Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Parket Lantai Kayu Jati. Pilihan Terbaik Untuk Rumah Estetis Dan Arsistik

Lantai kayu Jati - Sebagai salah satu jenis kayu paling berkualitas, tidak lengkap rasanya bila kita tidak membahas mengenai lantai dari kayu Jati. Sebagai jenis lantai incaran semua orang yang menginginkan lantai kayu untuk di pasang pada hunian.

bahkan di beberapa situs luar yang saya baca, kebanyakan dari mereka sangat meningginkan Lantai kayu Jati sebagai jenis lantai berkualitas sangat tinggi dan tidak semua orang bisa memilikinya. 

Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuat huniannya dihiasi oleh lantai kayu Jati. Hal ini dikarenakan lantai kayu Jati di negara lain mulai mengalami kelangkaan dan harganya sangat tinggi.

harga lantai kayu jati lengkap

Sementara itu, di Indonesia Lantai kayu Jati masih banyak kita temukan di hutan-hutan produksi baik milik perhutani ataupun warna lokal. 

Sehingga ini kesempatan terbaik anda untuk mewujudkan hunian elegan dengan lantai kayu Jati!

Sebelum kayu jati menjadi semakin langka dan warga-warga asing membayar kayu jati kita dengan harga yang lebih mengiurkan.

Berbicara lantai kayu,,,

Perlu diketahui terlebih dahulu mengenai jenis lantai kayu agar nanti pembahasannya dapat mudah di pahami.

Lantai kayu terbagi menjadi 3 jenis, yaitu lantai kayu Solid, lantai kayu Laminated dan lantai kayu Engineering. Dimana lantai kayu Solid adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu asli seperti kayu jati dan merbau.

Info lengkapnya bisa di buka : Pengertian lantai kayu: fungsi, jenis dan perbandingannya

Jenis Lantai kayu solid merupakan jenis lantai kayu yang dinilai paling estetis dan memiliki nilai seni sangat tinggi. Selain itu lantai kayu solid juga adalah jenis lantai kayu yang paling awet dan paling nyaman digunaan.

Makanya wajar bila penggunaan lantai kayu solid masih mejadi pilihan utama di berbagai kalangan masyarakat. Terutama di kalangan menengah keatas.

Bagi anda yang berniat memasang lantai kayu pada hunian, selain akan membahas soal harga dan jenis lantai kayu Jati yang bisa dipilih untuk dipasang, kita akan ulas lebih lengkap mengenai kayu jati ini sebagai wawasan sebelum membeli lantai kayu.

Mengenal kayu Jati / Teak wood

Pohon jati

Mengenal Pohon kayu Jati

Kayu Jati dihasilkan dari pohon Jati. Pohon Jati dalam bahasa Inggris disebut Teak. Dapat tumbuh di dalam curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tingkat pertumbuhan pohon jati terbilang lambat dan proses pertumbuhan pohon jati secara alami sangat sulit. Sehingga sekarang ini Pohon Jati banyak di produksi secra konvensional oleh orang-orang mengingat kebutuhan orang pada kayu Jati ini masih paling tinggi diantara jenis kayu lainnya.

Pohon Jati memiliki batang yang tinggi besar mencapai 40 m, sedangkan batang bebas cabang bisa mencapai 18-20 m.

Pohon Jati terbaik adalah pohon Jati dengan batang lurus, sedikit cabang dan garis lingkar besar serta umuranya mencapai 80 tahun.

Sebaran Pohon Jati

Daerah asal Pohon jati adalah di Burma atau Myanmar. Kemudian pohon Jati menyebar ke daerah lain di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia hingga ke Asia Selatan. 

Untuk di Indonesia, Pohon Jati tubuh subur di pulau Jawa kemudian mulai dikembangkan di Bali dan Nusa tenggara. Sementara di Sumatera dan Kalimantan, produksi pohon Jati kurang mendapatkan hasil baik.

 Di Jawa sendiri, sebaran pohon Jati lebih didominasi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan daerah tanah perkapuran Kabupaten Blora, Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kayu Jati dengan mutu terbaik.

Karakteristik Kayu Jati

karakteristik lantai kayu jati mudah di olah

Kayu Jati merupakan salah satu jenis kayu Idaman Semua orang, baik pengguna, penjual dan pengolah karena Kayu Jati memiliki tingkat keras, tingkat awet, tingkat kuat yang tinggi. Namun kayu ini terbilang mudah di olah (di ukir) serta memiliki nilai ekonomis tinggi.

Secara teknis, kayu jati memiliki tingkat keras kelas II, tingkat kuat kelas II yaitu dari 655 - 900 Kg/m³ dan tingkat awet kelas I dengan klasifikasi I, hingga IIIII dan semakin kecil angka maka semakin tinggi kelas kayu.

Dengan demikian, kayu Jati merupakan jenis kayu dengan kategori kayu berkualitas tinggi.

Plus Minus kayu Jati

Kekurangan kelebihan lantai kayu jati

dari beberapa ulasan diatas, sebetulnya kita pasti sudah bisa menemukan tentang kelebihan maupun kekurangan dari kayu Jati. Rinciannya seperti ini :

Kelebihan kayu Jati

  • Kayu Jati merupakan jenis kayu berkualitas tinggi karena memiliki tingkat keras dan awet yang tinggi. Sebagaimana dijelaskan pada ulasan karakteristik kayu Jati. Ayo siapa yang melewati pembahasan ini.
  • Yang menjadi kelebihan lain dari kayu Jati adalah serat kayunya sangat indah sehingga bisa menampilkan kesan arsistik pada jenis olahan kayu yang akan di buat. Bahkan di luar negri, kayu teak (sebutan orang  luar pada kayu Jati) ini menjadi pilihan terbaik untuk berbagai olahan kayu.
  • Mudah diukir, sehingga sangat disukai oleh orang-orang tukang kayu. Tidak banyak jenis kayu yang memiliki tingkat keras dan awet yang baik namun mudah di ukir, karena biasanya kayu keras sangat sulit di ukir.
  • Memiliki minyak Anti rayap dan pertumbuhan jamur. Minyak anti rayap ini berada di inti batang kayu Jati, jadi semakin inti kayu jati yang digunakan, maka produksi minyak ini akan semakin banyak.

Kekurangan kayu Jati

  • Kayu Jati merupakan jenis kayu paling diminati di Indonesia bahkan di Dunia. Sehingga persaingan untuk mendapatkan kayu jati bermutu tinggi sangatlah ketat.
  • Harga kayu Jati cenderung tinggi, tapi memang ini berbanding lurus dengan kualitas yang dimiliki kayu Jati
  • Terdapat perbedaan kualitas kayu jati baik itu dibedakan warna kayu Jati, daerah asal kayu jati, atau serat pada kayu Jati. Sehingga jika ingin berniat membeli kayu Jati kita harus jeli memperhatikan kayu jati tersebut agar harga sebanding dengan kualitas pada kayu.

  ...Bagaimana cara kita mengetahui kayu jati berkualitas atau tidak ?

Tips Memilih kayu Jati

Tips memilih kayu jati yang baik

Dalam memilih kayu Jati kita harus memperhatikan beberapa faktor yaitu :

  1. Perhatikan warna kayu. Kayu jati yang bagus adalah jenis kayu Jati yang memiliki warna coklat yang lebih gelap.
  2. Perhatikan serat kayu. Semakin padat serat kayu maka kayu dinilai akan semakin keras, awet dan memiliki banyak minyak pelindung yang cukup banyak.
  3. Tidak berlubang. Kayu Jati yang berlubang menunjukan kayu Jati sudah diserang kumbang kayu
  4. Kayu Jati dari perhutani lebih baik dibandingkan kayu Jati dari warga lokal karena memiliki serat lebih padat. Maka dari itu, sebaiknya pilih jenis kayu Jati yang di produksi oleh perhutani jika menginginkan kayu Jati bermutu tinggi.
  5. Kayu Jati dari daerah jawa Tengah dan Jawa timur memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan jensi kayu Jati di daerah lain di wilayah Indonesia

selain faktor diatas, hal yang harus di perhatikan dalam memilih kayu Jati adalah Grade kayu

Perbedaan Grade pada Kayu Jati

Ada keunikan dari kayu Jati, karena kayu ini memiliki grade yang berbeda-beda meskipun berada pada satu batang pohon yang sama. Yaitu Grade A, Grade B dan Grade C dimana :

Jenis kayu Jati Grade A

Kayu Jati Grade A adalah kayu Jati yang terletak di area dekat inti kayu Jati. Pada posisi ini, produksi minyak pelindung rayap dari kayu jati melimpah, serat kayu sangat padat dan tingkat kekerasannya paling tinggi dibandingkan grade kayu jati lainnya.

Jenis Kayu Jati Grade B

Kayu Jati Grade B adalah kayu jati yang terletak di area tengah atau daging kayu Jati. Pada posisi ini produksi minyak pelindung mulai berkurang dan serat masih cukup padat tetapi tidak se-padat kayu Jati grade A.

Jenis kayu Jati Grade C

Kayu Jati Grade C adalah kayu jati yang terletak di area dekat kulit batang pohon Jati. Pada posisi ini produksi minyak sudat tidak ada dan serat sudah tidak padat lagi. Perbedaan mencolot kayu Jati grade C ini terletak pada warnanya yang cenderung lebih terang.

Perbedaan kayu Jati kampung dan Perhutani

Kayu jati perhutani cenderung memiliki serat yang lebih padat, pola teratur serta tidak terlalu banyak mata kayunya. Penyebabnya karena Pohon jati yang di produksi oleh perhutani melewati prosedur-prosedur yang tepat demi menghasilkan mutu kayu jati yang berkualitas.

Kayu Jati lokal olahan masyarakat atau lebih dikenal dengan mana kayu jati kampung ini memiliki kualitas sedikit dibawah kayu jati perhutani dengan ciri serat yang tidak begitu padat dan pola kurang teratur. Penyebabnya karena umumnya masyarakat tidak melakukan perawatan pohon kayu jati yang dilakukan oleh perhutani.

Perbedaan kayu jati kampung dan Perhutani

 

Bagaimana jika Pohon jati kampung di rawat dengan baik ?

Mungkin saja kualitas pohon jati kampung bisa menyamai pohon jati Perhutani. Tetapi selain faktor perawatan, faktor tanah juga sangat menentukan kualitas dari kayu Jati. Dimana tanah-tanah terbaik untuk produksi pohon jati hampir semuanya sudah di manfaatkan oleh perhutani untuk menjaga kelestarian pohon jati dan mengatur agar tidak ada eksploitasi.


Info Harga Lantai Kayu Jati :


ProdukDeskripsi

harga lantai kayu Jati grade A 20 cm
Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 20 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 225.000 /m2

harga lantai kayu Jati grade A 25 cm


Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 25 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 250.000 /m2

Parket lantai kayu jati ukuran 30 cm

Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 30 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 280.000 /m2

Parket lantai kayu jati grade B ukuran 25 cm

Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade B
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 25 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 225.000 /m2

Parket lantai kayu jati grade C ukuran 30 cm

Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade C
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 20 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 140.000 /m2

Parket lantai kayu jati grade C ukuran 30 cm

Nama : parket kayu Jati
kualitas : Grade C
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 5 cm
panjang : 30 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 160.000 /m2

Mini Flooring kayu Jati grade A

Nama : Mini Flooring kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,2 cm
Lebar : 7 cm
panjang : 30 -60 cm Random
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 325.000 /m2

Flooring kayu Jati Grade A

Nama : Flooring kayu Jati
kualitas : Grade A
Tebal : 1,5 cm
Lebar : 9 cm
panjang : 30-90 cm
Fitur : Pengunci T&G
Harga : Rp. 600.000 /m2

Selain Produk diatas, sebetulnya masih banyak jenis produk lantai kayu Jati lain yang bisa di pilih. Intinya Produk yang kami sediakan adalah :

  • parket kayu jati Grade A yang dibedakan menjadi 3 ukuran yaitu panjang 20, 25 dan 30 cm
  • parket kayu jati Grade B yang dibedakan menjadi 3 ukuran yaitu panjang 20, 25 dan 30 cm
  • parket kayu jati Grade C yang dibedakan menjadi 3 ukuran yaitu panjang 20, 25 dan 30 cm
  • Mini Flooring kayu jati dengan ukuran 1,2 x 7 x 30-60 terdapat 3 grade yaitu A, B & C 
  • Flooring kayu Jati dengan ukuran 1,5 x 9 x 30-90 cm terdapat 4 grade yaitu A, AB, B & C
  • Flooring kayu Jati Jumbo berukuran 1,5 x 12 x 30-90 cm terdapat 2 Grade yaitu A dan B

 harga diatas belum termasuk biaya pasang dan harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan informasi harga terbaru, bisa langsung menghubungi marketing kami atau bisa juga dengan berkunjung ke :

Daftar harga lantai kayu parket 2021 [ Rekomendasi Produk terbaik ]

Keterangan Produk lantai kayu Jati

Apa itu T&G ?


T&G Adalah istilah yang digunakan untuk lantai kayu atau parket yang memiliki fitur pengunci dibagian sampingnya. Hal ini penting disebutkan karena tidak sedikit lantai kayu yang tidak menggunakan fitur T&G ini.

Padahal Fitur ini sangat penting, karena bisa membuat parket saling mengunci satu sama lain dan membuatnya jauh lebih kuat terpasang.

Ngomong-ngomong. Untuk gambar diatas kami menggunakan contoh gambar dari lantai kayu Merbau. Pada lantai kayu Jati juga terdapat fitur tersebut, sebagaimana bisa anda lihat di list produk lantai kayu jati diatas. disini saya hanya ingin memperkenalkan produk kami lain yang bisa di pilih. Baca juga yuk : Ulas Produk : Lantai kayu Merbau untuk jenis hunian elegan dan mewah

Apa itu Parket, Mini Flooring dan Flooring ?

Untuk ini sebetulnya hanya membedakan ukuran dari lantai kayu jati saja. Dimana :

  1. Parket kayu jati memiliki ukuran tebal 1,2 dan lebar 5 cm
  2. Mini Flooring jati memiliki ukuran tebal 1,2 dan lebar 7 cm
  3. Flooring jati memiliki ukuran tebal 1,5 dan lebar 9 cm
  4. Flooring kayu jati Jumbo memiliki ukuran tebal 1,5 dan lebar 12 cm

Mari kita simak ulasan lainnya :

Project Pemasangan Lantai kayu jati

Pemasangan lantai kayu Jati ciracas jakarta

Gambar ini adalah gambar pemasangan lantai kayu di lapangan basket Ciracas Jakarta. Dengan menggunakan bahan parket kayu Jati Grade A.

Pemasangan lantai kayu Jati Makassar Internatioanl School

Untuk Projet lapangan basket ini berada di International school Makassar. Dengan menggunakan bahan lantai kayu Jati Grade A.

 

Pemasangan lantai kayu jati di rumah ibadah

Nah untuk pemasangan berikutnya adalah di Tempat Ibadah. Lantai kayu Jati yang digunakan adalah Mini Flooring kayu jati Grade B.

Pemasangan lantai kayu Jati di Restoran Bali

Bosan dengan tampilan lantai kayu jati yang mirip susun bata? Anda bisa menggunakan Metode pasang herringbone seperti project kita diatas, salah satu Project kami di Restoran Bali.

Untuk Menggunakan cara pasang herringbone ini anda harus menggunakan parket kayu dengan panjang yang sama. Maka, Mini Flooring dan Flooring kayu tidak dapat menggunakan metode pasang ini karena memiliki panjang random atau acak.

lantai kayu jati Herringbone Rumah Irwansyah Zaskia Sungkar

Pemasangan dengan model Herringbone ini memang banyak disukai. Salah satu project spesial kami ini juga menggunakan teknik pasang herringbone. 

Ada yang kenal dengan orang yang ada di Foto tersebut ?

Yah, Pada project pemasangan ini kami berkesempatan untuk memasang di rumah Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Selain Pemasangan menggunakan teknik herringbone, sebetulnya ada beberapa model lain yang bisa anda gunakan yaitu :

Model pemasangan lantai kayu jati

Untuk pemasangan lantai kayu di atas memiliki harga yang berbeda-beda karena tiap-tiap model pasang diatas memiliki kerumitan tersendiri. bagi anda yang berniat memasang lantai kayu, berikut biaya pasang lantai kayu jati :

Jenis pasangharga /m2
Flooring & Parket susun bata
Rp. 170.000
Parket Mozaik
Rp. 200.000
parket Herringbone
Rp. 200.000
parket Chevron
Rp. 250.000
Diatas keramik tambah
Rp. 20.000

Mau memasang lantai kayu Jati ?

Jika anda mau memasangnya, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan informasi tentang lantai kayu lebih lengkap. Konsultasi bersama kami Gratis

Call / Whatsapp :

Kenapa memilih kami untuk memasang lantai kayu Jati ?

kami merupakan perusahaan lantai kayu yang berafiliasi dengan salah satu supllier lantai kayu terbesar di Indonesia dengan kualitas produk bermutu tinggi dan bergaransi. Dengan stok lebih dari 1000 m2 bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memasang lantai kayu berskala besar.

Dengan cabang di Bandung, Jakarta, Surabaya dan Denpasar membuat kami bisa dapat dijangkau dengan mudah. Selain itu kami juga melayani pemasangan lantai kayu se-Indonesia.

Saatnya mewujudkan hunian nyaman, arsistik dan mewah dengan menggunakan lantai kayu Jati. jadikan hunainmu tampil beda dengan hunain lainnya. Lebih sehat dan lebih aman bagi anak-anak dan lansia.

Demikian ulasan tentang lantai kayu jati kali ini semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli lantai kayu jati atau jenis lantai lainnya.

Posting Komentar untuk "Parket Lantai Kayu Jati. Pilihan Terbaik Untuk Rumah Estetis Dan Arsistik"