Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Bengkirai vs Ulin. Mana yang lebih Unggul ?

  Lantai Kayu Indonesia dalam kesempatan kali ini akan membahas sebuah jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi dan sudah cukup di kenal luas. Apalagi jenis kayu ini sama-sama memiliki daya tahan berkualitas tinggi.

Lalu jenis kayu apakah itu ?. Yaitu jenis kayu bengkira dan kayu ulin. Terdengar tidak asing bukan di dalam telingan anda, ya itu sudah sepantasnya. Sebab kayu bengkirai dan kayu ulin sering di pergunakan berbagai macam kebutuhan.

Jika kayu bengkirai dan kayu ulin merupakan jenis kayu berkualitas tinggi, tentunya juga memiliki nilai unggulnya bukan ? dan dari kedua jenis kayu tersebut manakah yang lebih unggul ?.

Perbandingan kayu bengkirai dan kayu ulin

Oke, untuk menjawab pertayaan tersebut, agar anda pun tidak penasaran lagi, ikuti terus penjelasan yang kami berikan kepada anda. Agar informasi ini dapat membantu anda dalam wawasan memilih kayu yang tepat sesuai dengan peruntukannya, berikut ulasannya.

Mengenal Karakteristik Kayu Bengkirai

mengenal karakteristik kayu bengkirai

Kayu bengkirai merupakan salah satu jenis kayu keras yang tidak diragukan lagi mengenai keberadaan akan tingkat kekerasannya. Bukan tanpa sebab, kayu bengkirai banyak di pergunakan berbagai macam kebutuhan.

Disamping itu kayu bengkirai terdapat sebuah sebutan yakni yellow balau, yang diamana pada tampilan kayu bengkirai memiliki ciri khas yang terkesan cerah dan mewah.

Pertumbuhan Pohon Bengkirai

Kayu bengkirai atau yellow balau dengan memiliki nama latinya yaitu Shorea leavis. Kayu bengkirai dapat di temukan pada hutan-hutan yang mamiliki iklim tropis. Untuk pohonya sendiri dapat tumbuh dengan baik jika berada di ketinggian minimal 600 mdpl. Pada batang kayu bengkirai memilik ukuran hingga 50 meter dengan berdiameter 100 cm.

Tak heran kayu bengkirai termasuk jenis kayu keras berkualitas tinggi, jika di lihat dari ukuran tinggi pohon serta diameternya saja sudah dapat dipastikan kategori penghasil kayu keras. Terlebih adanya informasi dengan tingkat kekerasan kelas I,II dan kewetannya kelas II, dengan demikian kayu bengkirai tidak di ragunakna lagi bukan.

Warna Dan Motif Kayu Bengkirai

Mengapa kayu bengkirai berkesan mewah ?. ya tepat sekali, itu semua dapat kita lihatnya pada warna coklat kekuningan dengan tampilan cerah, dan juga untuk gubalnya terlihat lebih muda.

Disisi lainnya, jika kita melihat pada bagian tekstur kayu bengkirai, sepertinya cukup beragam, mulai dari tekstur yang sedikit kasar sampai tekstur yang halus.

Dengan demikian, tidak diheran kan lagi, kayu bengkirai sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Yang di manfaatkan berbagai macam tujuan, serti pada penjelasan di bawah ini.

Contoh Hasil Pemanfaatan Kayu Bengkirai

Dengan kriteria kayu bengkirai termasuk kategori kayu keras dan juga memiliki tampilan kayu yang indah. Dengan begitu kayu bengkirai kerap di manfaatkan berbagai macam kebutuhan, yang bertujuan dan salah satunya untuk meningkatkan di bidang ekonomi, salah satu contohnya seperti :

#Digunakan Untuk Bantalan Rell Kereta Api, dengan sipat kuat dan kokoh, apalagi terdapat sebuah informasi yang mengatakan bahwa kayu bengkirai memang cocok dipergunakan sebagai bantalan rell kereta, yang dapat menyesuaikan tempat.

#Digunakan Sebagai Bahan Baku Furniture, tidak hanya kebutuhan kontruksi saja, melainkan juga kayu bengkirai kerap di manfaat dan di olah untuk keperluan furniture, contohnya meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Apalagi hasil dari kayu bengkirai memilii sipat yang indah,

#Digunakan Sebagai Lantai Kayu Outdoor, disisi lain kayu bengkirai dapat dipergunakan sebagai penutup lantai yang di aplkasikan pada area outdoor, atau di sebut juga decking kayu. Sipat yang mewah dan kokoh. Untuk sebagian orang menggunakan bahan material ini sebagai penambah hiasan interior di suatu bangunan.


Bagaimana dengan kayu ulin, apakah serupa dengan kayu bengkirai ?. Oke untuk lebih jelasanya lagi, yuk kita ikuti terus ulasan ini hingga selsai, agar anda tidak ektinggalan seiap informasinya, simak ulasannya.

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin

mengenal karakteristik kayu ulin

Kayu ulin atau sebutan lainnya yaitu si kayu besi. Jika kita menggambarkan sebuah besi, tentunya dipat kuat dan kokoh ya. Itulah yang dimiliki oleh kayu ulin dan di sebut juga si kayu besi.

Dari namanya saja sudah terlihat, kayu ulin pastinya memiliki kualitas yang tinggi yang dengan berbagai macam pemanfaat yang dihasilkan, Ingin mengetahui lebih lanjut ?. ikuti terus penjelasan mengenai kayu ulin atau si kayu besi ini, berikut penjelasannya.

Pertumbuhan Pohon Ulin

Untuk pohon ulin, biasanya dapat tumbuh dengan baik apabila, pohon ulin tumbuh di ketinggian 400 mdpl dengan dan tumbuh di hutan-hutan tropika basah. Biasannya untuk pohon ulin dapat ditemukan dengan mudah pada daerah Kalimantan.

Kalimantan adalah asal habitat dari pohon ulin, apalagi untuk kayu-nya sudah di kenal luas dan populer yang terkenal dengan si kayu ulin asal Kalimantan.

Memiliki tinggi pohon sekitar 50 meter dan berdiameter 120 cm, tidak heran pulan kayu ulin pun memiliki daya tahan yang sangat baik, dapat kita lihat dari tingkat kekerasan dan awet kelas I. Ini merupakan tingkat tertinggi di antara jenis-jenis kayu keras.

Warna Dan Motif Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki warna coklat hingga coklat gelap, seratnya pun terbilang menyebar hampir merata. Tak di herankan pula kayu ulin sangat cocok dipergunakan berbagai macam kebutuhan.

Satu hal lagi yang mungkin membuat anda tercengan ialah, jika kayu ulin sering terkena air terus menerus maka kayu ulin akan semakin keras dan juga warna pada kayu ulin akan semakin gelap. Hal inilah mengapa kayu ulin sudah di akui sebagai kayu keras terbaik.

Contoh Hasil Pemanfaatan Kayu Ulin

#Digunakan Untuk Bahan Baku Kontruksi Berat, kayu ulin dapat dipergunakan berbagai macam kebutuhan yang mencakup kontruksi, salah satunya di pergunakan sebagai tiang jembatan, bantalan rell, dan pondasi rumah.

#Digunakan Untuk Bahan Baku Funiture, karena sipat kayu ulin sangat keras, tak heran bagi para pengrajin kayu memanfaatkan kayu ulin yang di olah untuk meja, kursi, lemari, dan ukiran patung. hasil olahannya pun terbilang sangat awet saat dipergunakan.

#Digunakan Sebagai Lantai Kayu Outdoor, tidak sampai di situ saja kayu bengkirai kerap dipergunakan sebagai lantai kayu outdoor, yang di mana dalam penerapannya memiliki durabilita cukup baik, bahkan dalam penggunaannya pun dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya.


Jika kita telah mengetahui dari kedua jenis kayu tersbut, keduanya sama-sama memiliki kualitas yang baik, bahkan hasil dari pemanfaatannya pun mengasilkan produk yang berkualitas baik.

Lalu Mana Yang Lebih Unggul ?...

kayu bengkirai dan kayu ulin. mana yang lebih unggul ?

Spesifikasi Kayu Bengkirai Kayu Ulin
Daya Tahan  Kelas I,II  Kelas I
Keawetan Kelas II Kelas I
Tampilan Mewah Estetik

* Kesimpulannya :

Jika kita urai karakteristik kedua jenis kayu tersebut, kayu ulin memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan kayu bengkirai, baik dari segi keawetan, kekuatan, dan juga tingkat kekerasan.

Namun, karena kelangkaan dan keterbatasan dari kayu Ulin membuat harganya menjadi tinggi. Maka, kayu bengkirai hadir untuk menjadi alternatif pengganti dari kayu Ulin karena dari segi tampilan, kedua kayu ini memang bisa di katakan mirip-mirip.

Ditambah dengan warna yang lebih mewah bisa menjadi nilai tambahan tersendiri dalam memilih kayu bengkirai. Apalagi bila penggunaannya di dalam ruangan, penggunaan kayu bengkirai lebih di rekomendasi.

Posting Komentar untuk "Bengkirai vs Ulin. Mana yang lebih Unggul ?"