Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa yang menjadi perbedaan Kayu ulin kalimantan dengan kayu ulin sulawesi

Kayu ulin kalimantan vs kayu ulin sulawesi - Kedua jenis kayu yang termasuk sebagai kayu terbaik yang ada di indonesia, akan sangat bertahan lama jika di olah menjadi apapun, tahan terhadap serangan rayap dan pertumbuhan jamur. kayu yang sangat berat sehingga jika di masukan ke dalam air kayu tersebut akan tenggelam.

kayu ulin kalimantan vs kayu ulin sulawesi

Perbedaan kayu ulin kalimantan dan kayu ulin sulawesi bisa kita lihat perbedaannya, dari segi kualitas baik dari segi kekuatan dan kekerasan. kedua kayu tersebut memiliki kualitas yang sama.

Kami sebagai produsen lantai kayu mengolah kayu ulin menjadi penutup lantai yang digunakan untuk di luar ruangan (outdoor), kayu ulin memiliki kriteria yang cocok untuk digunakan pada lantai outdoor.

Mengapa lantai kayu ulin cocok untuk lantai outdoor?

Kayu ulin mampu menahan perubahan cuaca apapun, tidak akan hancur atau rusak ketika kayu ulin terkena air hujan dan sinar matahari yang panas.

Kayu ulin memang kuat dan ke awetannya bisa sangat lama, tak heran jika kayu ini sering digunakan untuk lantai kayu outdoor.


Baca juga decking kayu vs decking wpc

Cara membedakan kayu ulin asal kalimantan dengan kayu ulin asal sulawesi

membedakan kayu ulin kalimantan dan ulin sulawesi

Memiliki nama yang sama yaitu ulin, namun asal pertumbuhannya berbeda. untuk itu yuk lihat perbedaanya.
langkah pertama untuk melihat perbedaanya dari segi fisik kedua kayu tersebut.

perbedaannya:

  • Kayu ulin asal kalimantan bisa kita lihat dari segi warna nya yang cerah, warna khas kayu ini berwarna kuning kecoklatan yang terang
  • Sedangkan kayu ulin yang berasal dari sulawesi memiliki warna yang cenderung gelap, kira-kira seperti warna coklat yang agak hitam
penggunaan kayu ulin untuk lantai kayu outdoor sering di sebut decking kayu, decking kayu yaitu tadi lantai kayu khusus untuk area yang sering terkena air dan sinar matahari.

Lalu bagaimana dengan WC yang ruangannya berada di dalam ruangan?

Wc merupakan tempat yang setiap hari terkena air, namun ruangan ini tidak terkena sinar matahari. dengan tujuan agar lantai tidak licin, enak di pandang karena keindahannya, dan memiliki suhu ruangan yang adem. maka bisa menggunakan decking kayu ulin kalimantan atau decking kayu ulin asal sulawesi

Kelebihan lantai kayu ulin yang harus anda tahu

kelebihan kayu ulin

Kayu ulin memiliki tingkat kekerasan yang tak di ragukan lagi, kayu ini masuk ke dalam kategori kayu kuat kelas I, kayu awet kelas I, dan Kayu keras kelas I.

Akan sangat aman jika anda menggunakan kayu ulin untuk keperluan apapun, apalagi kalau anda menggunakan lantai kayu outdoor dari kayu ulin. so pasti lantai anda akan awet dengan catatan cara perawatannya baik dan benar

Jika kayu yang lain mudah melengkung ketika di olah menjadi lantai kayu outdoor, namun berbeda dengan kayu ulin yang jarang melengkung atau mengerut. hal ini menandakan bahwa kayu ulin memang terbukti sebagai kayu berkualitas tinggi.

Kekurangan yang terdapat pada kayu ulin

kekurangan kayu ulin

Memiliki kelebihan yang banyak bukan berarti kayu ulin tidak memiliki kekurangan, ternyata ada kekurangannya juga.
kekurangan dari kayu ulin adalah stok kayu ulin yang sedikit, kayu ini sering menjadi incaran banyak orang. sedangkan pertumbuhan kayu ulin sangat lama dan membutuhkan waktu yang terbilang panjang.

Karena susah untuk mendapatkan kayu ulin, maka itulah kenapa kayu ulin di jual dengan harga yang tinggi.

Secara proses pengolahan kayu ulin terbilang sulit tidak bisa di kerjakan dengan mudah, kayu ini tidak bisa di paku dan di pahat secara manual. namun harus di olah menggunakan mesin khusus

itulah kelebihan dan kekurangan kayu ulin.

Setelah kayu ulin dijadikan decking (lantai kayu outdoor) terbukti bisa menjadikan sebuah bangunan menjadi istimewa. istimewa dari segi penampilan dan suasana yang menjadi sejuk.

Oleh karena itu saya menyarankan agar anda menggunakan decking kayu ulin untuk lantai maupun area outdoor lainnya. jelas decking kayu ulin memiliki keistimewaan yang banyak. diantaranya:

  1. Lantai kayu ulin merupakan kayu yang baik untuk decking, kekuatan dan keawetannya tidak di ragukan lagi
  2. Decking kayu ulin yang tahan air, semakin terkena air kayu ulin akan semakin kuat (cocok banget untuk kamar mandi dan kolam renang)
  3. Serat kayu yang bagus membuat tampilan bangunan menjadi mewah
  4. Dan terakhir jarang retak.
Selain decking kayu ulin kalimantan dan sulawesi, anda juga bisa menggunakan decking kayu bengkirai

Posting Komentar untuk "Apa yang menjadi perbedaan Kayu ulin kalimantan dengan kayu ulin sulawesi"

Widget HTML Atas