Seluk Beluk Papan Partikel Board yang Menarik Untuk Dibahas

Daftar Isi

 

Papan partikel board

Papan partikel board – Permintaan kayu dipasaran terus mengalami peningkatan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari konstruksi bangunan, mebel, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, harga kayu semakin hari semakin melambung tinggi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pemerintah sudah mulai membatasi penebangan pohon kayu untuk menjaga kelestariannya.

Dengan mahalnya harga kayu, tentu saja kerap menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat. Oleh karena itu, hadirlah produk kayu olahan yang menawarkan harga lebih murah.

Partikel board pun menjadi salah satu jenis kayu olahan yang selalu dijadikan alternatif sebagai pengganti kayu asli.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk partikel board, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Partikel Board Terbuat Dari Apa?

Pada dasarnya, Partikel Board terbuat serbuk kayu atau serat kayu berukuran kecil yang direkatkan dan dipadatkan sehingga terciptalah lembaran-lembaran papan yang kokoh.

Papan partikel board

Selain itu, biasanya Partikel Board tersedia kedalam berbagai ukuran serta ketebalan yang berbeda-beda.

Meski terbuat dari serbuk kayu, namun Partikel Board memiliki struktural yang membuatnya cocok digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Bahkan, Partikel Board memiliki tekstur yang lentur dan ringan sehingga dapat memudahkan proses pengerjaan.

Berbagai Penggunaan Partikel Board

1. Dinding

Dinding Partikel Board

Partikel Board kerap diandalkan untuk pembuatan dinding interior maupun dinding eksterior. Pasalnya, ia bisa langsung diaplikasikan pada rangka bangunan atau bagian dari sistem panel dinding modular.

Berkat strukturalnya yang cukup kuat dan stabil, Partikel Board dapat menghadirkan struktural yang dibutuhkan sekaligus memberikan isolasi termal dan akustik.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Parquet Dinding Untuk Hunian Estetik

2. Pelapis Lantai

Papan Partikel Board Pelapis Lantai

Pada aplikasi lantai, Partikel Board biasa digunakan sebagai subfloor yang dipasang di atas rangka lantai. 

Hal ini bertujuan untuk memberikan permukaan lantai yang lebih stabil dan rata dalam pemasangan lantai keramik, vinyl, maupun parket.

Tak hanya itu, penggunaan Partikel Board sebagai pelapis lantai juga dapat meningkatkan isolasi suara antar lantai, sehingga tidak menimbulkan suara berdecit saat dipijak.

3. Pelapis Atap

Papan Partikel Board Pelapis Atap

Selain dijadikan pelapis lantai, Partikel Board juga bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk atap bangunan.

Partikel Board akan dipasang di atas rangka atap untuk menciptakan dukungan yang dibutuhkan terhadap material genteng.

Bahkan, Partikel Board memiliki keunggulan yang tahan terhadap tekanan serta kelenturan yang membuatnya cocok dijadikan untuk pelapis atap.

4. Partisi

Partisi Papan Partikel Board

Dikarenakan tampilannya yang lebar, tentu saja Partikel Board sangat ideal digunakan untuk partisi. Lantas, apa yang dimaksud partisi?

Perlu kamu ketahui, partisi merupakan sebuah interior yang berfungsi sebagai dinding sekat untuk memisahkan antar ruangan.

Artikel Terkait: Memilih Partisi Ruangan Terbaik, Dari Rekomendasi Produk Ini

Nah, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)

Keunggulan Papan Partikel Board

1. Bobotnya yang Ringan dan Lentur

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa partikel board memiliki bobot yang lebih ringan dan lentur.

Dengan bobotnya yang cenderung ringan dan lentur, tentu saja dapat memudahkan proses pengerjaan.

2. Memberikan Dukungan Struktural yang Kuat

Dibalik bobotnya yang ringan, ternyata kekuatan struktural pada Partikel Board tidak bisa dianggap remeh lho.

Bagaimana tidak? Sebab Partikel Board mampu memberikan dukungan struktural yang kuat sehingga cocok digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi.

3. Kemampuan Isolasi Termal dan Akustik

Berkat kemampuannya yang bersifat isolasi termal dan akustik, tentu saja penggunaan Partikel Board dapat meningkatkan efisiensi energi sekaligus kenyamanan dalam hunian.

Dengan kata lain, Partikel Board dapat menjaga suhu didalam ruangan serta mengurangi transmisi suara antar ruangan.

4. Ramah Lingkungan

Keunggulan berikutnya dari Partikel Board yang harus kamu tahu, yakni ramah lingkungan. Pasalnya, ia terbuat dari limbah kayu.

Dengan membeli Partikel Board, secara tidak langsung kamu juga telah ikut andil dalam menjaga kelestarian pohon-pohon kayu.

Kekurangan Partikel Board

1. Rawan Rusak Akibat Air dan Kelembaban

Salah satu kekurangan dari Partikel Board yang akan dibahas, yakni rawan rusak akibat air dan kelembaban.

Apabila terpapar air dan suhu lembab dalam jangka panjang, maka Partikel Board akan mengalami pembengkakan, melunak, hingga hancur.

Itu sebabnya, mengapa Partikel Board tidak cocok diaplikasikan pada area-area dengan tingkat kelembaban tinggi seperti dapur, kamar mandi, dan area outdoor.

Agar papan Partikel Board lebih awet, kamu bisa melapisinya dengan cat khusus untuk menjaga kualitasnya secara keseluruhan.

2. Tidak Terlalu Tahan Terhadap Tekanan Berat dan Goresan

Walaupun Partikel Board mempunyai struktural yang bagus, namun ia tidak terlalu tahan terhadap tekanan berat.

Selain tekanan berat, Partikel Board juga mudah tergores yang akan mengurangi penampilan serta tingkat kekuatan strukturalnya.

Oleh karena itu, Partikel Board tidak direkomendasikan untuk penggunaan konstruksi yang berat-berat.

3. Tampilan Estetika yang Terbatas

Sebenarnya tampilan papan Partikel Board cenderung kurang estetis jika dibandingkan dengan material kayu olahan lainnya, terlebih jika ia dibiarkan terbuka tanpa adanya penutup tambahan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tekstur permukaannya yang cukup kasar dan tidak rata. Bahkan, warna papan Partikel Board juga sangatlah terbatas sehingga tidak memungkinkanmu untuk memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk meningkatkan keindahan papan Partikel Board, kamu bisa mengaplikasikan cat khusus kayu dengan warna yang sesuai selera.

4. Memiliki Kandungan Senyawa Kimia

Menurut informasi yang didapat, Partikel Board memiliki kandungan senyawa kimia yang berupa formaldehida.

Nah, kandungan senyawa kimia tersebutlah yang dianggap bisa memicu risiko masalah pada mata dan kulit.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, paparan formaldehida dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terkena masalah pernafasan hingga kanker lho!

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk lebih cermat lagi saat hendak membeli Partikel Board. Ketika akan mebelinya, pilihlah Partikel Board yang kandungan kimianya rendah atau bebas dari zat formaldehida.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar papan partikel board, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

Posting Komentar