Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Inilah Deskripsi Perbandingan Kayu Merbau Dan Kayu Ulin

Perbandingan kayu merbau dan kayu ulin — Indonesia dengan memiliki kekayaan hasil kayu yang cukup melimpah, sehingga tidak lepas dari penggunaan kayu sebagai nilai ekonomi yang tinggi sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan jenis-jenis kayu berkualitas baik.

Diantara sekian banyak jenis kayu berkualitas yang ada di Indonesia, salah satu di antaranya seperti kayu merbau dan kayu ulin.

Kayu merbau dan kayu ulin, sudah di kenal luas karena sipat ke populeran kayu tersebut cukup unik. Sehingga berbagai kebutuhan yang menyangkut soal kayu, uuntuk kayu merbau dan kayu ulin kerap di pergunakan.

Perbandingan kayu Merbau dan kayu Ulin

Akan tetapi apakah anda sudah mengtahui, perbandingan antara kayu merbau dan kayu ulin ?. yang sudah kita ketahui dari kedua kayu tersebut cukup unik, namun ternyata dengan kualitas yang baik, terdapat rahasia di balik itu semua. 

Penasaran ?, yuk ikuti kita ikuti ulasan ini, agar dapat membantu anda dalam mengenal lebih jauh mengani kayu yang ada di Indonesia, berikut ulasannya.

Mengenal Sipat Kayu Merbau 

mengenal sipat kayu merbau

Kayu ipil atau yang juga dikenal dengan nama kayu merbau merupakan salah satu jenis kayu di Indonesia yang berkualitas tinggi. Di kawasan Maluku dan juga Papua Barat kayu ini sering disebut dengan nama kayu besi. Kayu merbau atau ipil memiliki beberapa nama lain yang cukup banyak, seperti ironwood, moluccan, mirabow serta malacca teak. Kualitasnya yang sangat bagus membuat kayu ini sering diekspor ke luar negeri.

Kayu merbau merupakan jenis yang termasuk kategori penghasil kayu keras berkulaitas tinggi dan unik. Memiliki warna kayu coklat kemerahan dan gubal memiliki warna kuning pucat sampai kuning muda. Itulah mengapa kayu merbau di katakan jenis kayu unik, dengan adanya tampilan yang menarik perhatian.

Pertumbuhan Pohon Merbau

Di Indonesia, kayu merbau dapat ditemukan di daerah, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Papua. Kayu merbau merupakan pohon yang cocok tumbuh di hutan tropis basah pada zona vegetasi dataran rendah yang memiliki tanah berpasir dan berbatu pada area dekat pantai atau hutan payau.

Untuk pohon merbau memiliki ukuran sedang hingga besar mencapai 50 meter, panjang batang bebas kurang lebih 20 meter dan gemang 160 cm hingga 250 cm.

Untuk warna pada kayu merbau sangat bervariasi dari kelabu-coklat dan kuning-coklat sampai coklat merah cerah atau hampir hitam. Kayu gubal berwarna kuning pucat sampai kuning muda.

Durabilitas Yang Dimiliki Kayu Merbau

Kayu merbau adalah kayu yang termasuk ke dalam golongan kayu keras dengan BJ 0,63-1,04 pada kadar air 15% dan tingkat kekerasa kelas I serta tingkat keawetan kelas II. Tingkat durabilitas kayu merbau cukup tinggi, karena tahan terhadap jamur, pelapuk, dan rayap. Tingkat penyusutan kayu merbau juga rendah  sehingga tidak mudah cacat bila dilakukan pengeringan.

Di samping itu juga jika dilihat tingkat susut dan daya retak. Kayu merbau memiliki tingkat penyusutan yang rendah dan daya retak yang juga rendah. Jika dilakukan pengeringan maka kayu merbau memiliki tingkat kerusakan yang rendah.

Hasil Olahan Dari Kayu Merbau

hasil olahan kayu merbau

Menurut departemen perhutanan, kayu merbau termasuk jenis kayu yang cocok untuk di tanam karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan juga tampilannya bisa di katakan cukup unik.

Maka dari itu kayu merbau tidak di lewatkan bagi para pengrajin kayu untuk di pergunakan berbagai macam kebutuhan, seperti :

— Digunakan Sebagai Bahan Baku Kontruksi, balok-balok konstruksi, bantalan rel kereta api, tiang dan bantalan rumah serta jembatan seringkali menggunakan kayu merbau. Bukan tanpa sebab, karena kayu ini memiliki kewaetan, kekuatan dan tampilan yang sangat baik.

— Digunakan Bahan Pembuatan Furniture, sipat warna dan motif yang indah, membuat kayu merbau di olah untuk di jadikan bahan pembuatan furniture, salah satu contohnya seperti meja, kursi,lemari, dan lain sebagainya.

— Di Oleh Sebagai Lantai Kayu, Tidak hanya dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi dan pembautan funiture, kayu merbau di olah dan di gunakan sebagai penutup lantai atau lantai kayu.

Hasil dari lantai kayu merbau, cukup populer bahkan material lantai kayu menjadi salah satu tren saat ini sebagai penambah nilai keindahan di salah satu sudur bangunan.

Informasi Lebih Lanjut Tentang Lantai Kayu Merbau : Ulas Lantai Kayu Merbau Untuk Hunian Tampil Elegan Dan Mewah

Menganal Sipat Kayu Ulin

mengenal sipat kayu ulin

Salah satu kayu yang terkenal dan populer asal Kalimantan serta di tambah dengan adanya tingkat daya tahan tinggi, tidak jarang bagi sebagian orang menggunakannnya. Kayu ulin dengan nama lainnya yaitu kayu besi merupakan salah satu jenis kayu keras yang cukup primadona.

Pasalnya kayu ulin memang telah di uji bagi para ahli, bahwa jenis kayu ini termasuk kategori kayu keras yang berkualitas tinggi bahkan yang paling baik di antara yang lainnya. Ciri khas pada kayu ulin memiliki warna coklat hingga coklat gelap.

Pertumbuhan Pohon Ulin

Pohon ulin dapat tumbuh hingga mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 cm. Selain itu, pohon ini banyak ditemukan di dataran rendah.

Pohon ini agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Sementara, di bagian bawah pohon, terdapat bagian yang berlubang. Jenis kayu dari pohon ulin tidak mudah lapuk, baik di air maupun daratan. Itulah sebabnya, kayu ini banyak dipakai sebagai bahan bangunan khususnya untuk rumah yang didirikan di atas tanah berawa.

Sementara itu, proses pemuliaan alami di hutan bekas tebangan umumnya kurang berjalan dengan baik. Perkecambahan biji ulin membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan dengan persentase keberhasilan relatif rendah. 

Apalagi, produksi buah tiap pohon umumnya juga sedikit. Biji ulin lebih suka ditiriskan baik tanah, tanah liat berpasir ke tanah liat, kadang-kadang batu kapur. Hal ini umumnya ditemukan di sepanjang sungai dan bukit-bukit yang berdekatan. Hal ini membutuhkan rata-rata curah hujan tahunan 2500-4000 mm.

Durabilitas Yang Dimiliki Kayu Ulin

Daya tahan yang dimiliki kayu ulin sangat kuat dan awet, dengan kelas kuat I dan kelas awet I, selain itu juga kayu ulin memiliki berat jenis 1,04. Apalagi kayu ulin tahan akan serangan rayap dan serangga penggerek batang, tahan akan perubahan kelembaban dan suhu serta tahan pula terhadap air laut.

Mengapa kayu ulin unik ?. Sipat kayu ulin jika sering terkena air maka lambat laun akan semakin keras. Nah hal ini lah kayu ulin memiliki keunikan tersendiri yang dimilikinya.

Karena ketahanannya tersebut maka wajar jika dikatakan kayu ulin, kayu sepanjang masa dan kayu primadona. Kayu ini sangat sukar dipaku dan digergaji tetapi mudah dibelah.

Hasil Olahan Kayu Ulin

hasil olahan kayu ulin

Dengan adanya beberapa nilai unggulan yang dimiliki oleh kayu ulin, tak heran bagi para pengrajin kayu pun di melewatkan hasil dari kayu ulin untuk di manfaatkan berbagai macam kebutuhan, yang salah satu contohnya, seperti :

— Digunakan Sebagai Bahan Baku Kontruksi, kayu ulin memang dikenal dengan sipat yang kokoh, sehingga kayu ulin sering dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi, yang salah satu di antaranya yaitu, untuk pondasi jemabatan, pondasi kontruksi bangunan, dan lain sebagainya.

— Digunakan Untuk Bahan Pembuatan Furniture, sipat kokoh tidak lepas dari yang namanya kayu ulin. Dengan seiringnya waktu permintaan akan kebutuhan furniture yang menginginkan pemakaian yang lama, sehingga kayu ulin di pergunakan untuk bahan pembuatan kursi, meja, lemari, ukiran patung, dan lain sebagainya.

— Di Olah Sebagai Lantai Kayu, memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan dari rayap, kayu ulin pun di olah dan dijadikan lantai kayu. Bahkan untuk produk lantai kayu ulin dapat dipergunakan pada area outdoor, dengan menggunakan tipe decking kayu ulin.

Informasi Lebih Lanjut Tentang Lantai Kayu Ulin : Ulas Decking Kayu Ulin Sebagai Lantai Kayu Outdoor Terbaik

Itulah penjelasan mengenai perbandingan kayu merbau dan kayu ulin. Bagaimana pendapat anda, sungguh menarik bukan setelah mengetahui dari perbanding kedua kayu tersebut ?. Keduanya memang memiliki sipat yang kokoh dan juga unik. Sehingga bagi sebagian orang sering menggunakan kedua jenis kayu tersebut, untuk di pergunakan berbagai macam kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Inilah Deskripsi Perbandingan Kayu Merbau Dan Kayu Ulin"