Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Perbedaan Kayu Ulin dan Bengkirai, mana yang lebih bagus?

mengenal kayu ulin dan kayu bengkirai
08121001419

 Kayu ulin dan kayu bengkirai merupakan kayu berkelas, memiliki kekuatan yang sangat baik serta dilengkapi kepadatan kayu yang baik sehingga setelah kayu ini di olah menjadi kayu yang awet terhadap perubahan cuaca.

Selain tahan terhadap perubahan cuaca kayu ini anti rayap, dan anti jamur. dijamin penggunaan kayu ulin dan bengkirai untuk keperluan apapun sudah pasti bertahan sangat lama.

Asal-usul kayu ulin

Kayu ulin merupakan pohon asli asal indonesia yang banyak tumbuh di kawasan kalimantan, kayu ini biasa disebut sebagai kayu besi karena memiliki kekuatan dan kepadatan seperti besi.

Kalau kita lihat dari penampakan pohon ulin, pohonnya sangat besar dan tingginya bisa mencapai sekitar 50m dengan diameter sekitar 120cm.

Kelas kayu ulin masuk kedalam kategori kayu kuat kelas I dan awet kelas I, dan berat kayu ini sekitar 1,04.
sudah dikenal kemana-mana bahwa ulin sangat kuat terhadap serangan rayap, tahan perubahan lembab, dan tahan air.
sehingga ketika di olah untuk lantai kayu maka kayu ini sering digunakan untuk lantai bagian luar (lantai kayu outdoor)

Baca juga


Selain lantai kayu, kayu ulin sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti jembatan, perkapalan, tihang listrik, kusen, dan lain-lain.

Saking kuatnya kayu ulin, banyak yang menggunakan kayu ini sebagai tihang rumah panggung yang berada di rawa maupun sungai. 
sudah teruji bahwa kayu ulin akan tetap kuat walau terendam air.

Kayu ulin sudah dikenal sebagai kayu yang sangat kuat, namun sayang ada beberapa kekurangan yang menjadikan kayu ini sulit di dapatkan.

Pertama, karena saking lamanya pertumbuhan kayu ulin. sehingga untuk mendapatkan kayu ini membutuhkan waktu. tidak seperti kayu lain pada umumnya yang tingkat pertumbuhannya dalam hitungan tahun.

Maka tak heran jika kau ulin di jual dengan harga yang tingi. kita bisa menyadari bahwa kayu ulin merupakan kayu yang sangat kuat namun sulit di dapat.

Kayu ulin di olah menjadi decking kayu

olahan decking kayu

Memiliki tingkat keras yang tinggi serta kepadatan dan keawetan yang baik, kayu ulin ini di olah menjadi decking kayu.
decking kayu merupakan penutup lantai yang digunakan untuk berbagai keperluan exterior, mulai dari teras, injakan taman, samping kolam, dll.

Kayu ini tahan jamur, dan serangan rayap. jadi gak perlu khawatir lagi jika kayu ini sering terkena air dan takut di serang oleh rayap.

Baca juga


Olahan kayu decking yang bisa anda gunakan adalah: decking kayu standar. decking kayu standar merupakan produk best seller kami.

Olahan decking ini sudah dipastikan tidak akan melengkung dan berantakan .

Ukuran decking setandar yang kami jual biasanya

Tinggi 1,9 cm
Lebar 9cm
panjang 100cm up

Asal usul kayu bengkirai

mengenal kayu bengkirai

Kayu bengkirai merupakan kayu yang tumbuh di pulau kalimantan, kayu ini jarang sekali di temukan di daerah lain hanya kalimantan saja yang bisa menghasilkan kay ini.

Banyak orang yang menyebut kayu ini sebagai kayu yang bisa digunakan untuk apa saja, melihat dari kualitasnya yang tak diragukan lagi

Kenapa begitu, untuk mengolah kayu ini sangat mudah bisa di ukir, di pahat, dan dipotong 
berbeda dengan kayu ulin yang pengolahannya susah.

Kayu ini mulai di kenal banyak orang karena kayu ini sering di eksport ke luar negeri, baik yang masih berbentuk kayu maupun sudah di olah menjadi barang tertentu.
sehingga orang menyebut kayu ini sebagai pengganti kayu jati, melihat dari kualitas yang tak jauh berbeda.

Keunggulan yang terdapat pada kayu bengkirai

Sebelum anda memutuskan untuk membeli olahan kayu bengkirai, alangkah baiknya anda tahu keunggulan yang ada pada kayu bengkirai ini.

Tidak sulit ketika mau di olah

Inilah yang menjadikan kayu bengkirai banyak peminatnya, memiliki harga yang terjangkau. kayu ini mudah di olah juga, sehingga ketika akan membuat sebuah produk dari kayu ini pengerjaanya bisa dengan cepat.
tidak ada kesulitan ketika seorang pengrajin menggunakan kayu ini.

Tingkatan keras dan kuat yang baik

Para ahli perkayuan menobatkan kayu ini sebagai kayu kuat kelas I dan II. dan keawetan kelas I dan II juga.
bisa dikatakan kayu bengkirai sebagai pengganti kayu jati, melihat dari segi harga kayu jati yang lebih mahal.
untuk mendapatkan kayu berkualitas dengan harga yang terjangkau bisa menggunakan kayu bengkirai.

Kekurangan yang ada pada kayu bengkirai

Kekurangan kayu bengkirai memang tidak separah kayu yang kualitasnya di bawah rata-rata. karena kayu ini sangat keras dan keawetannya rendah. maka tak heran jika kayu ini mudah retak ketika sudah menjadi sebuah produk furniture, kusen, dll

Akan tetapi kekurangan tersebut bukan berarti gak bisa digunakan, sudah menjadi hal yang umum ketika sebuah barang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kayu Ulin dan Bengkirai, mana yang lebih bagus?"