa buka : harga lantai vinyl 30 coraknya

Kesimpulan

Lantai vinyl bisa menjadi solusi lantai dengan banyak jenis motif dan juga lantai yang lebih hangat sehingga nyaman untuk dipijak. Meskipun memiliki nilai estetika yang tidak sebaik lantai kayu dan nilai investasinya rendah.

Banyak orang memilih lantai vinyl sebagai alternatif pengganti lantai kayu karena jenis corak yang paling banyak digunakan untuk lantai vinyl ini adalah corak kayu (best seller).

Berminat memasang Lantai vinyl ?

Yuk langsung hubungi marketing kami

Posting Komentar untuk "Lantai Vinyl Motif Kayu. Apa sih kelebihan dan kekurangannya ? Yuk kita ulas"

Widget HTML Atas