Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Beginilah cara memasang aluminium composite panel

cara memasang aluminium composite panel

 Aluminium composite panel atau yang sering di singkat menjadi ACP adalah material yang sering digunakan untuk kebutuhan eksterior sebuah bangunan. acp sering dikerjakan setelah masuk ke dalam proses finishing pembangunan.

Tujuan ACP di pasang biasanya untuk membuat tampilan bangunan menjadi mewah dan sangat indah, pemasangan ACP pada dinding bagian eksterior memang di butuhkan untuk meningkatkan karakteritik bangunan tersebut.

Supaya pemasangan ACP terlihat sempurna, anda harus tahu tentang cara pemasangan nya. inilah cara memasang aluminium composite panel dengan baik dan benar.

Baca juga 

memasang plafon kayu atau lambersering untuk dinding rumah

Tahapan memasang aluminium composite panel

tahap memasang aluminium composite panel

Menyusun RAB

Menyusun RAB (Rencana anggaran belanja) ini sangat penting, karena sebelum membeli material dan alat-alat yang digunakan anda harus sudah menghitungnya dengan baik. jangan sampai salah mengitung yang akan menyebabkan sisa barang yang lebih, sebab sangat di sayangkan jika material acp tidak sesuai yang di butuhkan bangunan tersebut, melihat harga acp yang lumayan mahal

Menyiapkan alat-alat untuk memudahkan pemasangan

Sebelum melakukan pengerjaan untuk memasang acp, alat-alat yang di butuhkan harus di persiapkan dengan baik. selain alat-alat material acp harus sudah ada di tempat dan jangan lupa tim pemasangan yang sudah ahli harus sudah siap juga. jangan sampai alat dan material sudah lengkap namun tim pemasangan merupakan orang-orang yang tidak paham atau belum berpengalaman.

Alat penunjang pemasangan yang biasa digunakan adalah steger, steger merupakan alat yang penting untuk mempermudah para pekerja.

Membuat rangka untuk memasang ACP

Sama seperti membuat rumah, ada yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam proses pembuatan rumah yaitu membuat pondasi. nah sebelum memasang ACP harus membuat rangka terlebih dahulu. rangka acp harus dibuat dengan kebutuhan bangunan.

Material yang digunakan untuk membuat rangka ACP yaitu breket dan hollow aluminium, hollow alumium merupakan material yang sudah umum digunakan untuk memasang acp, karena harga jual dipasaran yang sangat terjangkau serta kualitasnya memang sangat bagus

Untuk hollow yang lebih murah yang akan digunakan untuk rangka acp yaitu hollow galvanis. namun jenis hollow ini memiliki kualitas di bawah hollow aluminium.
akan tetapi secara kecepatan pemasangan hollow galvanis memang unggul, jika anda ingin merakit rangka acp dengan waktu yang singkat lebih baik menggunakan jenis hollow yang satu ini.

Pemasangan hollow galvanis bisa dilakukan dengan cara di las atau di scrup, bisa di sesuaikan dengan anggaran yang ada.
untuk masalah ukuran hollow, anda bisa menggunakan hollow yang berukuran 2x2 dan hollow 4x4. kedua ukuran hollow tersebut di anjurkan ada karena keduanya memang di butuhkan dalam pembuatan rangka

Lalu fungsi breket buat apa?

Fungsi breket berbeda-beda, yang satu breket yang dipasang pada dinding untuk di jadikan dudukan penahan hollow. sedangkat breket yang kedua dipasang langsung pada rangka acp

Mulai memasang ACP

mulai memasang acp

Tahap sebelumnya sudah selesai, barulah masuk ke proses pemotongan acp dengan ukuran yang sudah di hitung pada tahap pertama. jangan lupa sediakan alat pelengkap untuk melancarkan pemasangan, yaitu hand router besar, hand router kecil, dan router cnc

Setelah itu langsung ke proses pemasangan ACP pada rangka yang telah kita pasang sebelumnya, pemasangannya dengan cara di scrup. cara pemasangannya hampir sama dengan cara memasang lantai keramik. yaitu harus menyediakan benang panjang supaya pemasangan acp benar-benar lurus.

Pada proses pemasangan harus benar hati-hati, jangan sampai berbelok dan mengelembung. jika anda tidak hati-hati maka hasilnya akan sangat terlihat jelek atau tidak sesuai.

Setelah selesai kemudian masuk ke tahap akhir, yaitu finishing

Proses finishing pemasangan ACP

Tahap finishing yaitu menerapkan seelant pada permukaan nat acp dengan tujuan agar acp benar-benar terlihat rapi dan bagus

Mungkin hanya ini saja cara untuk memasang acp, semoga artikel ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "Beginilah cara memasang aluminium composite panel"