Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengintip Tingkat Keindahan dan Keunikan Kayu Ebony

 

keindahan kayu ebony

Kayu ebony – Berbicara soal bidang konstruksi pastinya tidak akan bisa lepas dari peranan material kayu. Tak hanya diandalkan dalam bidang konstruksi, bahkan material yang satu ini juga selalu menjadi andalan dalam bidang property maupun kerajinan.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika material kayu begitu mudah untuk kita jumpai dipasaran. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara sebagai penghasil kayu terbanyak dan terbesar di dunia lho.

Kayu ebony pun menjadi yang paling populer diantara jenis kayu lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu ebony memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar kayu ebony, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Penyebaran Pohon Ebony 

penyebaran pohon ebony

Pohon ebony memang tumbuh subur di kawasan hutan tropis yang banyak dijumpai di daerah Sulawesi. Akan tetapi, status pohon ebony hingga sampai saat ini bisa dibilang hampir punah. Mengapa demikian..??

Pasalnya, permintaan kayu ebony di pasaran terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahunnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu yang berasal dari pohon ebony ini memang memiliki kualitas dan keindahan tersendiri.

Artikel Menarik Lainnya :Berkenalan Dengan Kayu Rasamala Khas Jawa Barat

Pohon ebony memiliki nama latin “Diospyros celebria”, yang mana pertumbuhan rata-ratanya berusia kurang dari 50 tahun. Dibandingkan dengan jenis pohon kayu lainnya, sekilas memang tidak ada hal yang terlalu menonjol dari pohon ebony.

Namun jika diperhatikan lebih detail lagi, barulah keistimewaan dari pohon ebony akan terlihat. Adapun mengenai karakteristik dari pohon ebony seperti berikut :

  • Pohon ebony tumbuh tinggi tegak lurus keatas dengan dimater batangnya yang mencapai 40 cm, sedangkan kulitnya memiliki tekstur beralur, mengelupas kecil-kecil dan berwarna coklat kehitaman.
  • Bagian pepagan atau lapisan luarnya tampil dengan warna coklat muda, sementara bagian dalamnya berwarna putih kekuningan.
  • Saat diamati lebih teliti lagi, maka batang kayunya tampak terlihat memiliki corak dengan dominasi warna hitam dan kuning. Bukan hanya itu, pohon ebony juga memiliki akar papan yang berukuran besar.
  • Daun pohon ebony termasuk daun yang cukup unik karena bentuknya yang tunggal serta letaknya yang selang-seling.
  • Bagian ujungnya juga tampak meruncing tajam dengan warna daunnya yang hijau tua. Ketika disentuh, maka daunnya akan terasa sedikit berbulu halus.
  • Pohon ebony menghasilkan bunga yang tumbuh di area ketiak daunnya. Daun ebony umumnya memiliki warna merah, kuning, dan coklat tua.
  • Sedangkan buahnya berbentuk oval dengan warna keputihan, serta bijinya tampak terlihat seperti baji dengan bentuk memanjang berwarna kehitaman.

Baca Juga : Keunikan Kayu Albasia yang Jarang Diketahui

Ciri Khas Kayu Ebony

ciri khas kayu ebony

Pada umumnya, kayu ebony tampil dengan warna coklat gelap kehitaman yang membuatnya tampak lebih eksotis dan unik. Jika dipoles hingga halus, maka tampilan kayu khas Sulawesi ini akan jauh lebih mewah lho.

Bukan hanya itu, kayu ebony juga memiliki tingkat kepadatan yang cukup baik sehingga ia akan tenggelam saat diapungkan di atas air. Selain unggul dari segi tampilan, kayu ebony pun memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi.

Hal itu terbukti, yang mana kayu ebony tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Namun, biasanya kayu ebony akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat dipotong.

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony

1. Berbagai Pemanfaatan Kayu Ebony

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony - pemanfaatan kayu ebony

Menurut kabar yang beredar, kayu ebony pertama kali ditemukan dan digunakan untuk membuat papan ukiran pada pemakanan Mesir Kuno. Memasuki abad ke-16, barulah kayu ebony mulai digunakan untuk membuat berbagai furniture seperti lemari, rak, meja, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, bahkan kayu ebony juga kerap dimanfaatkan pada bidang musik untuk dijadikan tuts piano. Seiring dengan berjalannya waktu, kayu ebony kerap diandalkan dalam bidang konstruksi karena kualitasnya yang memang lebih baik dibanding jenis kayu lain.

Dengan menggunakan interior dan eksterior berbahan kayu ebony, tentu saja dapat mempertegas nuansa mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa kayu ebony dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

2. Berapakah Harga Kayu Ebony..???

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony - harga kayu ebony yang fantastis

Banyak sekali masyrakat yang penasaran dengan harga jual kayu ebony dipasaran. Menurut informasi yang didapat, kayu pohon ebony ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 jutaan per meter kubik di pasar internasional.

Sedangkan di pasar Indonesia, kayu ebony dengan kualitas tinggi akan dibanderol Rp 6 – 10 jutaan per meter kubiknya. Mengingat harga jualnya yang cukup fantastis, mak tak heran juga jika kayu ebony memiliki nilai ekonomis yang begitu menjanjikan dalam industry perkayuan.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Parket Terbaru 2021

3. Keunggulan Kayu Ebony

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony - keunggulan kayu ebony

Apabila dinilai dari tingkat keawetannya, kayu ebony ini mempunyai daya tahan yang sangat bagus. Hal itu pun terbukti, yang mana klasifikasi pada kayu ebony termasuk kedalam tingkat kelas I.

Tak hanya unggul dari tingkat keawetan, kayu ebony juga sudah terbukti unggul dari tingkat kekuatannya. Itu sebabnya, mengapa kayu ebony sering digunakan untuk berbagai kebutuhan furniture yang memiliki nillai estetika dan harga tinggi.

4. Keberadaan Kayu Ebony Semakin Terancam

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony - kayu ebony semakin langka

Walaupun status pohon ebony ini sudah termasuk kategori langka, namun pada kenyataannya ia masih tetap diburu. Dengan demikian, maka tak heran jika produksi kayu ebony semakin menurun karena keberadaannya yang memang sangat sulit ditemui.

Seperti halnya keberadaan jenis kayu ulin yang juga sudah langka, sehingga harga jual kayu ebony cenderung mahal. Untuk menjaga populasinya, pemerintah Indonesia secara gencar melakukan pembudidayaan pohon kayu ebony yang dieksploitasi untuk komersil.

Adapun mengenai program replanting guna memperbanyak populasi pohon ebony yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu di Sulawesi.

Contohnya pada tahun 2015, yang tercatat sudah tertanam seanyak 50 ribu pokok ebony di daerah Donggala Sulawesi Tengah, dan 7 ribu hektar di daerah Palu, Sulawesi Tengah.

5. Program Pembudidayaan Pohon Ebony

5 Fakta Menarik Dari Kayu Ebony - program budidaya pohon ebony

Terdapat beberapa tahap yang dilakukan dalam membudidayakan pohon ebony seperti di bawah ini :

Tahap Pengumpulan Buah Ebony

Buah ebony yang berjatuan ke tanah nantinya akan dikumpulkan. Namun, cara yang satu ini memiliki dampat positif dan dampak negatif. Pada sisi positifnya, yakni buah yang telah jatuh merupakan buah matang.

Sedangkan pada sisi negatifnya, buah ebony yang berjathan kemungkinan bisa terkena serangan hama dan penyakit.

Tahap Ekstrasi dan Pematahan Dormansi

Ekstrasi biji ebony dari buahnya bisa dilakukan dengan mudah. Biji yang sudah dicuci dan dibersihkan, nantinya akan dilakukan pematahan dormasi dengan cara direndam dalam air selama 1 hingga 2 hari.

Setelah itu, maka bagian ujung bijinya akan muncul akar yang akan berkembang. Proses perendaman ini cukup efektif untuk mempercepat biji ebony berkecambah ketimbang dengan cara disemai secara langsung.

Tahap Penyemaian

Tahap yang berikutnya ini akan dilakukan setelah biji berkecambah dan dibumbuhi oleh dua pasang daun, sehingga nantinya akan dipindahkan pada lahan dengan campuran kompos. Biasanya proses tersebut akan memakan waktu hingga 1 bulan.

Nah, seperti itulah beberapa tahapan yang dilakukan dalam membudidayakan pohon ebony.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Mengintip Tingkat Keindahan dan Keunikan Kayu Ebony"