Panduan Memasang Decking Kayu Agar Kuat dan Nyaman di Pijak

Daftar Isi

 

Cara memasang decking kayu

Cara memasang decking kayu – Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keindahan dan kenyamanan pada eksterior rumah.

Salah satunya dengan menggunakan decking kayu. Lantas, apa yang dimaksud dengan decking kayu?

Perlu diketahui, decking kayu merupakan produk lantai kayu yang khusus dipasang di area outdoor seperti taman, halaman, rooftop, balkon, hingga tepian kolam renang.

Dalam proses pemasangan decking kayu, tentu saja ada berbagai hal penting yang harus diperhatikan agar kuat dan nyaman saat dipijak.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tata cara memasang decking kayu dengan benar, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Berbagai Pertimbangan Dalam Memasang Decking Kayu

1. Pilih Jenis Decking Kayu yang Berkualitas Tinggi

Sebelum melakukan pemasangan, penting bagi kamu untuk memilih jenis decking kayu yang memiliki kualitas tinggi.

Pilih Jenis Decking Kayu yang Berkualitas Tinggi

Mengingat decking kayu akan dipasang di area outdoor, sudah pasti jenis kayu yang digunakannya haruslah tahan terhadap berbagai permasalahan.

Adapun mengenai berbagai permasalahan yang umum terjadi pada decking kayu, seperti mengalami pemuaian, penyusutan, paparan sinar matahari, guyuran hujan, kelembaban, hingga serangan hama.

Akan tetapi, decking kayu dengan kualitas tinggi kerap menawarkan harga yang relatif mahal lho.

Meski menawarkan harga yang lebih mahal, namun decking kayu dengan kualitas tinggi sudah terbukti tahan terhadap berbagai permasalahan.

Baca selengkapnya: 5 Jenis Decking Kayu Outdoor. Temukan Harga Terbaik!

2. Cek Kondisi Area Lantai Dasar yang Akan Dipasang Decking

Setelah mendapatkan produk decking kayu yang berkualitas tinggi, kamu harus pastikan area yang hendak dipasang sudah dalam kondisi bersih.

Cek Kondisi Area Lantai Dasar yang Akan Dipasang Decking

Dengan kata lain, area lantai dasarnya harus bersih dari berbagai material, seperti tanaman, bebatuan, kerikil, dan sebagainya.

Pasalnya, keberadaan material-material tersebut bisa mengganggu proses pemasangan decking kayu. Selain itu, pastikan juga kondisi lantai dasarnya rata sempurna agar pemasangan decking tidak miring.

Seandainya permukaan lantai dasar memang tidak rata, kamu bisa mensiasatinya dengan memasang bantalan terlebih dulu untuk meningkatkan drainase sekaligus memberikan hasil pemasangan yang merata.

Adapun mengenai material yang dapat kamu gunakan sebagai bantalannya, yakni seperti balok kayu atau menggunakan produk decking itu sendiri.

3. Tahap Pemasangan Rangka

Rangka berperan sebagai penopang beban terhadap decking kayu, sekaligus memastikan tingkat kekuatan dan ketahanannya secara keseluruhan.

Tahap Pemasangan Rangka

Mengenai  jenis rangka yang digunakan, disarankan bagi kamu untuk memilih material yang anti karat seperti baja galvanis atau aluminium agar terhindar dari kerusakan akibat korosi.

Pastikan memasang rangka dengan rapat dan sejajar agar hasil pemasangan decking kayunya lebih rapi dan tidak miring.

Gunakan baut atau sekrup untuk mengencangkan dan menguatkan struktur rangka. Selain itu, penting juga bagi kamu untuk memperhitungkan jarak antara pengencang dengan decking kayunya.

4. Tahap Pemasangan Decking Kayu

Tahap Pemasangan Decking Kayu

Dalam tahap pemasangan decking kayu, mulailah dari salah satu ujung secara teratur ke arah yang lain. 

Gunakan media pengencang seperti sekrup khusus untuk decking kayu, dan pastikan menyesuaikan jarak pada setiap decking kayu dengan benar.

Dengan kata lain, pemasangan decking kayu harus ada celah kecil diantara setiap papannya untuk memungkinkan pergerakan alami kayu ketika beradaptasi dengan perubahan suhu dan kelembaban.

Cara ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya keretakan atau melengkung pada papan decking kayu seiring dengan waktu pemakaian.

5. Tahap Finishing dan Perawatan

Apabila decking kayu sudah terpasang dengan baik dan benar, maka tahap terakhir yang harus dilakukan adalah finishing.

Tahap Finishing dan Perawatan

Dalam tahap finishing, kamu bisa memberikan lapisan pelindung seperti cat khusus kayu guna meningkatkan daya tahannya terhadap cuaca maupun hama rayap.

Selain itu, pemberian lapisan cat juga dapat mempercantik tampilan decking kayu agar terlihat lebih mengkilap dan elegan.

Dalam memastikan usia pemakaiannya yang panjang, penting juga bagi kamu untuk memberikan perawatan yang intens terhadap decking kayu.

Bersihkan lantai decking kayu dari berbagai kotoran dan debu secara berkala. Tak hanya itu, lakukan juga pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi decking kayu secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan dalam memasang decking kayu.

Apabila kamu tidak yakin memasangnya sendiri, segera hubungi marketing kami pada nomor yang tertera di website ini untuk layanan pemasangan dan pemesanan produk decking kayu yang berkualitas tinggi.

 

Posting Komentar