Keramik motif kayu vs lantai parket, Mana yang terbaik di pasang di rumah ?

perbandingan Keramik motif kayu vs lantai parket kayu
keramik motif kayu vs parket - Diantara banyak jenis lantai, keramik dan parket merupakan dua jenis lantai yang paling banyak digunakan. Khususnya Ubin keramik yang sudah menjadi standar lantai rumah di Indonesia.

Meskipun demikian, akhir-akhir ini animo masyarakat untuk menggunakan lantai parket semakin tinggi dan banyak di antaranya yang sudah mengubah keramik menjadi parket. Mungkin anda salah satunya.

lantai kayu parket menyuguhkan suasana ekslusif yang membuat orang-orang terpikat dengan suasana yang tidak dimiliki jenis lantai lainnya. Baik itu lantai kayu solid atau sintetis, keduanya menyuguhkan rasa yang sama, bedanya cuma dari keawetan dan nilai estetikanya.

Kendalanya, Ternyata lantai keramik juga sudah menyediakan motif kayu untuk tipe-tipe yang di pasarkan. wajar sih produsen lantai keramik tentu tidak ingin kehilangan dominasinya. bagaimana dengan anda?

Apakah ingin tetap menggunakan keramik atau beralih menggunakan parket?

Jika anda dilema antara keramik motif kayu atau parket kali ini mari kita ulas kekurangan kelebihan diantaranya keduanya.

Perbandingan lantai keramik dan parket

jenis bahan Keramik motif kayu vs lantai parket kayu


nilai Keramik Parket
Bahan Tanah liat dan Glazur Kayu
Ukuran berukuran persegi dari mulai 20 x 20, 30 x 30 cm dan seterusnya. dengan tebal 0,7 sampai 1 cm dari mulai 5 x 17 sampai 9 x 90 cm dengan tebal 1,2 sampai 2 cm
Umur sangat tahan lama, hingga puluhan tahun Lumayan lama, bisa sampai puluhan tahun (tergantung jenis lantai kayu)
Tempelatur Dingin Hangat
Perawatan sangat mudah Lumayan mudah
Pemasangan lumayan susah, diperlukan tukang berpengalaman untuk hasil rapih tergantung jenis parket, ada yang sulit di pasang dan ada yang sangat mudah di pasang
harga sangat bervariasi dan terbilang terjangkau bervariasi, dan terbilang menengah keatas.


Jika kita lihat Tabel diatas, terlihat bahwa kedua jenis lantai memang sangat bertolak belakang. Apalagi dalam tempelaturnya. Kita juga bisa melihat dari bahan dasarnya, dimana lantai keramik terbuat dari tahan liat dan lantai parket terbuat dari kayu.

Keramik tentu akan jauh lebih kuat, tahan air (bahkan sengaja di pasang di kolam) dan tidak ada resiko melengkung. Meskipun demikian bahan dasar kayu memiliki kelebihan lain yaitu sipatnya yang tidak mengalirkan listrik, sehingga akan jauh lebih aman dibandingkan keramik apalagi terjadi kebocoran arus listrik.

Kelebihan dan kekurangan keramik dan parket


- kelebihan lantai keramik

  1. Kuat dan tahan lama
  2. Daya tahan air tinggi
  3. perawatan sangat mudah
  4. Dapat di pasang pada jenis hunian apapun
  5. Corak sangat bervariasi
  6. harga terjangkau
Daya tahan sangat tinggi dari keramik ini dikarenakan terdapat Glazur. Lapisan glazur ini berfungsi sebagai penutup pori pori keramik sehingga kedap air. Glazur juga bertugas dalam meningkatkan kekuatan mekanik, ketahanan kimia, dan memberi kesan higienis.

- kelemahan lantai keramik

  1. Menghantarkan Dingin
  2. Kurang nyaman di kaki
  3. sambungan pada nat terkadang sulit di bersihkan
  4. Resiko retak sangat tinggi, apalagi jika berbenturan dengan benda keras
Keramik motif kayu vs lantai parket kayu
kelemahan paling terasa pada lantai keramik adalah rasa kurang nyaman di kaki, karena tempelatur dingin pada lantai keramik tersebut. Makanya banyak orang sering menambah karpet untuk lantai lapis duanya.

 Kelebihan Parket kayu

  1. Memiliki nilai estetika yang tinggi
  2. tempelatur hangat
  3. nyaman di kaki
  4. baik terhadap kesehatan
  5. resiko pecah sangat kecil meskipun ada
  6. Pola pasang yang gak gitu-gitu aja
Lantai kayu seakan menjadi antitesis keramik, karena apa yang tidak dimiliki keramik dipenuhi oleh lantai parket. Seperti nyaman di kaki karena lebih empuk dan memiliki tempelatur cenderung hangat.

kedua, ukuran persegi panjang pada lantai kayu membuatnya menjadi lebih pleksibel untuk di pasang, banyak Tipe pola yang bisa anda gunakan seperti pola herringbone, Mozaik dan susun bata.

kelemahan parket kayu

  1. harganya terbilang tinggi apalagi jenis parket solid
  2. resiko melengkung sangat tinggi
  3. kurang tahan terhadap kelembaban
  4. kurang tahan terhadap perubahan cuaca
Sebetulnya harga lantai kayu bisa tergantung pula pada jenis lantai kayu sendiri. Untuk lantai kayu yang terbuat dari kayu solid memang memiliki harga yang tinggi. namun untuk jenis lantai kayu lain memiliki harga setara bahkan bisa lebih rendah dari Keramik jika kita menghitung pula biaya pasangnya.
untuk info lengkapnya simak : Pengertian lantai kayu, Fungsi, jenis dan perbandinganya.

Motif kayu pada keramik dan parket

untuk membandingkan motif kayu dan keramik kembali lagi pada lantai keramik ini mau di bandingkan dengan lantai kayu yang mana dulu. Apakah lantai kayu solid atau lantai kayu buatan.

untuk membandingkan motif kayu pada lantai keramik dan lantai kayu buatan, coraknya sama. karena sama-sama buatan. banyak motif kayu yang bisa dipilih dan warnanya jelas.

sementara itu, jika kita membandingkan keramik dan parket solid, ada beberapa pertimbangan yang perlu di ulas.

Keramik parket solid
  • Memiliki banyak pilihan corak yang bisa di pilih
  • kesan kurang natural karena cetakan pabrik
  • motif kayu antara kepingan lantai sama
  • Corak tergantung jenis kayu yang di pilih
  • Berkesan sangat natural karena terbuat dari kayu asli
  • Motif kayu tidak sama antara kepingan lantai satu dengan yang lainnya
lantai kayu parket memiliki corak yang tidak sama dan unik
Kesimpulan

parket merupakan antitesis dari keramik. sehingga Jika anda bosan dengan keramik bisa menggunakan parket, sementara jika anda tidak menyukai parket cukup dengan lantai keramik. sekarang sudah hadir jenis Ubin keramik motif kayu. yang bisa membuat tampilan keramik rumah menjadi seakan lantai kayu.

Akan tetapi, kesan yang diberikan keramik motif kayu tidak akan sama dengan lantai kayu sungguhan. Seperti kesan hangat dan nyaman di kaki yang pastinya tidak akan ada pada lantai keramik motif kayu.

mana lantai terbaik untuk rumah ?

untuk menjawab soal ini tergantung kebutuhan dan penempatan lantai tersendiri. Jika anda berencana memasang lantai untuk area teras rumah dan juga kamar mandi, penggunaan lantai keramik memang masih yang terbaik untuk digunakan.

namun jika anda berencana memasang lantai kayu untuk area kamar tidur atau ruang keluarga, lantai kayu sangat kami rekomendasikan karena sangat nyaman. Tidak perlu lagi ada tambahan karpet pada lantai jika sudah menggunakan lantai kayu.

Untuk meningkatkan estetika pada rumah, motif kayu sangat dibutuhkan. Motif kayu dapat kita temukan di jenis lantai kayu parket atau pada jenis lantai lain yang sudah menyediakan motif kayu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel