WhatsApp
WhatsApp: 08122041996

Trik Ampuh Memperbaiki Lantai Kayu Solid Yang Rusak Parah

Daftar Isi

Memperbaiki lantai kayu rusak

Memperbaiki lantai kayu rusak - Material apapun yang anda gunakan di dalam rumah, sudah pasti akan ada sedikit kerusakan di masa yang akan datang. 

Namun, parah atau tidaknya material tersebut itu tergantung dari cara anda merawatnya.

Contohnya material lantai kayu yang terkenal dengan keawetannya yang bisa sampai bertahun-tahun.

Akan tetapi, tetap saja ada kerusakan seiring dengan waktu penggunaan. Lantai kayu dengan kerusakan ringan mungkin masih bisa diperbaiki dengan mudah.

Lantas, bagaimana jadinya jika lantai kayu mengalami kerusakan yang parah? 

Nah, untuk mengetahui cara memperbaiki lantai kayu yang rusak parah, yuk simak langsung ulasannya dibawah ini. 

Tips Memperbaiki Lantai Kayu yang Rusak Parah

Sebelum membahas ke cara perbaikannya, coba pahami terlebih dahulu jenis lantai kayu yang anda gunakan.

Apakah lantai kayu solid (asli), lantai kayu laminated, atau lantai kayu vinyl. Karena dari setiap produk yang kami jual memiliki cara memperbaiki yang berbeda-beda.

Jika jenis lantai kayunya adalah kayu solid, berikut tips-tips yang bisa anda lakukan:

1. Lantai Kayu Solid yang Tergores

Apabila lantai kayu solid yang rusak tersebut tergores akibat gesekan barang furniture atau benda tajam, maka cara memperbaikinya cukup mengamplas bagian permukaannya saja. 

Lantai Kayu Solid yang Tergores

Sediakan alat untuk memperbaikinya, yaitu amplas halus dan kasar (jika diperlukan), kemudian kuas, alat kompresor, cat plitur dan cat anti gores yang bisa di jual dipasaran

Cara menghampelas jangan asal-asalan, gunakan amplas yang memiliki tekstur yang halus dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Jika mengamplasnya terlalu lama, bisa-bisa kayu tersebut bisa menjadi tipis dan terlihat tidak rata dengan papan kayu yang lainnya.

Waktunya sesuai feeling saja, jika goresannya sudah hilang maka jangan di lanjutkan lagi.

Kemudian setelah masuk proses finishing, lihat juga warna kayu yang lainnya agar lantai kayu yang baru selesai di hampelas tidak belang dengan parket kayu lainnya.

Sebisa mungkin warna kayu yang digunakan harus sama dengan yang asal.

2. Lakukan Pembongkaran

Cara yang paling gampang untuk mengatasi lantai kayu yang rusak adalah dengan di lem dan di paku, yaitu membongkar lantai yang rusak lalu diolesi lem dan di paku.

Lakukan Pembongkaran

Dengan menggunakan tipe lidah mulut , Cara ini harus hati-hati terutama saat pembongkaran dan pada saat pemasangan. 

Untuk Pembongkaran kayu yang rusak bisa menggunakan mesin bor dan melubangi disekitar lantai yang rusak, setelah itu dicongkel dengan tang atau palu.

Lepaskan lantai kayu yang rusak, Bersikan perekat yang masih menempel dibagain dasar dan sisi lantai kayu menggunakan soket atau kerokan dari besi parket yang rusak dilepaskan dan sisa perekatnya dibersikan.  

Biarkan selama 1 hari untuk mengetahui apakah masih terjadi pemuaian atau penyustutan pada kayu lainnya setelah diyakini tidak ada lagi pemuaian atau penyusutan

3. Memasang Papan Kayu yang Baru

Langkah selanjutnya memasang lantai kayu yang baru. Seperti cara pertama, lumuri area yang akan dipasang parket dengan lem hingga merata biarkan kering agar lem menempel sempurna. 

Memasang Papan Kayu yang Baru

Setelah lem kering lalu parket bisa di masukan. pertama dengan  menempatkan satu sisi ke mulut pengunci. 

Jika sisi yang lain belum masuk bisa menggunakan palu dari kayu dan di pukul pukul perlahan hingga lantai kayu yang baru bisa masuk dan mengunci dengan parket lama. 

Maka motif, corak dan warna harus sama dengan lantai kayu kayu yang lama agar tidak ada perbedaan yang mencolok. 

Tipe kayu serta dimensi harus sama dengan lantai kayu yang lama. Jika tidak ada atau stock digudang sudah habis, bisa diganti dengan model kayu lain tapi diusahakan warnanya yang selaras.
baca juga: Harga lantai kayu

4. Lakukan Finishing

Lakukan Finishing

Langkah terakhir dilakukan proses finishing agar parket lama dengan yang baru tampak padu atau diamplas dan difinishing ulang seluruhnya.
 
Itu dia beberapa tahapan yang bisa anda lakukan dalam memperbaiki lantai kayu yang rusak. Jika tidak ingin repot, sebaiknya cari jasa tukang yang memang ahli di bidangnya. 
 





Posting Komentar