Berikut Cara Membersihkan Lantai yang Berdasarkan Materialnya

Daftar Isi

Cara membersihkan Lantai rumah

Cara membersihkan Lantai rumah - Kebersihan lantai memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan dan keindahan dalam hunian. 

Maka dari itu, kondisi lantai harus dibersihkan secara rutin karena tidak bisa lepas dari aktivitas para penghuninya. 

Akan tetapi, membersihkan lantai pada setiap jenis material lantai memiliki cara yang berbeda-beda lho. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tips membersihkan lantai yang sesuai materialnya, yuk simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Tips Membersihkan Lantai yang Sesuai Material

1. Lantai keramik

Lantai keramik adalah jenis lantai yang sering digunakan untuk kalangan menengah ke bawah. Material lantai ini terbuat dari tanah liat dan dilapisi glazur. 

cara membersihkan Lantai keramik

Lantai keramik adalah lantai yang paling mudah cara membersihkannya, karena lantai ini tidak memiliki tingkat sensitif pada air. 

Jadi, jika mau membersihkan debu dan kotoran lainnya cukup disapu saja dan di pel menggunakan pengharum lantai yang biasa di jual di warung-warung.

Lantai keramik memiliki kekuatan yang bagus terhadap air, walaupun disiram air dalam jumlah banyak tidak akan merusak lantai tersebut.

2. Lantai Granit

Untuk jenis lantai ini merupakan lantai yang sering digunakan oleh kalangan menengah ke atas, karena harganya yang memang lebih mahal dari keramik. 

cara membersihkan Lantai granit

Jenis lantai granit cocok digunakan untuk semua jenis bangunan, dengan menggunakan lantai granit bangunan tersebut akan menjadi sangat mewah.

Untuk membersihkan debu pada lantai granit, sebaiknya menggunakan alat hisap debu yaitu vacoom cleaner. dengan tujuan agar debu tersebut tidak menempel pada lantai.

Setelah itu di pel dengan lap basah yang biasa digunakan untuk lantai keramik. Agar lantai ini benar-benar awet anda harus membersihkannya setiap hari.

3. Lantai Marmer

cara membersihkan Lantai marmer

Lantai marmer ini terbuat dari bebatuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur.

Jenis lantai marmer benar-benar bisa membuat bangunan anda menjadi mewah. karena tampilan batu ini sangat indah.

Biasakan untuk membersihkan debu jenis lantai ini untuk menggunakan vacuum, dan kain pel yang harus digunakan adalah kain yang lembut dan terbuat dari microfiber.

Untuk membersihkan noda yang agak membandel anda bisa menggunakan air panas secukupnya.

4. Lantai Kayu

lantai kayu

Lantai kayu parquet merupakan penutup lantai yang terbuat dari kayu asli berkualitas tinggi, kayu ini mampu bersaing dengan jenis lantai lainnya. 

Penampilan lantai kayu ini sama halnya dengan lantai marmer dan granit yang bisa membuat estetika sebuah bangunan meningkat

Lantai kayu memiliki keunggulan yang berbeda dengan lantai lainnya, yakni bisa memberikan suasana yang sejuk dan hangat.

5. Lantai Vinyl dan Laminated

cara membersihkan Lantai Vinyl dan Laminated

Cara membersihkan lantai vinyl dan lantai laminated hampir sama dengan lantai kayu.
 
Ketiga jenis lantai tersebut harus disapu dan dipel setiap hari, alangkah baiknya dengan menggunakan vacuum cleaner. 

Namun penggunaan vacuum cleanernya gak perlu setiap hari, cukup seminggu sekali saja. 

Cara mengepel ketiga lantai tersebut harus menggunakan kain pel yang tidak terlalu basah karena jika kain pel sangat basah akan membuat kayu mudah rusak.

Bahkan cairan pel yang harus digunakan tidak boleh sembarangan, ada cairan pel khusus untuk membersihkan ketiga jenis lantai tersebut.
Artikel Terkait: Perbandingan Vinyl, Laminated, dan SPC, Mana Lantai Kayu Tempel Terbaik?

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai cara membersihkan lantai yang berdasarkan materialnya. 



Posting Komentar