Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis-jenis Bahan Pelapis Kayu yang Menarik Untuk Dibahas

 

Jenis bahan pelapis kayu

Jenis bahan pelapis kayu – Pada umumnya setiap material konstruksi membutuhkan perawatan tertentu guna menjaga kualitas dan tingkat ketahanannya. Begitu pula dengan material kayu yang tak luput dari proses perawatan secara berkala.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu kerap dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti terjadi penyusutan, pemuaian, pelapukan, hingga pengeroposan akibat serangan hama kayu. Oleh karenanya, dibutuhkan bahan pelapis kayu agar terhindar dari masalah-masalah tersebut.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis bahan pelapis kayu. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan berikut ini.

6 Jenis Bahan Pelapis Kayu Terpopuler

1. Minyak Kayu

Jenis bahan pelapis kayu pertama yang akan dibahas, yakni berupa Minyak Kayu. Biasanya bahan pelapis yang satu ini sering digunakan untuk memperkuat daya tahan material kayu. Melalui penggunaan Minyak Kayu tersebut, tentu saja furniture yang berbahan kayu menjadi lebih awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Minyak Kayu

Keunggulan dari Minyak Kayu dibanding jenis pelapis lainnya, yaitu memiliki kemampuan yang mudah meresap ke dalam pori-pori kayu. Alhasil, lapisan kayunya dapat terbentuk dengan sempurna dan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Berbagai Metode Finishing Kayu yang Harus Diketahui

2. Nitro Cellulose

Pada dasarnya, jenis bahan pelapis yang satu ini memang belum terlalu familiar di Indonesia. Perlu kamu ketahui, Nitro Cellulose ini memiliki banyak campuran bahan kimia yang kerap digunakan untuk membuat tampilan kayu menjadi lebih mengkilap.

Nitro Cellulose

Bukan hanya itu, penggunaan Nitro Cellulose juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada bagian permukaan kayu. Mengingat komposisinya terdiri dari berbagai campuran zat kimia, tentu saja anda harus berhati-hati saat akan menggunakan Nitro Cellulose.

Bahkan, Nitro Cellulose ini memiliki aroma kimia yang sangat menyengat sehingga dapat membahayakan bagi saluran pernafasan. Maka dari itu, anda harus menggunakan masker dan kacamata saat mengaplikasikan Nitro Cellulose untuk melapisi material kayu.

3. Varnish (Vernis)

Varnish (Vernis)

Varnish alias vernis merupakan sebuah bahan yang dapat menghasilkan warna transparan yang keras, serta bisa memberikan lapisan pelindung terhadap material kayu. Disamping itu, vernis kayu juga mempunyai perbedan yang cukup menonjol dengan stain dalam hal tampilan.

Soalnya, stain mampu memberikan warna transparan dan warna yang menyerupai kayu. Dari segi materialnya, vernis kayu ini terbuat dari campuran bahan resin, drying oil, thinner, dan solvent.

4. Polyurethane (PU)

Polyurethane

Selain pernis, Polyurethane juga merupakan salah satu bahan pelapis paling populer digunakan untuk material kayudalam bidang perkayuan. Hal itu bukan tanpa sebab, karena Polyurethane dapat digunakan pada hampir semua jenis kayu yang berbeda secara mudah lho.

Polyurethane itu sendiri sering disebut dengan istilah PU, dimana ia kerap digunakan untuk melapisi semua material yang berbahan kayu. Pada umumnya, Polyurethane ini akan diaplikasikan untuk furniture kayu outdoor agar tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

5. Melamin (Melamic)

Melamin (Melamic)

Masih banyak yang beranggapan bahwa Melamin ini adalah sebuah piring. Padahal, Melamin ini adalah salah satu bahan pelapis untuk melapisi semua furniture ataupun mebel yang berbahan kayu. Fungsi utama dari Melamin ini dapat meningkatkan daya tahan terhadap material kayu itu sendiri.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Melamin menyediakan berbagai opsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Menurut kabar yang beredar, salah satu jenis Melamin yang paling banyak diminati itu adalah warna doof. Pasalnya, warna tersebut memiliki kemampuan yang tidak memantulkan cahaya.

6. Wax

Jenis bahan pelapis kayu terpopuler berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Wax. Lantas, apa yang dimaksud dengan wax?

Wax

Istilah Wax ini sering juga disebut dengan lilin, dimana ia merupakan salah satu bahan pelapis yang memiliki tekstur berbeda dengan lilin pada umumnya. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan dalam mengaplikasikan Wax untuk material kayu.

Meski demikian, terdapat satu kekurangan dari Wax yang harus kamu ketahui. Ya, kekurangan Wax adalah daya tahannya yang tidak terlalu baik, sehingga harus diberi lapisan lagi dalam kurun beberapa waktu tertentu.

Nah, seperti itulah beberapa jenis bahan pelapis yang bisa kamu gunakan untuk memperindah dan memperkuat material kayu.

 

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Bahan Pelapis Kayu yang Menarik Untuk Dibahas"