Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Harga plafon kayu - Jika anda berencana memasang plafon, kami sarankan untuk tidak melewatkan artikel kali ini, karena kali ini kita akan mengulas tentang plafon lambersering agar nantinya nggak menyesal dan tahu apa yang akan anda dapatkan ketika memasang plafon kayu lambersering ini.

Apa itu Plafon kayu Lambersering ?

Plafon atau langit-langit berdasarkan wikipedia adalah permukaan interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan.

Sementara itu, Lambersering merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu Lumber Ceilling dimana Lumber berarti kayu dan Ceilling artinya Langit-langit atau Plafon.

Jadi, lambersering adalah bahan olahan kayu untuk digunakan di langit-langit.

Jenis-jenis Plafon Ruangan

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Ada banyak jenis plafon yang bisa digunakan selain plafon kayu atau lambersering. Ada Plafon gypsum, Plafon triplek, Plafon PVC, Plafon metal dan lain-lain. Tentu diantara jenis plafon ini terdapat kekurangan dan kelebihannya. 

Kita tidak akan mengulas tentang jenis-jenis plafon di artikel ini. Bagi anda yang menginginkan informasi plafon jenis lainnya bisa buka : Macam-macam plafon rumah dan kekurangan kelebihannya

Kali ini kita akan lebih berfokus untuk mengurai segala hal tentang lambersering plafon. Sebagai bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli plafon kayu atau lambersering ini. 

kita mulai dengan...

Jenis Kayu Untuk Lumbersering

Dalam proses pembuatan lambersering, tidak semua jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan dasar. Kayu-kayu untuk plafon atau lambersering haruslah memiliki sipat yang keras kuat dan awet agar lambersering bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Gambar dibawah ini bisa menjadi referensi tentang syarat kayu untuk plafon :

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Tidak cukup itu saja, Kayu untuk plafon juga harus memiliki sipat ringan karena akan di pasang diatas plafon dan dinding. 

Syarat lain kayu untuk lambersering ini, adalah harus bisa di potong dengan sangat tipis. Tujuannya agar mengurangi bobot pada kayu.

Harus anda tetahui, tidak banyak jenis kayu yang bisa seperti ini.

Dibawah ini adalah daftar kayu yang bisa di jadikan lambersering :

Kayu keruing

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Jenis kayu seri terbaik untuk dijadikan plafon lambersering, terdapat nama Kayu Keruing.

Kayu Keruing merupakan jenis kayu yang memiliki tingkat keras tinggi hingga sedang, karena jika dibandingkan kayu Jati, kayu keruing masih berada dibawahnya, tetapi kayu keruing ini satu level berada diatas kayu mahoni.

Yang menjadi kelebihan kayu ini adalah bobotnya cukup ringan sehingga sangat baik jika digunakan sebagai plafon lambersering.

Selain itu, kayu keruing juga memiliki sipat bisa dibelah dengan ukuran yang tipis sehingga akan lebih membuat bobot plafon menjadi lebih ringan.

Kayu Agathis

Kayu Agathis memiliki sipat yang sama dengan kayu keruing yaitu ringan, selain itu kayu Agathis juga dapat di belah menjadi ukuran yang sangat tipis sehingga bisa membantu meringankan beban lambersering kayu.

Secara teknis, kayu Agathis ini berada di kelas menengah, yaitu tingkat keras III dan tingkat awet V. Kayu Agathis memang tidak setangguh kayu keruing namun dengan sipatnya yang ringan menjadikan pertimbangan tersendiri dalam memilihnya.

Kayu Kumea

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Kayu Kumea merupakan jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan tinggi karena setara dengan kayu Merbau. 

Hanya saja kayu kemea ini merupakan jenis kayu yang sangat berat sehingga jika anda berencana menggunakan kayu kumea untuk lambersering, pertimbangkan untuk memasangnya dengan sangat kuat agar bisa menahan beban kayu yang berat tersebut.

Kayu Bengkirai

Jenis kayu yang saat ini lagi menjadi favorit karena karakteristiknya yang bagus dengan harga yang terbilang terjangkau serta jumlah bahan bakunya banyak. 

Sebetulnya kayu bengkirai lebih banyak digunakan sebagai bahan lantai kayu outdoor, tetapi bisa juga digunakan sebagai lambersering karena memiliki sipat kuat, keras dan bisa di potong hingga ukuran yang tipis.

Kayu Merbau

Kayu Merbau adalah jenis kayu dengan tingkat kekerasan kelas I dan tingkat awet kelas II. Kayu Merbau memiliki sipat muai susut yang rendah sehingga sangat baik jika digunakan sebagai kontruksi bangunan.

kayu Merbau banyak di manfaatkan sebagai Lantai kayu parket, Decking Outdoor, papan kayu tangga dan plafon lambersering.

Yang menjadi kelemahan dari kayu Merbau adalah bobotnya cukup berat dan permukaannya yang cenderung kasar sehingga menyulitkan dalam proses pemasangnnya.

Untuk saat ini kayu Merbau lebih banyak diminati sebagai lantai parket indoor sehingga ketersediaan kayu merbau untuk dijadikan plafon stoknya sangat terbatas.

kayu Ulin

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Kayu Ulin adalah jenis kayu terbaik di Indonesia karena dari semua aspek kayu Ulin ini berada pada level 1 seperti tingkat keras, tingkat kuat dan tingkat awet.

Kelebihan lain dari kayu Ulin adalah sipatnya yang tidak mudah memaui dan menyusut menjadikannya cukup ideal digunakan sebagai bahan kontruksi rumah baik itu untuk plafon lambersering atau Decking outdoor.

Kenapa kayu Jati tidak terdaftar ?

kayu Jati merupakan jenis kayu keras dan awet yang baik, dan sudah banyak teruji dengan berbagai olahan kayu yang terbuat dari kayu Jati tidak pernah gagal.

Hanya saja, karena coraknya yang unik dan arsistik orang-orang lebih meminati kayu Jati ini untuk di buat furnitur dan juga sebagai lantai parket. 

Alasan kedua adalah karena kayu Jati ini memiliki ukuran yang pendek-pendek sehingga jika digunakan untuk plafon, akan banyak sambungan dan itu tidak enak di pandang

baca juga : Pengertian lantai kayu: Fungsi, jenis dan perbandingannya

Plus Minus Penggunaan Plafon kayu / Lambersering

Bagi anda yang berencana memasang plafon kayu, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan plafon kayu ini. Info lengkapnya sebagai berikut :

Kelebihan plafon kayu

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

1. Menjadi hunian anda terlihat lebih alami

Karena terbuat dari kayu, tentu plafon kayu akan memberikan kesan alami yang dihasilkan dari kayu alami tersebut. 

2. Menambah kesan mewah pada hunian

Jangan sekarang, tampilan rumah dengan kayu tidak lagi terkesan kuno dan kampungan, tetapi kebalikannya. tampilan rumah dengan kayu ini terlihat lebih kekinian dan mewah.

3. Memiliki sipat meredam

sipat meredam pada plafon kayu ini didapatkan karena kayu adalah material yang memiliki pori

4. Berfungsi sebagai bahan Insulasi alami

Insulasi sendiri berfungsi untuk mengurangi laju perpindahan panas/kalor dari luar sehingga udara didalam hunian akan terjaga kesejukannya.

sebailiknya, jika kondisi cuaca sedang dingin, plafon kayu bisa membuat hunian lebih hangat dan ini alasan kenapa orang-orang Eropa lebih senang menggukan rumah dari bahan kayu.

Kekurangan Plafon kayu

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

1. Membutuhkan perawatan khusus

Perawatan plafon kayu berbeda dengan perawatan dinding atau plafon pada umumnya, kita harus mengecek kondisi plafon kayu untuk menghindarkannya dari penyakit jamur dan rayap. 

Kecuali jenis kayu yang digunakan untuk plafon ini memiliki tingkat keras yang tinggi hingga rayap enggan memakannya seperti kayu Ulin

2. Memiliki resiko terbakar

Kayu adalah bahan yang mudah terbakar sehingga ketika berencana memasang plafon kayu, perhatikan area-area yang sering menggunakan api seperti di dapur agar tidak menjulur ke atas. 

3. Biaya penerapan mahal

Plafon kayu berkualitas memang memiliki harga cukup mahal, namun akan sebanding dengan nilai estetis dan kenyamanan hunian anda

baca juga : Laminate Flooring: Kupas tuntas alasan lantai kayu ini murah dan mudah di pasang

Inspirasi pemasangan plafon kayu :

Pemasangan plafon kayu lambersering bisa di area indoor maupun outdoor.

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya
Selain di area plafon, Lambersering ini juga bisa di terapkan di area dinding dengan fungsi sebagai peredam suara alami atau bisa juga sebagai insulasi.
Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya

Harga plafon kayu (lambersering)

Jenis Plafon kayu harga /m2
lambersering Ulin Rp. 380.000
lambersering Keruing Rp. 260.000
Lambersering Kumea Rp. 295.000
Lambersering Agathis Rp. 190.000

Note...

harga diatas belum termasuk biaya pasang, dan harga diatas tidak semuanya sama, tergantung juga daerah dan penyedia plafon kayu lambersering

Review harga plafon kayu :

Lambersering kayu Ulin memiliki harga yang paling mahal. Hal ini wajar mengingat kualitas pada kayu ulin sendiri memang paling baik diantara kayu-kayu dari daftar diatas.

Sedangnya yang paling murah adalah kayu Agathis karena memang secara kualitas kayu agathis tidak sebaik jenis kayu lainnya.

Kayu keruing sendiri merupakan jenis kayu yang paling banyak digunakan sebagai plafon kayu karena karakteristiknya sangat ideal untuk dijadikan plafon dengan harga yang tidak terlalu mahal pula.

Lidah Pengunci

Semua produk Plafon kayu lambersering memiliki pengunci di bagian sampingnya. Hal ini bertujuan untuk menambah daya ikat masing-masing lambersering. Hal ini juga bisa menambah nilai estetis pada plafon kayu tersebut.

Demikian ulasan mengenai plafon kayu ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai plafon kayu.

Posting Komentar untuk "Plafon kayu Lambersering : Harga, Plus minus dan Inspirasi pemasangnnya"

Widget HTML Atas