Pengertian lantai kayu : Fungsi, jenis dan perbandingannya

Pengertian Lantai kayu parket - Lantai Kayu Banyak di sebut dengan Istilah Parket, Kayu Parquet, atau Parket flooring, penggunaanya menggantikan posisi Keramik atau Granite sebagai penutup Lantai. Seiring Perkembangan Jaman, Lantai kayu di Produksi secara Modern. Dan saat ini tidak hanya di produksi dari Kayu asli, ada juga yang di namanya Lantai Kayu sintetis.

Penggunaan Kayu untuk Hunian, Selain menambah Estetika dan Nuansa natural, Apabila di kemas secara apik, dan Modern akan memberikan kesan mewah. Baik Lantai Kayu asli atau Sintetis, memiliki banyak type.

Bosan dengan Tampilan rumah yang gitu-gitu aja? 

coba gunakan lantai kayu.

semua material rumah tentu memiliki kunggulannya sendiri, termasuk jenis lantai. Namun kadangkala menggunakan bahan yang sama pada setiap rumah membuatnya kurang menarik. Gak ada nilai Plusnya gitu.

Ingat, rumah adalah tempat kita menghabiskan waktu sehari-hari, makanya jangan sampai salah memilih bahan bangunan yang bisa membuat sobat kurang nyaman dan menyesal di kemudian hari.

Oleh karenanya, kali ini kami akan coba share pada sobat tentang Lantai kayu parket, apa keunggulannya, minusnya, fungsinya, perbandinganya dan hal-hal lainnya yang akan menambah wawasan anda mengenai lantai kayu parket.

Fungsinya, agar anda tidak menyesal dikemudian hari karena sudah tahu konsekuensi dari pilihan anda.

Pengertian lantai kayu parket 

Lantai kayu adalah material bangunan berbahan dasar kayu yang di olah sedemikian rupa agar dapat terpasang pada permukaan lantai hunian. Lantai kayu sering juga di sebut parket atau parqutte yang artinya menyusun potongan-potongan kayu untuk dijadikan penutup lantai.

tapi bukan berarti memakai lantai kayu rumahnya seperti jaman dulu, yang rumahnya terbuat dari bilik gitu. Ini beda lagi, semua jenis rumah, perkantoran, lapangan futsal atau basket bisa menggunakan lantai kayu. Lantai kayupun tidak hanya di gunakan untuk lantai saja, ada sebagian orang menggunakan lantai kayu untuk di pasang :
  • Dinding rumah 
  • Plafon rumah 
  • Tangga
  • Dan yang lainnya 
jangan khawatir, Lantai kayu saat ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru didalamnya. Dari awal pembuatannya lantai kayu sudah diproses agar mampu memberikan kesan natural dalam jangka waktu sangat panjang. Selain itu juga, pemilihan bahan dasar kayu dan Proses pemasangannya sudah sangat di perhitungkan agar nantinya lantai kayu dapat bertahan hingga puluhan tahun tanpa pemuaian.

Jenis-jenis lantai kayu


memiliki nama Lantai kayu bukan berarti semua produk lantai kayu ini terbuat dari kayu utuh loh. ada juga jenis lantai kayu yang terbuat dari bahan lain meskipun memang masih berhubungan dengan Kayu. mau tahu? yuk baca terus artikel ini 

Dari bahannya, lantai kayu terbagi menjadi 3 jenis yaitu

lantai kayu Solid

Yap, berdasarkan namanya, kita sendiri sudah bisa menebak bahwa lantai kayu satu ini terbuat dari kayu solid atau kayu Utuh. Proses pembuatan kayu solid ini adalah kayu-kayu dari produsen kayu langsung di potong hingga membentuk lempengan kayu kemudian di Oven hingga mendapatkan kadar MC (Moisture Content) antara 8% s.d 11%.

tidak semua kayu bisa dijadikan lantai kayu loh,,, jenis-jenis kayu untuk lantai ini haruslah memiliki tingkat keras, tingkat kuat, tingkat awet yang tinggi juga memiliki sipat tahan perubahan cuaca, pertumbuhan jamur dan serangan rayap. Umumnya, tingkat keras (wood density)  kayu untuk lantai parket adalah 700 s.d 1100 kg/m³.


jenis-jenis kayu untuk lantai parket antaranya :

  • kayu jati
  • kayu merbau
  • kayu ulin
  • kayu bengkirai
  • keruing
  • kayu sonokeling
  • rengas
  • kempas
  • kumea
  • sungkai

lantai kayu laminasi (laminated Flooring)

Lantai kayu laminated adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari serbuk kayu pada bagian bawahnya, kemudian corak kayu lalu Alumunium Oxide pada bagian atasnya.

sekilas tentang serbuk kayu

serbuk kayu yang digunakan untuk industri terbagi menjadi 3 jenis yaitu
  • LDF (low density fiberboards) atau Particle Board
  • MDF (Medium density fiberboards)
  • HDF (high density fiberboards)
LDF atau particle Board merupakan jenis serbuk kayu yang kurang baik dan cepat rusak karena memiliki kepadatan yang lemah.

MDF merupakan jenis serbuk kayu yang paling banyak digunakan karena sudah memiliki kepadatan yang baik, tidak mudah patan da mudah di olah untuk berbagai kerajinan. umumnya digunakan untuk pembuatan meja dan lemari

Sementara HDF merupakan jenis serbuk kayu yang paling padat, keras dan tahan air. karena saking kerasnya HDF ini jadi mudah patah. Makanya HDF ini jarang digunakan untuk kebutuhan pembuatan meja dan Lemari

serbuk kayu yang digunakan lantai kayu adalah HDF (high density fiberboards) untuk memaksimalkan kekuatan dari serbuk kayu tersebut.

meskipun mudah patah, tidak jadi masalah mengingat HDF laminated di pasang di lantai yang tidak membutuhkan tingkat pleksibilitas tinggi.

bentuk laminated flooring berbeda dengan solid flooring, dimana laminated ini memiliki bentuk yang lebih lebar, panjang namun tipis.

Kenapa demikian ?

karena tidak ada kemungkinan lantai kayu laminated ini untuk menyusut atau memuai sehingga tidak memerlukan bentuk yang terlalu tebal.

lantai kayu Engineer


lantai kayu engineer adalah jenis lantai kayu hasil modifikasi dimana dalam satu lembaran parket, terdapat 3 jenis bahan dasar sekaligus yaitu :
  1. bagian atas terbuat dari kayu Solid atau veneer kayu dengan corak berestetika
  2. bagian tengah terbuat dari Plywood / multipleks
  3. bagian bahan terbuat dari kayu solid dnegan kualitas lebih rendah
Tujuan lantai kayu engineer ini adalah untuk menekan biaya produksi kayu tanpa menghilangkan kesan arsistik dan natural dari kayu itu sendiri. Kedua adalah membuat jenis lantai kayu yang memiliki tingkat stabilitas yang tinggi dan berkurangnya resiko melengkung pada parket lantai.

Penggunaan engineering Flooring ini masih jarang karena poses produksinya memang terbilang sulit untuk di kerjakan. Tidak banyak perusahaan lokal yang memproduksinya. Kedua, harganya hampir sama dengan lantai kayu solid sehingga orang-orang masih memilih lantai kayu solid dengan alasan estetika dan kemudahan bahan untuk di dapat.

khususnya di Indonesia.

Perbandingan Lantai kayu Solid, Laminated dan Engineering


nilai Lantai kayu Solid lantai kayu Laminated engineering Flooring
Bahan dasar Kayu Utuh sebuk kayu (HDF) Campuran kayu
Ukuran umunya memiliki tebal 1-2 cm lebar 5-9 cm dan panjang 17 sampai 90 cm Tebal 0,8 Lebar 19,5 dan panjang 121,5 cm tebal 1,2 cm Lebar 10,2 dan panjang 90 cm only
Data tahan Memiliki daya tahan sangat tinggi, apalagi jika di rawat dengan baik, kayu solid bisa bertahan hingga puluhan tahun. memiliki daya tahan sedang. tidak sebaik lantai kayu solid, Memiliki daya tahan tinggi, lebih baik dari laminated namun masih lebih baik lantai kayu solid
per baikan termasuk jenis lantai yang dapat di finishing ulang sampai beberapa kali tidak dapat di perbaiki, jika sudah rusak harus langsung di ganti dengan yang baru. bisa di finishing, tetapi tidak akan sebanyak finishing kayu solid.
kelem baban kayu utuh memang menjadikan air sebagai musuh alaminya. semakin banyak terkena air, lantai kayu ini akan semakin melengkung tidak akan mudah melengkung meski terkena air namun lama kelamaan serbuk kayu akan rusak jika sering terkena air sama seperti laminated flooring engineering flooring sangat stabil meskipun terkena air.
Peraw atan Mudah di rawat, cukup menggunakan satu dan lap kering mudah dirawat semua jenis lantai kayu jauh lebih mudah di rawat dibandingkan lantai lain
pem asangan pemasangan lantai kayu solid sangat sulit dan memperlukan banyak waktu dan tenaga. pemasangan sangat simple karena sudah didesain serba instan oleh produsennya pemasangannya terbilang mudah (sama seperti lantai kayu laminated, meski masih memerlukan finishing seperti lantai kayu solid
harga memiliki harga yang paling tinggi harga paling rendah harga menengah

Jenis lantai kayu dari penempatannya

Diatas adalah jenis lantai kayu dari bahan dasarnya, bagaimana sobat mau pilih yang mana ?

belum cukup disini aja, jenis lantai kayu juga di bedakan dari penempatannya, yaitu lantai kayu untuk area dalam ruangan dan lantai kayu untuk area luar ruangan. lantai kayu dalam ruangan disebut parket, sementara lantai kayu untuk luar ruangan disebut Decking.

1. Lantai kayu parket untuk dalam ruangan


sebetulnya ulasan diatas sudah mewakili definisi dari lantai kayu dalam ruangan. Dimana lantai kayu dalam ruangan ini ukuran yaitu :
  • Tebal 1 sampai 2 cm
  • Lebar 5 sampai 9 cm
  • Panjang 17 sampai 90 cm
untuk meminimalisir resiko lengkung kayu, ukuran parket harus disesuaikan baik dari segi tebal lebar maupun Panjangnya.

lantai kayu dengan panjang 90 cm haruslah memiliki ketebalan minimal 1,5 cm dan lebar minimal 7 cm. sebaliknya, parket dengan tebal 1,2 cm maksimal panjangnya adalah 30 cm.

pada parket biasanya dilengkapi dengan pengunci dari empat sisinya untuk meningatkan daya rekat setiap parket lantai dan di pasang sangat rapat hingga tidak ada celah.

2. Decking kayu untuk luar ruangan


Jika sobat mempunyai halaman rumah yang luas atau ada sebuah kolam renang yang di pakai untuk bersantai bersama keluarga tercinta, bisa di pasang lantai kayu khusus untuk outdoor.

lantai kayu outdoor memiliki bentuk yang beda sama indoor. Ukuran lantai kayu outdoor lebih tebal, dan lebih panjang, lebih lengkapnya :
  • Tebal : 1,9 cm
  • Lebar : 9 cm
  • panjang : 100 cm up

Jika pada lantai kayu parket dipasang merapat hingga tidak ada celah, untuk memasang Decking kayu ini di pasang dengan memberi celah. Fungsi celah pada Decking ini adalah sebagai jarak kayu memuai dan menyusut sehingga kayu-kayu tersebut tidak bertabrakan.

Pada lantai kayu outdoor juga sudah dilengkapi alur anti licin sebagai pijakan, jadi tidak khawatir lagi terjatuh karena kondisi lembab.

Fungsi lantai kayu parket


Fungsi lantai kayu Menjadikan rumah terlihat beda dari rumah biasanya Rumah akan terlihat cantik dan nyaman Menimbulkan udara yang menjadi sehat, karena ada kelembapan yang keluar dari aroma kayu.

untuk saat ini juga lantai kayu banyak di gunakan oleh para pengurus tempat olahraga, banyak yang menggunakan lantai kayu sebagai pengganti teras atau sintetis.

lapangan basket, lapangan badminton dan tempat olahraga lainnya telah setuju agar lantai kayu di jadikan lantai pengganti teras. selain tempat yang akan menjadi lebih indah,  fungsi lantai kayu agar para atlet tidak terasa sakit disaat terjatuh, jadi lantai kayu ini aman untuk anggota tubuh para atlet.
para atlet juga akan merasa tenang, nyaman dan fokus saat menghadapi pertandingan.

lantai kayu mengusir penyakit ?

ya benar sekali, khusus untuk sobat yang suka banget tidur tanpa alas atau tidak suka tidur di kasur. saya akan memberi saran untuk tidur di atas lantai kayu. tidur di lantai keramik menimbulkan datangnya penyakit, sedangkan tidur di atas lantai kayu akan mengusir penyakit seperti penyakit rematik, penyakit bronitis, dan masuk angin. Meskipun anda berlama-lama di atas lantai yang terbuat dari kayu, ini sangat aman buat kesehatan tubuh anda.

sobat juga jadi gak usah jauh-jauh lagi pergi ke pegunungan untuk mendapatkan banyak asupan ion negatif, karena lantai kayu itu sudah mengandung banyak ion negatif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jenis rumah untuk lantai kayu

lantai kayu masih belum banyak di pahami oleh masyarakat perkampungan, mereka menganggap lantai kayu itu hanya kayu biasa saja yang tidak terlalu istimewa padahal di perkotaan di gunakan untuk restoran, perkantoran bahkan cluster elit seperti Alamsutera yang berada di kota tangerang selatan.

Lantai kayu digunakan untuk semua jenis rumah. Jadi yang punya pemikiran bahwa lantai kayu hanya untuk rumah mewah, itu kurang tepat juga. Lantai kayu sangat cocok di pasang di jenis hunian apapun, baik itu rumah mewah, rumah minimalis ataupun rumah anda model lama.

semua jenis rumah cocok menggunakan lantai kayu, yang membedakan mungkin hanya pada jenis lantai kayu yang digunakan untuk rumah tersebut.

jenis lantai kayu seperti apa yang cocok untuk hunian sobat ?


umumnya rumah-rumah mewah sering menggunakan  lantai kayu solid berbahan kayu Jati atau Merbau karena memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sementara perkantoran lebih banyak menggunaan laminated flooring karena kantor merupakan hunian yang sangat sibuk sehingga membutuhkan parket lantai yang bisa di pasang dengan cepat.

untuk area luar ruangan tentu menggunakan Decking kayu merupakan pilihan yang sangat tepat. Jenis kayu untuk decking kayu bisa menggunakan Decking kayu Bengkirai atau Ulin sebagai jenis kayu keras dan tahan perubahan cuaca

bagaimana dengan rumah minimalis ? untuk rumah minimalis, lantai kayu yang di pakai random, bisa menggunakan lantai kayu solid, laminated ataupun engineering disesuaikan dengan selera dan budget pemiliknya.

bagaimana saya membeli lantai kayu ?

sekarang ini sudah banyak penyedia lantai kayu parquet, baik online maupun offline. anda dapat dengan mudah menemukan penjual lantai kayu di Internet. 

Apakah kami menjual lantai kayu ?

yap, kami merupakan perusahaan lantai kayu yang sudah lama menyediakan lantai kayu untuk kebutuhan hunian apapun. anda bisa membeli lantai kayu dengan cara langsung menghubungi marketing kami.
di Tangerang ada toko kami, jadi peminat lantai kayu di tangerang sangat banyak sekali. alamatnya di Jalan raya serpong km8 no 18d bsd, serpong, tangerang

jadi jangan pernah takut ya menggunakan lantai kayu yang mewah ini. lantai kayu merupakan olahan kayu pilihan terbaik yang ada di negeri kita ini, kami selalu menggunakan lantai kayu jenis jati, kayu bengkirai, kayu merbau, Ulin, kayu keruing dan kayu keras lainnya.

saya yakin setelah sobat memakai lantai kayu produk dari perusahaan kami, sobat pasti akan merasakan sensasi yang berbeda.
ilyas mulyadi Saya asep ilyas mulyadi karyawan dari PT RAJAWALI PARQUET, perusahaan yang bergerak di bidang lantai kayu terbesar di indonesia. saya bekerja di bagian pemasaran alias IT SEO yang berperan menaikan website perusahaan agar masuk halaman 1 google, dengan berbagai kata kunci

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel