Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ide Desain Kamar Tidur Bergaya Mezzanine Minimalis

 

Desain kamar tidur mezzanine

Desain kamar tidur mezzanine – Guna meningkatkan rasa nyaman didalam kamar tidur, tentu saja dibutuhkan kreatifitas saat menata dekorasi interiornya.

Oleh karena itu, ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat hendak menata dekorasi interior kamar tidur. Ya, termasuk dalam menentukan jenis desainnya.

Mezzanine pun menjadi salah satu desain kamar tidur yang saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat. Lantas, apa yang dimaksud dengan mezzanine?

Mengenal Desain Mezzanine

Pada dasarnya, mezzanine merupakan konsep arsitektur yang memang kerap diaplikasikan pada perumahan modern. Itu sebabnya, mezzanine menjadi pilihan yang paling tepat untuk menambah ruang tanpa harus menambah jumlah bangunan.

Sehingga tak heran jika desain mezzanine selalu diterapkan pada hunian-hunian tipe minimalis. Konsep mezzanine sangat identik dengan sebuah ruangan yang terdiri dari dua lantai. Sebagai contohnya, kamar tidur berlantai dua dengan ukuran yang lebih kecil seperti balkon.

Jadi, area tersebutlah yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat tidur, ruang kerja, bersantai, dan kegiatan lainnya.

5 Ide Desain kamar Tidur Mezzanine Terbaik

1. Desain Kamar Mezzanine Dengan Nuansa Ceria

Desain Kamar Mezzanine Dengan Nuansa Ceria
foto@Pinhome

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak berusia 8-9 tahun, maka desain kamar mezzanine yang satu ini. Wajib dicoba. Berkat keberadaan loteng di dalam ruangannya, tentu saja si kecil bisa bermain secara leluasa.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Mewah? Ikuti Tips Ini

2. Desain Kamar Mezzanine Dengan Nuansa Alami

Desain Kamar Mezzanine Dengan Nuansa Alami
foto@IDN Times

Agar tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruang kamar, sebaiknya area tangga dibuat lebih ramping. Guna menghadirkan kesan natural, kamu dapat meletakkan beragam jenis tanaman hias indoor. 

Dikarenakan konsepnya adalah kamar mezzanine minimalis, tentu saja kamu harus memilih tanaman hias yang berukuran kecil. Atau, kamu juga dapat melukis dindingnya dengan gambar tumbuh-tumbuhan. 

3. Desain Kamar Mezzanine Dengan Material Kayu

Desain Kamar Mezzanine Dengan Material Kayu

Desain kamar mezzanine yang berikutnya ini memanfaatkan bagian loteng sebagai tempat tidur. Dengan begitu, tentu saja kamu pun dapat menjadikan area di lantai bawahnya sebagai tempat bekerja atau ruang belajar.

Tak hanya itu, terdapat juga penggunaan rangka berbahan kayu ekspos di area loteng, meja komputer, dan lemari buku. Namun, kamu harus perhatikan material lantai yang akan digunakan pada kamar tidur.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena setiap jenis material lantai memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, pilihlah jenis material lantai yang sesuai dengan konsep kamar tidurnya.

4. Desain Kamar Mezzanine Bergaya Minimalis

Desain Kamar Mezzanine Bergaya Minimalis
foto@Kompas.com

Sebagaimana yang diketahui bahwa hunian tipe minimalis itu selalu tampil dengan warna netral seperti putih dan abu-abu. Pasalnya, warna putih dan abu-abu bisa menciptakan kesan yang lebih simple sehingga sangat ideal diaplikasikan pada rumah minimalis.

Menariknya lagi, desain kamarnya pun tidak berbeda jauh dengan desain yang sebelumnya, yaitu memanfaatkan area loteng sebagai tempat tidur. Ada juga tangga sebagai akses untuk menuju loteng yang dibuat tersembunyi pada lemari sehingga tidak memakan banyak kapasitas ruangan kamar.

5. Desain Kamar Mezzanine Bergaya kasual

Desain Kamar Mezzanine Bergaya kasual

Untuk menciptakan nuansa kasual pada desain kamar tidur mezzanine, kamu dapat menyatukan warna abu-abu dan putih untuk area dinding.

Tak hanya itu, sebaiknya mezzanine dibuat lebih dekat ke lantai agar tidak membutuhkan tangga untuk mencapai ke atas loteng. Pada area bawah loteng, kamu dapat menyimpan lemari atau rak sebagai tempat penyimpanan dekorasi atau barang-barang pribadi lainnya.

Detail Biaya Membuat Kamar Tidur Mezzanine

1. Biaya Pembuatan Rangka Lantai

Sebenarnya rangka lantai mezzanine yang paling ideal itu berukuran 2,8 m x 2,3 m, sedangka ketinggian rangka ke lantai bawahnya mencapai 2,75 m. Adapun ketinggian lantai mezzanine ke area plafon atas yang mencapai 2,25 m.

Jadi, total ketinggian pada ruangannya secara keseluruhan mencapai sekitar 4,75 m. Untuk material rangka yang harus digunakannya harus berupa besi hollow galvanis berukuran 4 x 6 m dengan ketebalan 1,8 m.

Harga besi hollow galvanis diperkirakan mencapai Rp 550 ribu, sehingga total biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat rangka lantainya sebesar Rp 3,5 juta.

2. Biaya Pembuatan Alas dan Lapisan Lantai

Tentu dibutuhkan alas yang kokoh sebagai pondasi dasarnya agar bisa lebih leluasa saat berpijak diatas loteng. Untuk alas lantai yang bisa digunakan berupa triplek dengan ketebalan mencapai 1,8 meter, sedangkan harga triplek per lembarnya sekitar Rp 300 ribuan.

Apabila ukuran ruangan kamarmu mencapai 6,4 meter, maka total biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat alas lantainya sebesar Rp 1,9 juta.

Dikarenakan material alas lantai dasarnya hanya berupa triplek, pastinya harus dilapisi lagi dengan bahan lantai vinyl untuk meningkatkan nilai keindahannya. Vinyl lantai terdiri dari berbagai macam motif pilihan, seperti granit, marmer, batu-batuan, hingga kayu.

Artikel Terkait: Harga Lantai Vinyl Per box dan Permeter (50+ Motif Pilihan)

3. Biaya Pembuatan Pagar

Ukuran pagar yang cocok diaplikasikan pada kamar tidur mezzanine mencapai 2,8 meter, sedangkan untuk pagar yang ada di dekat area tangga berukuran 1,6 m.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat pagar tangganya berkisar Rp 200 ribu per meter, sehingga total biayanya sebesar Rp 880 ribu.

4. Biaya Pembuatan Tangga

Pada umumnya, tangga penghubung antar lantai pada desain mezzanine itu berukuran 3 meter. Mengenai biaya pembuatan tangga minimalismua sekitar Rp 400 ribu per meter, sehingga total uang yang harus dikeluarkan sebesar Rp 1,2 juta.

Material pijakan tangga yang menggunakan plat besi bordes, sementara railing tangganya berukuran 3 meter. Adapun biaya pembuatan railing tangga yang mencapai Rp 300 ribu per meter, maka total biaya yang harus kamu siapkan mencapai Rp 900 ribu.

5. Biaya Plafon Dibagian Bawah Triplek

Apabila alas lantai diatas tripleknya sudah diberi material vinyl lantai, maka di bagian bawahnya juga harus diberi triplek tambahan yang berfungsi sebagai plafon. Jadi, total biaya yang diperlukan untuk membuat plafon triplek tersebut sebesar Rp 500 ribu.

Nah, itulah rincian biaya yang harus kamu siapkan untuk membuat desain kamar tidur mezzanine. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ide Desain Kamar Tidur Bergaya Mezzanine Minimalis"