Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Eksplorasi Jenis-jenis Bahan Wallpaper Dinding Rumah

Jenis bahan wallpaper dinding

Jenis bahan wallpaper dinding – Wallpaper dinding adalah cara yang fantastis untuk mengubah tampilan sebuah ruangan dengan cepat dan relatif mudah.

Dari tekstur yang lembut hingga motif yang mencolok, wallpaper hadir dalam berbagai jenis bahan yang memberikan karakteristik yang unik.

Nah, dalam artikel ini akan menjelajahi lima jenis bahan wallpaper dinding yang populer dan menarik minat banyak orang.

5 Jenis Bahan Wallpaper Terpopuler

1. Bahan Vinyl

Bahan Vinyl

Vinyl adalah jenis bahan wallpaper yang paling tahan lama dan mudah dirawat.

Dibuat dengan lapisan vinyl yang tahan air, wallpaper jenis ini sangat cocok untuk digunakan di ruang-ruang yang sering terkena kelembaban, seperti kamar mandi atau dapur.

Selain itu, vinyl juga tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan, menjadikannya pilihan yang praktis untuk rumah tangga dengan anak-anak atau hewan peliharaan.

Baca juga: harga lantai vinyl Per box dan permeter [50+ Motif Pilihan]

2. Bahan Kertas

Wallpaper kertas adalah salah satu jenis yang paling umum dan terjangkau. Terbuat dari kertas atau bahan serat alami lainnya, wallpaper kertas seringkali memiliki permukaan yang datar dan mudah diterapkan.

Bahan Kertas

Namun, wallpaper kertas cenderung lebih rentan terhadap kerusakan, terutama jika terkena air atau kelembaban berlebih.

Meskipun demikian, kelebihan biaya dan beragam pilihan desain menjadikan wallpaper kertas tetap populer di kalangan penghias rumah.

3. Bahan Kain

Wallpaper kain menawarkan tampilan yang lebih mewah dan tekstur yang lebih lembut daripada jenis wallpaper lainnya.

Bahan Kain

Terbuat dari berbagai jenis kain seperti sutra, katun, atau linen, wallpaper kain menambahkan sentuhan hangat dan elegan ke dalam ruangan.

Namun, perlu diingat bahwa wallpaper kain memerlukan perawatan khusus dan lebih sulit untuk dibersihkan daripada jenis bahan lainnya.

Baca juga: Memilih Jenis Material Wall Panel Sesuai Kebutuhanmu 

4. Bahan Foil

Wallpaper bahan foil adalah pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari tampilan yang glamor dan berkilau dalam ruangan rumah.

Bahan Foil

Terbuat dari foil metalik yang diaplikasikan ke atas kertas atau vinyl, wallpaper ini memberikan efek kilau yang elegan dan menarik.

Bahan foil mampu menangkap cahaya dengan indah, menciptakan tampilan yang mengesankan dan memikat.

Selain itu, foil juga tahan terhadap kelembaban, membuatnya cocok untuk digunakan di area-area seperti kamar mandi atau dapur.

Wallpaper bahan foil tersedia dalam berbagai warna dan pola, sehingga kamu dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan gaya dan dekorasi ruangan.

Dengan memilih wallpaper bahan foil, kamu bisa memberikan sentuhan glamor yang mewah dan modern ke dalam ruangan dengan cepat dan mudah.

5. Bahan Fiberglass

Wallpaper fiberglass adalah solusi praktis dan tahan lama untuk dekorasi dinding. Terbuat dari serat kaca yang diperkuat, wallpaper ini kuat dan tahan terhadap kelembaban serta kerusakan.

Bahan Fiberglass

Wallpaper fiberglass juga mudah diaplikasikan dan dihapus, membuatnya ideal untuk renovasi atau proyek sementara.

Dengan beragam tekstur dan pola yang tersedia, kamu bisa menciptakan tampilan yang unik dan menarik dalam ruangan.

Cocok untuk digunakan di berbagai ruangan, mulai dari rumah tinggal hingga ruang komersial. Dengan wallpaper fiberglass, kamu dapat menciptakan tampilan dinding yang indah dan tahan lama dengan mudah.

Memilih Jenis Bahan Wallpaper yang Tepat

  • Pertimbangkan Lokasi Penggunaan

Pilihlah jenis bahan wallpaper yang sesuai dengan lokasi penggunaan. Misalnya, gunakan vinyl untuk ruang yang sering terkena air, dan hindari penggunaan kain di ruang dengan risiko tinggi terkena noda atau kerusakan.

  • Perhatikan Gaya & Desain Ruangan

Pilihlah jenis bahan wallpaper yang sesuai dengan gaya dan desain ruangan. Misalnya, gunakan kain untuk menciptakan tampilan yang mewah dan berkelas, atau pilih rumput laut untuk memberikan sentuhan alam yang santai.

  • Cek Kebutuhan Perawatan

Pertimbangkan kebutuhan perawatan dan pemeliharaan masing-masing jenis bahan wallpaper. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan gaya hidup dan preferensimu.

Tips Memasang Wallpaper Dengan Benar

Tips Memasang Wallpaper Dengan Benar

1.  Persiapkan Dinding dengan Baik

Sebelum memasang wallpaper, pastikan bahwa dinding sudah dalam kondisi yang baik. Bersihkan dinding dari debu, kotoran, dan noda lainnya.

Perbaiki retakan atau lubang dengan spakel dan amplas permukaan dinding untuk mendapatkan hasil yang rata.

2. Ukur dan Potong Wallpaper dengan Akurat

Sebelum memotong wallpaper, ukur dinding dengan akurat untuk mengetahui jumlah wallpaper yang dibutuhkan.

Selalu sisakan sedikit kelebihan di bagian atas dan bawah dinding untuk memastikan wallpaper mencapai plafon dan lantai dengan rapi. 

Gunakan alat pemotong wallpaper yang tajam untuk hasil potongan yang bersih dan presisi.

3. Gunakan Lem Wallpaper yang Tepat

Pilih lem wallpaper yang direkomendasikan oleh produsen dan sesuai dengan jenis wallpaper yang kamu gunakan.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan lem dengan cermat dan gunakan lem secukupnya untuk menghindari kelebihan yang bisa merusak wallpaper.

4. Perhatikan Pola dan Arah Pemasangan

Jika menggunakan wallpaper dengan pola atau motif tertentu, pastikan untuk memperhatikan pola dan arah pemasangan agar tidak terjadi pemotongan yang tidak tepat.

Mulailah memasang wallpaper dari tengah dinding dan bekerja ke arah sisi-sisinya untuk memastikan pola atau motif terlihat seimbang.

5. Gunakan Alat Bantu untuk Memasang Wallpaper

Gunakan alat bantu seperti level, rol penyekat, dan spatula karet untuk membantu memasang wallpaper dengan rapi dan presisi.

Pastikan bahwa wallpaper terpasang dengan lurus dan bebas dari gelembung udara atau lipatan yang tidak diinginkan.

6. Perhatikan Sudut dan Detail Rumit

Saat memasang wallpaper di sudut atau area dengan detail rumit seperti stop kontak atau jendela, pastikan untuk memotong wallpaper dengan hati-hati dan menyesuaikannya dengan baik.

Gunakan pisau cukur atau gunting kecil untuk memotong wallpaper dengan presisi di sekitar detail-detail tersebut.

7. Periksa dan Koreksi Kesalahan dengan Cermat

Setelah memasang wallpaper, periksa dengan cermat untuk memastikan tidak ada kesalahan atau ketidaksempurnaan yang terlihat.

Jika diperlukan, koreksi kesalahan dengan segera sebelum lem mengering sepenuhnya.

8. Biarkan Wallpaper Mengering dengan Baik

Setelah memasang wallpaper, biarkan wallpaper mengering dengan baik sebelum mengembalikan furnitur atau aksesori ke dalam ruangan.

Hindari menyentuh atau menekan wallpaper terlalu keras selama proses pengeringan untuk menghindari kerusakan.

9. Lakukan Perawatan dengan Tepat

Setelah wallpaper terpasang dengan sukses, lakukan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahannya.

Bersihkan wallpaper secara teratur dengan cara yang direkomendasikan oleh produsen dan hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia agresif.

10. Jangan Berkecil Hati dengan Kesalahan

Jika kamu melakukan kesalahan selama proses pemasangan, jangan berkecil hati. Kesalahan adalah bagian dari belajar, dan seringkali dapat diperbaiki dengan sedikit kreativitas dan ketekunan.

Ingatlah bahwa praktik membuat sempurna, dan semakin sering kamu memasang wallpaper, semakin terampil akan menjadi.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa memasang wallpaper dengan sukses dan menciptakan tampilan yang indah dan menarik dalam ruangan.

Ingatlah untuk bersabar, teliti, dan cermat selama proses pemasangan, dan jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan.

 

Posting Komentar untuk "Eksplorasi Jenis-jenis Bahan Wallpaper Dinding Rumah"