Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Sudah Tahu Jenis Parket Tahan Air ?. Simak Penjelasan Dan Jenisnya

Jenis parket tahan air — parket atau biasa orang menyebutnya yaitu lantai kayu, merupakan material penutup lantai yang dapat di aplikasikan untuk memperindah tampilan hunian terlihat lebih estetik.

Mungkin kebanyakan dari kita ketahui untuk jenis parket hanya dapat di pergunakan pada bagian indoor saja, sebab jika diaplikasikan pada bagian outdoor dapat merusaknya yang di akibatkan tidak memiliki daya tahan terhadap air.

Akan tetapi prihal tersebut tidak dibenarkan. Karena fakta mengejutkan bahwa terdapat jenis parket yang mampu bertahan terhadap air.

jenis parket tahan air

Apakah di antara kalian sudah mengetahui jenis parket manakah yang memiliki daya tahan terhadap air ?. Mungkin hal ini masih beberapa kalangan orang saja yang sudah mengetahuinya. 

Bagi kalian yang belum mengetahui hal tersbut, ikuti ulasan yang kami berikan ini, agar anda dapat mengetahui secara detail dalam menggunakan lantai kayu yang nantinya di pergunakan pada hunian sehingga dapat terlealisasi sesuai peruntukannya. Beriktu ulsannya.

Lantai Vinyl Motif Kayu

lantai vinyl motif kayu

Lantai vinyl motif kayu terbuat dari bahan berjenis plastik atau yang di namakan yaitu PVC ( poly vinyl chloride), merupakan jenis parket yang memiliki daya tahan terhadap air. Terdapat lapisan-lapisan pada lantai vinyl yang salah satunya memberikan permukaan lantai vinyl tidak memiliki pori-pori sedikit pun.

Apalagi lantai vinyl memiliki permukaan lantai yang diberi lapisan dengan bahan fiberglass, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan terhadap lantai vinyl, maka tak heran lantai vinyl cukup di gemari bagi sebagian orang, karena sipat yang dimilikinya.

Umumnya lantai vinyl mempunyai 2 jenis yaitu tipe tile dan tipe roll, untuk tipe tile mempunyai daya tahan yang lebih baik di bandingkan dengan tipe roll, hal tersebut di dukung secara langsung adanya beberapa brand terkemuka seperti Golden Crown, Hachiko, dan Kendo.

Itulah mengapa lantai vinyl termasuk jenis parket yang memiliki daya tahan terhadap air, dengan adanya nilai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Lantai SPC Motif Kayu

lantai spc motif kayu

Jenis parket yang kedua dengan memiliki daya tahan terhadap air yaitu tipe lantai spc motif kayu. Lantai spc motif kayu tidak jauh berbeda dengan lantai vinyl, sebab keduanya sama-sama memiliki tampilan dengan motif kayu dan bahan yang dipergunakan pun tidak jauh berbeda.

Hanya saja untuk jenis lantai SPC memiliki fisik yang kaku dan permukaan yang sedikit agak keras. Mengapa bisa demikian, sebab terdapat bahan yang mengandung kalsium campuran karbonat  ( batu kapur ) dan stabilizer yang di fungsikan untuk pelapis lantai dan tahan terhadap air.

Umumnya dalam penggunaan lantai spc yang bermotifkan kayu, untuk penerapannya bagi sebagian orang sering menempatkan pada area dapur, yang memiliki suhu ruangan yang lembab dan juga rekomendasi yang tepat ialah ruangan tersbut.

Decking Kayu Outdoor

decking kayu outdoor

Jika kita telah mengetahui dari kedua jenis parket yang memiliki daya tahan terhadap air, dengan bahan yang di pergunakan untuk keduanya hampir sama. Lalu bagaimana dengan bahan kayu yang seutuhnya atau solid ?.

Salah satu kelebihan lantai kayu yang hampir tidak di miliki dari sekian banyak jenis lantai pada umunya. Untuk lantai kayu dalam penerapannya meliputi bagian indoor dan outdoor, yang dimana untuk tipe lantai kayu outdoor yaitu decking kayu.

Decking kayu merupakan lantai kayu outdoor yang memiliki ukuran yang lebih tebal di bandingkan lantai kayu indoor. Tujuan dalam pembuatan lantai kayu outdoor dengan ukurannya yang tebal, agar dalam pengaplikasiannya dapat menyesuaikan tempat.

Setiap produk lantai kayu outdoor, tentunya memiliki daya tahan terhadap air dan bahkan tahan terhadap perubahan cuaca buruk, sebab itu semua didukung secara langsung dari beberapa jenis kayu yang dipergunakan seperti kayu ulin, kayu merbau, kayu bengkirai, dan lain sebagainya.


Menariknya lagi, lantai kayu outdoor dalam proses pemasangannya hanya membutuhkan sebuah scrup untuk menempelkan setiap potongan decking agar lebih kuat dan memang di fungsikan agar mempunyai daya tahan terhadap air.

Jadi bagaimana pendapat kalian mengenai decking kayu, yang memang notabenya tahan terhadap air. Sehingga jika anda ingin menggunakan lantai kayu yang nantinya akan aplikasikan pada area outdoor, pilihlah produk decking kayu, yang sesuai dengan peruntukannya.

Lalu kenapa lantai kayu indoor sensitif terhadap air ?....

Berbicara lantai kayu indoor yang sensitif terhadap air, sebenarnya dibalik itu semua terjadi karena adanya beberapa hal. Nah untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan dibawah ini.

Alasan kenapa lantai kayu parket indoor sensitif air

alasan lantai kayu indoor sensitif air

Berbicara produk lantai kayu perket indoor, mengapa sensitif terhadap air ?. Lalu Kenapa bisa, kan menggunakan kayu berkualitas tinggi.

Mungkin terdapat sebuah opini bagi sebagian orang karena jenis kayu yang khusus dipergunakan pada bagian indoor tidak memiliki daya tahan terhadap air. Namun sebenarnya hal tersebut adalah bagian kecil dalam permasalah lantai kayu indoor sensitif terhadap air.

Hal yang sebenarnya terjadi di lapangan, bahwa lantai kayu indoor dalam proses pemasangannya menggunakan lem perekat. Yang dimana jika terus menerus terkena air, maka lem yang menempel pada bagian bawah permukaan lantai kayu lambat laun dapat mengelupas.

Berbeda dengan lantai kayu outdoor dalam proses pemasangannya sama sekali tidak menggunakan lem sedikit pun, melainkan menggunakan scrup sehingga nantinya jika terkena air terus menerus tidak berpengaruh sedikit pun.

Jadi, ternyata dikarenakan lem-nya yang tidak mampu menahan air terus menerus yang mengakibatkan lantai kayu indoor dapat mengelupas dengan seiringnya waktu. Itulah fakta yang sebeneranya terjadi, sehingga dengan begitu jika anda ingin menggunakan lantai kayu, pilihlah yang sesuai dengan peruntukannya.

Namun bagi anda yang tidak mengetahui jenis lantai mana yang cocok untuk di pergunakan pada hunian, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu atau pun ingin memesannya secara langsung. Cara-nya, anda dapat menghubungi call center kami dengan nomor : 0812-1001-419

Posting Komentar untuk "Sudah Tahu Jenis Parket Tahan Air ?. Simak Penjelasan Dan Jenisnya"