Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

4 Kayu Rekomendasi Untuk Decking Lantai Outdoor

Decking Lantai kayu outdoor - Tak hanya digunakan untuk dalam ruangan. Lantai kayu juga bisa digunakan untuk area outdoor, menghadapi berbagai rintangan cuaca ekstrim yang penuh tantangan.

Untuk membuat lantai kayu yang akan di pasang di area outdoor ini awet dan bisa digunakan bertahun-tahun, Sobat perlu memahami catatan-catatan yang sangat penting ini bila ingin memasangnya. 

Pertama, memilih jenis kayu yang tepat. Yang anti Rayap, anti melencing, anti perubahan cuaca dan tahan kemebapan. Disini kami akan merekomendasikannya.

Kedua, Pemasangan yang sesuai. Karena selain jenis product, bagaimana kita memasangnya nanti juga memerankan presentasi keberhasilkan yang cukup tinggi.

Ketiga, Perawatan. 

Mau bagaimana berkualitasnya kayu, sehebat apapun tenaga ahli pasang decking, tetap saja, bila tidak di rawat dengan baik, maka akan siap-siap, maka dari itu, jangan lewatkan aspek perawatan.

Daftar harga Decking kayu lantai outdoor

Apa saja kayu rekomendasi untuk Decking lantai kayu outdoor, dan bagaimana cara memasang yang pas serta perawatan terbaiknya ? Dikesempatan kali ini mari kita kupas tuntas....

Kayu Untuk Lantai Outdoor ( Decking )

Rasa aman yang tentunya dapat anda jumpai saat mempergunakan decking kayu, hal ini karena decking kayu memiliki fitur alur air yang bertujuannya agar tidak terjadinya pemuaian saat digunakan pada area outdoor dan fitur anti slip yang memiliki sifat kesat pada permukaan lantainya.

1) Decking Kayu Ulin

Info Harga lantai kayu outdoor decking ulin

Produk pertama yang dimiliki oleh Lantai Kayu Indonesia yaitu decking kayu ulin. Decking kayu ulin dengan istilah sebutan kayu-nya si kayu besi. Merupakan produk decking kayu dengan kulaitas yang paling baik diantara Decking kayu lainnya.

Terdapat hal menarik dari produk decking ulin, jika sering terkena air maka akan semakin baik kualitas yang dimilikinya, itulah mengapa decking ulin disbut juga sebagai si kayu besi.

Bagi para penggemar decking kayu, tipe ini lah yang sering dipergunakan, mungkin karena jenis kayu yang susah untuk didapat dan kualitas yang baik. Sehingga bagi sebagian orang menginginkan tipe ini berada pada huniannya.

Keunggulan dari decking ulin :
  • Sifat durabilitas paling baik diantara tipe decking lainnya.
  • Air, ya jika sering terkena air maka daya tahan yang dimilikinya akan semakin baik.
  • Cocok untuk diaplikasikan diberbagai tiap sudut bangunan.
  • Memberikan kesan natural.
  • Tidak mudah melenting
  • Tahan perubahan cuaca

Selengkapnya : Decking kayu Ulin sebagai lantai kayu outdoor terbaik

2) Decking Kayu Merbau

Info Harga lantai kayu outdoor decking merbau

Produk yang kedua yaitu ada pada decking kayu merbau. Tipe jika anda mempergunakannya dapat menampilkan kesan yang elegan terhadap hunian anda, sebab didapat langsung dari warna coklat kemerahan.

Decking merbau dapat diaplikasikan di berbagai tiap sudut area outdoor. Daya tahan terhadap rayap dan mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk sehingga anda pun tidak perlu hawatir soal kualitas yang dimilikinya.

Apalagi terdapat motif dan corak cukup kompak, yang memberikan nilai keuntungan saat proses pemasangan decking merbau.

Keunggulan dari decking kayu merbau :
  • Terdapat tampilan yang mampu memberikan kesan elegan terhadap hunian anda.
  • Daya tahan cukup stabil sehingga saat perubahan cuaca ekstrim pun mampu bertahan.
  • Empuk saat anda memijakan kaki pada permukaan decking merbau.
  • Mampu menyesuaikan tema hunian anda sehingga tipe hunian apapun akan cocok untuk mempergunakan decking merbau.

4) Decking Kayu Bengkirai

Info Harga lantai kayu outdoor decking Bengkirai


Bagi sebagian orang tentunya ingin sekali memliki hunian yang terlihat mewah dan juga nyaman saat menempatinya. Nah untuk itu hal tersebut bisa anda dapat dengan menggunakan decking bengkirai.

Decking bengkirai atau istilah lain yellow balau untuk sebutan kayu-nya. Memiliki tampilan warna cerah seperti coklat kekuningan. Hal ini lah yang memberikan kesan mewah terhadap hunian anda.

Terlebih untuk kayu bengkirai memang sering dipergunakan berbagai macam bahan baku kontruksi yaitu dimana kayu bengkirai digunakan untuk bantalan rel kereta, tiang jembatan, dan lain sebagainya.

Tidak diragukan lagi bukan akan kualitas yang dimilikinya. Oleh karena itu decking bengkirai bisa menjadi rekomendasi untuk anda dalam penggunakan material penutup lantai.

Keunggulan dari decking kayu bengkirai :
  • Memiliki tampilan yag dapat memberikan kesan mewah.
  • Durabilitas sangat baik, dengan fakta yang sering dipergunakan berbagai macam bahan baku kontruksi.
  • Suasana hunia pun akan semakin cerah.
  • Kesan alami pasti anda dapatkan saat mempergunakannya.

Selengkapnya : Decking kayu Bengkirai

4) Decking Kayu Rengas

Info Harga lantai kayu outdoor decking rengas

Untuk produk yang terakhir ada pada decking kayu rengas. Mungkin bagi sebagian orang akan terdengar asing dengan nama kayu yang satu ini. Akan tetapi perlu anda ketahui juga dibalik hal itu decking rengas cukup digemari loh di Lantai Kayu Indonesia.

Decking kayu rengas memberikan warna yang lembut dengan coklat kemerahan, terlebih terdapat corak indah pada bagian permukaan decking. Sehingga dalam penerapannya decking rengas mampu memberikan nilai artistik dan eksotis terhadap hunian.

Hal ini lah mengapa decking rengas pun cukup digemari bagi kalangan pencinta decking kayu. Kualitas yang dimilikinya pun tidak diragukan lagi sebab decking rengas mempunyai daya tahan terhadap tumbuhnya jamur dan pemuaian.

Keunggulan dari decking kayu rengas :
  • Dapat memberikan nilai artistik dan eksotis terhadapt hunian.
  • Tahan dari tumbuhnya jamur.
  • Permukaan yang lembut saat anda memijkan kaki.
  • Yang paling penting tentunya nyaman saat anda mempergunakannya dengan dukungan aroma khas yang di hasilkan dari decking rengas.
Bagaimana tertarik bukan ingin menggunakan decking kayu ? Pastinya didalam benak pikiran anda sudah terbayangkan bukan jika decking kayu berada pada hunian anda.

Jika anda ingin menggunakan decking kayu, pastikan terlebih dahulu anda telah menentukan ukuran dan juga tipe produk decking mana yang akan dipergunakan.

Disini kami akan memberikan informasi harga decking kayu yang dimiliki oleh Lantai Kayu Surabaya, seperti tabale dibawah ini.

Harga Lantai Kayu Outdoor / Decking

Daftar Harga Lantai Kayu Outdoor ( Decking )

Decking Kayu Bengkirai
UkuranHarga /m²
1,9 x 9 x 100 - 400 cmRp. 450.000
2,5 x 14,5 x 100 - 400 cmRp. 595.000
Decking Kayu Merbau
UkuranHarga /m²
1,9 x 9 x 90-150 cmRp. 490.000
1,9 x 9 x 90-150 cmRp. 470.000


Decking Kayu Ulin Kalimantan
UkuranHarga /m²
1.9 x 9 x 90 cmRp. 890.000
2 x 8,5 x 100 - 400 cmRp. 870.000
1,7 x 9 x 90 cmRp. 780.000
Decking Kayu Rengas
UkuranHarga /m²
1,9 x 9 x 100 up cm Stok kosong

Informasi pemesanan Decking kayu hubungi : Amir lantai kayu

Cara Memasang Decking Kayu Yang Benar Agar Awet

Cara memasang Decking kayu

Langkah awal dalam memasang decking kayu adalah menetapkan area yang akan ditutupi oleh decking. Pastikan untuk membuat pondasi dan kerangka decking yang sesuai dengan ukuran yang direncanakan. Ini akan membantu dalam menghitung jumlah material yang dibutuhkan dan mencegah kelebihan atau kekurangan.

Pemasangan Decking kayu memiliki teknik pasang berbeda dengan lantai kayu indoor atau parket. Decking kayu dipasang melayang diatas permukaan lantai dasar.

Kenapa demikian?

Hal ini dimaksudkan sebagai jalur penyerapan air, sehingga air tidak akan tergenang diatas permukaan Decking. Manfaatnya bisa membuat decking tidak mudah licin dan keropos.

Sebelum memasang decking, lapisi area yang akan ditutupi dengan batu kerikil. Hal ini bertujuan untuk melindungi pondasi kayu dari kelembaban, terutama saat cuaca hujan. Pastikan juga untuk menyemprotkan herbisida untuk mencegah pertumbuhan rumput liar di sekitar area pondasi lantai decking.

Kemudian, masing-masing papan decking di pasang dengan diberi jarak sekitar 3mm sebagai sarana decking muai susut dan juga sebagai jalur serapan air. 

Cara memasang Decking kayu

Pasanglah material decking kayu yang telah Anda persiapkan. Susun dengan rapi untuk menutupi pondasi yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan bahwa bagian terluar decking dipasang dengan baik.

Proses pemasangan deckingpun menggunakan skrup untuk agar lebih kuat.

Terakhir, lakukan tahap finishing pada decking kayu Anda. Proses finishing dilakukan dua kali secara bertahap untuk memastikan hasil yang maksimal. Berikan waktu beberapa hari agar hasil finishing dapat terlihat dengan jelas dan decking kayu Anda siap digunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan mendapatkan decking kayu yang terpasang dengan baik dan memiliki tampilan yang estetis.

Cara Merawat Decking Kayu

Langkah pertama dalam merawat decking kayu adalah dengan rutin membersihkan dari berbagai kotoran yang menempel, kemudian rutin memeriksa agar tidak ada air yang terlalu lama menggenangi decking. Ada baiknya juga gunakan lapisan pelindung kayu untuk membuat decking lebih awet

Setelah dirawat dengan baik, langkah berikutnya adalah membersihkan decking kayu.

Satu cara terbaik untuk membersihkan Decking adalah dengan menggunakan Jet Cleaner atau high pressure cleaner. Itu lho, alat untuk mencuci mobil.

Cara merawat Decking kayu

Perhatikan langkahnya sebagai berikut :

  • Menyapu Deck: Bersihkan dek dari sisa-sisa dan kotoran dengan menyapunya terlebih dahulu. Lindungi area sekitarnya agar tidak ada yang rusak selama proses.
  • Uji Jet Cleaner: Sebelum memulai, uji jet cleaner pada area tersembunyi untuk memastikan tidak merusak dek.
  • Gunakan Nosel yang Lebar: Pilih nosel dengan lebar yang cukup untuk mendistribusikan tekanan air secara merata. Pegang jet cleaner sekitar setengah meter di atas dek.
  • Gerakkan dengan Hati-hati: Gerakkan nosel dengan gerakan menyapu, mengikuti arah butiran kayu. Jangan terlalu dekat agar tidak merusak permukaan dek.
  • Gunakan Sikat Kawat: Jika ada bagian yang membandel, Anda mungkin perlu menggosok dengan sikat kawat untuk membersihkannya.

Inspirasi Pemasangan Lantai Kayu Outdoor

Bagi anda yang bingung untuk menggunakan decking kayu ingin diaplikasikan pada area apa. Jangan hawatir sebab lantai-kayu.id akan memberikan beberapa contoh pemasangan decking kayu yang dapat memberikan inspirasi untuk anda, berikut ulasannya.

Pemasangan Di Samping Kolam Renang

Inspirasi pemasangan lantai kayu outdoor di samping kolam renang

Kualitas tinggi dan daya tahan yang baik, itulah sebutan yang salu terucap jika kita ingin menggunakan decking kayu. Dalam penggunaan decking kayu anda dapat mengaplikasikannya pada area samping kolam renang.

Kolam renang yang tidak lepas dari air, akan terasa pas menggunakan decking kayu. Memberikan feel indah serta rasa nyaman dan aman pasi anda dapatkan.

Tidak semua kayu mampu bertahan dari terpaan air, oleh sebab itu rekomendasi untuk anda jika ingin menggunakan decking kayu pada area samping kolam renang, anda dapat menggunakan tipe produk decking ulin. 

Pemasangan Di Rooftop

Inspirasi pemasangan lantai kayu outdoor di rooftop

Yang kedua anda dapat mengaplikasikan pemasangan decking kay pada area rooftop. Rooftop yang dibangun bertujuan agar tampilan bangunan memberikan keindahan lebih, dan dipergunakan juga untuk fasilitas bersantai salah satunya.


Akan terasa pas jika anda ingin menggunakan decking kayu pada area rooftop, apalagi decking juga memberikan nilai keindahan dan rasa nyama, hal ini lah keuntungan bagi anda jika menggunakan produk decking kayu ditempatkan pada area rooftop. Untuk menggunakan tipe produk decking, anda dapat memilih 4 tipe produk sebab semuanya memiliki keindahan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan selera anda.

Pemasangan Di Balkon

Inspirasi pemasangan lantai kayu outdoor di balkon

Selain itu juga jika anda memiliki balkon pada bangunan rumah, anda dapat menggunakan decking sebagai penutup lantainya. Dan jangan lewatkan juga pada bagian area balkon seperti dinding yang dapat digunakan juga, agar tampilannya memiliki nilai tersendiri dan kepuasan bagi anda untuk menggunakannya.

Pemasangan Di Halaman Rumah

Inspirasi pemasangan lantai kayu outdoor di halaman rumah

Ingin tampilan rumah anda terlihat mewah dan elegan ?. Anda dapat mengaplikasikan pada bagian halaman rumah dengan menggunakan decking bengkirai. Tampilan warna yang cerah didapat secara langsung dari warna coklat kekuningan hal ini memberikan keindahan tersendiri untuk bangunan rumah anda. jhasgdas

Apalagi halaman rumah memiliki kesan yang terpenting, bukan tanpa sebab contohnya jika ada tamu, kerabat, dan saudara anda ingin berkunjung pastinya yang dilewati yaitu pada bagian halaman rumah. Nah oleh karena itu hal ini bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin menampilkan keindahan pada tiap-tiap sudut bangunan rumah anda ingin tampil beda dan menarik.

Agar decking kayu dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya dan juga tetap menjaga keindahannya, perhatikan juga dari segi perwatannya agar dapat menhindari terjadinya kerusakan pada decking kayu.


Sekian penjelasan yang diberikan oleh Lantai Kayu Indonesia semoga ulasan yang kali ini diberikan untuk anda dapat membantu dan menginspirasi dalam membangun sebuah hunian tampil lebih indah dan nyaman.

Posting Komentar untuk "4 Kayu Rekomendasi Untuk Decking Lantai Outdoor"