Tips Memilih Decking Kayu Sesuai Budget dan Penempatan

Daftar Isi

 

Tips memilih decking kayu

Tips memilih decking kayu – Sebenarnya masih banyak yang beranggapan bahwa decking kayu itu serupa dengan produk parket kayu.

Memang tidak salah, karena decking dan parket sama-sama terbuat dari bahan kayu yang diaplikasikan sebagai pelapis lantai.

Namun perlu diingat, bahwa parket dengan decking merupakan dua produk yang berbeda lho. Jika produk parket umumnya dipasang di area indoor, sedangkan decking di aplikasikan pada area outdoor.

Ada beragam jenis decking kayu yang tersedia dipasaran dengan karakteristiknya tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih decking kayu yang sesuai dengan budget dan penempatannya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tips memilih decking kayu, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Decking Kayu

1. Pahami Karakteristik Jenis Decking Kayu

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa decking kayu tersedia kedalam berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Pahami Karakteristik Jenis Decking Kayu

Adapun mengenai jenis-jenis decking kayu terbaik yang saat ini paling banyak diminati, seperti decking kayu merbau, decking kayu bengkirai, decking kayu kruing, dan decking kayu ulin.

Untuk decking kayu merbau, ia tampil mengusung warna merah kecoklatan dengan pola serat yang lurus.

Tak hanya itu, decking kayu merbau juga memiliki tingkat ketahanan dan kekerasan yang sangat mumpuni. Sehingga decking kayu cocok diaplikasikan di berbagai area outdoor.

Namun, terdapat satu kekurangan pada decking kayu yang harus kamu ketahui. Ya, kekurangan decking kayu merbau ini akan mengeluarkan getah saat terkena air, yang membuat tekstur permukaan lantainya menjadi lengket.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena getah tersebut biasanya hanya terjadi diawal-awal saja. Itu artinya, getah pada decking kayu merbau akan hilang dengan sendirinya seiring waktu pemakaian.

Bahkan, keluarnya getah tidak akan berpengaruh sedikit pun terhadap kualitas pada decking kayu merbau lho.

Untuk info lengkap seputar jenis-jenis decking kayu, silahkan klik tautan dibawah ini:

5 Jenis Decking Kayu Outdoor. Temukan Harga Terbaik!

2. Tentukan Budget yang Kamu Miliki

Setelah memahami karakteristik pada masing-masing jenis decking kayu, penting juga bagi kamu untuk memilih decking yang sesuai dengan budget.

Tentukan Budget yang Kamu Miliki

Hal itu bukan tanpa alasan, karena setiap jenis decking kayu menawarkan harga yang berbeda-beda. Semakin mahal harga yang ditawarkannya, maka akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya.

Oleh karenanya, pilihlah decking kayu sesuai dengan budget yang kamu miliki.

3. Penempatan Decking Kayu

Pada dasarnya, produk decking kayu memang dirancang khusus untuk pemasangan di area outdoor. Kendati demikian, menentukan penempatan decking kayu juga wajib kamu pertimbangkan.

Ukuran dan Dimensi Decking kayu

Apakah decking kayu akan dipasang di area yang sering terkena paparan sinar matahari, atau penempatannya di area yang sering terkena air dengan kelembaban tinggi?

Pasalnya, ada beberapa jenis decking kayu yang hanya cocok untuk area tertentu saja.

Salah satu contohnya seperti decking kayu merbau, yang kurang cocok dipasang pada area yang basah karena akan mengeluarkan getah saat terkena air.

4. Pertimbangkan Daya Tahan Terhadap Cuaca

Pertimbangkan Daya Tahan Terhadap Cuaca

Tak hanya penempatan, kualitas decking kayu juga bisa terpengaruh oleh faktor cuaca didaerah sekitar.

Apabila kamu tinggal di daerah dengan cuaca ekstrim atau kerap terjadi serangan hama serangga yang agresif, sebaiknya pilih jenis-jenis decking kayu dengan tingkat kekerasan dan kekuatan yang tinggi.

Seperti halnya jenis decking kayu ulin, dimana ia memiliki tekstur yang sekeras besi lho. Dengan teksturnya yang sekeras besi, tentu saja decking kayu ulin tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim maupun serangan hama rayap.

5. Ukuran dan Dimensi Decking kayu

Ukuran dan Dimensi Decking kayu

Ukuran dimensi pada deking kayu tidak hanya seputar luas permukaannya saja, melainkan juga mencakup tingkat ketebalan dan lebar produk.

Maka dari itu, pastikan kamu mengukur terlebih dulu mengenai area yang hendak dipasangi decking kayu.

Dengan mengukur terlebih dulu areanya, tentu saja kamu bisa membeli decking kayu yang sesuai kebutuhan.

6. Proses Perawatan dan Pemeliharaan

Hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih decking kayu, yakni proses perawatan dan pemeliharaan.

Proses Perawatan dan Pemeliharaan

Sebab ada beberapa jenis decking kayu yang memang membutuhkan perawatan lebih intens untuk tetap menjaga kualitasnya secara keseluruhan.

Adapun mengenai beragam permasalahan yang umum terjadi pada decking kayu, seperti terjadinya pemuaian, penyusutan, pelapukan, pengeroposan, dan warna yang memudar.

Agar terhindar dari berbagai permasalahan tersebut, tentunya kamu harus memberikan perawatan khusus terhadap decking kayu.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat hendak memilih decking kayu.

Dengan mempertimbangkan hal-hal diatas tadi, tentu saja akan membantumu dalam mendapatkan jenis decking kayu yang sesuai kebutuhan hunian.

Bagi kamu yang ingin memesan atau sekedar konsultasi seputar decking kayu, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini ya!

Posting Komentar