Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Dia 5 Jenis Gergaji Tangan yang Umum Digunakan

Jenis gergaji tangan

Jenis gergaji tangan – Dari sekian banyaknya alat pemotong, gergaji menjadi salah satu jenis alat yang memang selalu digunakan untuk memotong material tertentu seperti kayu.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena gergaji memiliki permukaan tajam yang bergerigi sehingga dapat memotong kayu dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, bahkan gergaji juga bisa digunakan untuk memotong berbagai material lainnya seperti logam, plastik, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, gergaji tersedia kedalam dua tipe yang berbeda, yakni gergaji mesin dan gergaji manual atai gergaji tangan.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis gergaji tangan.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk simak langsung ulasannya berikut:

5 Jenis Gergaji Tangan yang Paling Umum

1. Hand Saw

Ini dia salah satu jenis gergaji tangan yang selalu diandalkan oleh para tukang untuk memotong material kayu.

Jenis Gergaji Tangan - Hand Saw

Sesuai dengan namanya, Hand Saw merupakan jenis gergaji tangan dengan permukaan pisau bergerigi yang dipasangkan pada sebuah pegangan sehingga membuatnya nyaman saat digenggam.

Cara kerja Hand Saw terbilang cukup simple, yang mana kamu hanya tinggal menggerakkan gergajinya dari arah depan ke belakang saat memotong kayu.

Hand Saw memiliki ukuran yang lebih ringkas dan berbobot ringan, sehingga membuatnya cocok digunakan untuk kebutuhan proyek skala kecil, seperti pembuatan furniture, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Jenis Palu yang ada di Toko Bangunan, Kenali Fungsinya

2. Back saw

Back saw dilengkapi dengan bagian punggung yang sangat kokoh, sehingga mampu memberikan keakuratan dan kontrol yang tinggi pada proses pemotongan kayu.

Jenis Gergaji Tangan - Back Saw

Itu sebabnya, Back saw sangat cocok digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan tingkat presisi tinggi seperti pembuatan furniture maupun aksesoris yang berbahan kayu.

Disisi lain, Back saw memiliki pisau tipis dengan gigi-gigi kecil yang memang dirancang khusus untuk memberikan hasil potongan yang lebih halus dan akurat.

Sehingga tak heran jika Back saw selalu diandalkan untuk memotong sambungan sudut, mulai dari sambungan sudut 90 derajat hingga 45 derajat.

3. Coping Saw

Selanjutnya ada jenis Coping Saw yang tampil dengan cangkang tipis dan bergerigi, sehingga dapat memberikan hasil potongan yang lebih presisi dan halus, terlebih pada kurva dan bentuk yang rumit.

Jenis Gergaji Tangan - Coping Saw

Adapun mengenai bagian bingkainya yang terbuat dari bahan logam ringan, seperti aluminium atau baja karbon yang kokoh namun tetap fleksibel.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, bingkai tesebut dibekali dengan pegangan yang ergonomis untuk meningkatkan rasa nyaman bagi penggunanya.

Berkat gigi-giginya yang tipis, Coping Saw mampu memotong material kayu secara akurat tanpa merusak serat kayu.

Selain kayu, Coping Saw juga bisa kamu gunakan untuk memotong material plastik dan material lunak lainnya yang memiliki detail rumit.

Tentu saja Coping Saw sangat ideal digunakan untuk berbagai pekerjaan, mulai dari kerajinan tangan, pembuatan furniture, dan lain sebagainya.

4. Bow Saw

Ciri khas Bow Saw terdapat pada bagian bingkainya yang berbentuk melengkung seperti busur panah. Umumnya, bingkai tersebut terbuat dari bahan logam maupun kayu yang kokoh dan berbobot ringan.

Jenis Gergaji Tangan - Bow Saw

Sementara itu, bagian pisaunya tampak tegak lurus dengan bingkai serta panjangnya yang bervariasi tergantung dari kebutuhan pemotongan yang diinginkan.

Bow Saw mampu memberikan hasil pemotongan yang lebih cepat dan praktis terhadap material kayu tebal maupun besar.

Berkat panjang pisaunya yang lebih besar dibandingkan jenis gergaji lainnya, Bow Saw bisa melakukan pemotongan yang lebih dalam hanya dengan satu gerakan saja lho.

Bukan hanya itu, bahkan Bow Saw juga cocok digunakan untuk pemotongan di area-area yang sulit dijangkau.

Nah, karena keunggulan inilah yang membuat Bow Saw sering diandalkan untuk berbagai kebutuhan, seperti pemotongan ranting dan dahan pohon, pembuatan furniture, kerajinan tangan, hingga konstruksi bangunan.

5. Hack Saw

Jenis gergaji tangan berikutnya yang akan dibahas, yakni Hack Saw. Ya, gergaji ini dibekali dengan pisau tipis yang gigi-giginya berukuran kecil sehingga ideal digunakan untuk memotong material logam maupun material keras lainnya.

Jenis Gergaji Tangan - Hack Saw

Keunggulan Hack Saw terdapat kemampuannya yang mampu melakukan pemotongan secara akurat dan halus terhadap material-material yang bertekstur keras.

Melalui desain pisaunya yang lebih tipis, ia bisa memotong area-area yang sulit dijangkau bahkan tampa merusak materialnya.

Kendati demikian,terdapat juga beberapa kekurangan dari Hack Saw yang harus diketahui. Pertama, Hack Saw membutuhkan pergantian pisau secara berkala karena mudah tumpl setelah penggunaan yang intensif.

Bukan hanya itu, Hack Saw dinilai kurang cocok digunakan untuk memotong material bertekstur lunak seperti kayu atau plastik karena tidak terlalu efisien, sehingga proses pengerjaanya akan memakan waktu yang lama.

Dengan kata lain, Hack Saw tidak ideal digunakan untuk kebutuhan proyek yang berskala besar.

Tips Merawat Gergaji Tangan

Seperti peralatan pada umumnya, gergaji tangan juga membutuhkan perawatan tertentu guna menjaga kualitas dan performanya.

Adapun mengenai berbagai tips yang dapat kamu lakukan dalam merawat gergaji tangan seperti berikut:

1. Bersihkan dan Keringkan Setelah Selesai Digunakan

Apabila sudah selesai digunakan, sebaiknya segera bersihkan gergaji dari serbuk kayu maupun sisa-sisa kotoran lainnya.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan sikat halus atau kain lembut untuk membersihkan bagian gigi-gigi gergaji serta bagian lainnya.

Selain itu, pastikan juga kamu telah menghapus sisa-sisa minyak dan bahan pelumas lainnya yang menempel pada pisau gergaji.

Setelah selesai dibersihkan, segera keringkan gergaji sebelum disimpan agar terhindar dari masalah korosi dan karat yang bisa merusaknya.

2. Beri Pelumas Secara Berkala

Selain dibersihkan, merawat gergaji juga harus diberi pelumasan secara berkala guna meminimalisir gesekan antara pisau dengan material yang dipotong.

Dengan pelumasan secara berkala, tentu saja hal ini dapat mencegah terjadinya karat pada gergaji. Oleskan pelumas khusus pada area pisau dan bagian-bagian gergaji lainnya.

Jika tidak ada pelumas khusus, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai alternatifnya.

Namun perlu diingat, bahwa pengolesan minyaknya jangan terlalu banyak karena bisa memicu penumpukan serbuk kayu maupun debu yang akan mengurangi performa gergaji.

3. Gunakan Secara Bijak

Penting bagi kamu untuk menggunakan gergaji secara bijak. Jadi, gunakanlah gergaji yang sesuai dengan fungsinya.

Hindari penggunaan gergaji untuk pemotongan material yang terlalu keras, seperti baja dan beton. Pasalnya, penggunaan tersebut akan membuat gigi pisau gergaji mengalami tumpul bahkan rusak.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan petunjuk dan batasan penggunaan gergaji tangan agar awet.

4. Penyimpanan yang Tepat

Menurut informasi yang didapat, gergaji harus disimpan pada area-area yang kering dan bebas lembab. Pasalnya, tempat-tempat yang basah dan lembab akan menimbulkan masalah korosi dan karat.

Selain itu, pastikan juga penyimpanan gergajinya jauh dari jangkauan anak-anak.

Nah, seperti itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam merawat geraji. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentu saja gergajinya akan lebih awet dan tahan lama.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ini Dia 5 Jenis Gergaji Tangan yang Umum Digunakan"