Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Review kayu matoa sebagai kayu berkualitas

Lantaikayu.id - Negara kita merupakan negara yang kaya dari hasil alam nya, terbukti banyak sekali jenis pohon kayu yang tumbuh di hutan indonesia. kayu yang tumbuh di indonesia sudah terbukti selalu memiliki kualitas yang sangat baik

mengenal kualitas kayu matoa

Salah satu kayu terbaik yang akan saya bahas di sini adalah kayu matoa. supaya anda lebih tahu karakteristik kayu matoa yuk simak penjelasannya sampai selesai.

Baca juga mengenal kayu agathis

Mengenal kayu matoa

Bahasa ilmiah dari matoa adalah pometia pinanata, pohon matoa meruapakan pohon kayu yang besar, selalu memiliki ketinggian sekitar 18 meter dengan diameter 100 senti meter

Pohon matoa tumbuh subur di kawasan papua, namun untuk saat ini pohon matoa bisa kita dapatkan di wilayah indonesia lainnya, yaitu di pulau jawa, maluku, dan sulawesi. 

Matoa tumbuh di kawasan tanah kering dan di kawasan yang memiliki curah hujan yang tinggi

Karakteristik yang terdapat pada kayu matoa

karakteristik kayu matoa

Kayu matoa memiliki warna yang khas, sama seperti kayu pada umumnya. warna kayu matoa agak merah kecoklatan sehingga akan cocok anda gunakan untuk mempercantik bangunan rumah.

Dari segi serat kayu matoa terlihat lurus yang menjadikan kayu ini memiliki tampilan yang baik.

Untuk kekuatan kayu matoa terbilang sebagai kayu berkualitas, kekuatannya kategori II dan III. hal tersebut membuktikan bahwa kayu ini sangat baik anda gunakan untuk kebutuhan bangunan.

Lalu dari segi keawetannya kayu matoa sedikit rendah, keawetan kayu matoa masuk ke dalam kelas III yang bisa kita simpulkan bahwa keawetannya kurang baik.

Supaya kayu ini bertahan lama dan awet, biasanya kayu ditambahkan pengawet dengan obat khusus seperti biocide. sangat membantu sekali pengawet kayu biocide meningkatkan kayu menjadi lebih baik dari segi keawetannya.

Kelebihan kayu matoa selain kekuatannya, kayu ini tidak menyusut ketika sudah diolah menjadi sebuah barang. karena kayu matoa termasuk kayu yang cukup tahan penyusutan

Pengrajin kayu yang selalu mengolah kayu matoa memberberkan bahwa kayu matoa sangat mudah di kerjakan dan hasil olahan kayu matoa layak anda gunakan, karena terbukti kualitasnya sangat baik

Olahan produk dari kayu matoa

Kualitas yang baik membuat kayu matoa banyak digunakan atau di olah menjadi berbagai produk. 
produk yang selalu menggunakan kayu matoa adalah:

1. Furniture

Banyak sekali jenis furniture yang menggunakan bahan kayu matoa, kayu matoa yang mudah ketika di olah membuat pengrajin menghemat waktu ketika memproduksi furniture seperti meja, kursi, lemari, dan furniture lainnya.

Tampilan furniture dari kayu matoa mampu bersaing dengan furniture kayu berkualitas tinggi lainnya, seperti furniture bahan kayu jati.

2. Bangunan

Walaupun di atas di sebutkan bahwa ke awetan kayu matoa terbilang rendah, 

Namun setelah dicampurkan dengan bahan pengawet, maka kayu matoa di olah menjadi kebutuhan bangunan rumah seperti kusen jendela, kusen pintu, dan lantai kayu

Perbandingan kayu matoa dengan kayu kamper dan kayu kempas

kayu kamper

Kayu kamper merupakan kayu yang memiliki kualitas yang tak kalah jauh dengan kayu matoa, kayu kamper terbukti dengan aromanya yang bau kamper.

Kayu kamper sering di olah menjadi kusen dan plafon kayu, banyak yang mengolah kayu ini karena kekuatan dan keawetannya cukup baik.

Bahkan dari segi warna kayu ini terlihat sangat merah sedikit menyerupai kayu mahoni, warna merah yang indah bisa anda manfaatkan untuk mempercantik rumah bagian interiornya.

Selain dari segi warna, kayu kamper tahan rayap, kuat, dan awet. sehingga bisa anda pertimbangkan dahulu jika anda ingin menggunakan olahan kayu kamper maupun kayu matoa

Artikel Terkait: kayu kamper

Kemudian ada salah satu kayu yang kualitasnya tak kalah bagus dengan dua jenis kayu di atas, yaitu kayu kempas.

apakah anda pernah mendengar kayu kempas?

Kayu kempas

Kayu kempas adalah kayu yang berasal dari kalimantan dan sulawesi, di daerah jawa kayu kempas masih terbilang sulit untuk ditemukan.

Kualitas kayu kempas yang kekuatannya tinggi jika dibandingkan dengan kayu matoa, kekuatan kayu kempas sebagai kayu kuat kelas I dan II.

Namun, keawetan kayu kempas setara dengan kayu matoa yang masuk kategori kayu awet kelas III.

Kayu kempas sering di kenal sebagai kayu yang digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti lantai, pagar, samping kolam renang, dan yang lainnya.

Pasti anda berfikir bahwa kayu yang digunakan di luar ruangan sudah pasti tahan sinar matahari dan hujan, memang betul kualitas kayu kempas memang tahan air dan panas. 

Dari segi harga,  lantai kayu outdoor kayu kempas sangat terjangkau, cocok bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu outdoor dengan harga minim.

Jika anda tidak cocok dengan lantai kayu outdoor dari kayu kempas, anda masih bisa menggunakan kayu yang sudah familiar di negara  kita. seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, dan kayu ulin.

Untuk info lebih lanjut seputar decking kayu atau lantai kayu outdoor silahkan hubungi marketing kami.

Posting Komentar untuk "Review kayu matoa sebagai kayu berkualitas"