Laminate Flooring: Kupas Tuntas Alasan Lantai kayu ini murah & mudah dipasang !

harga lantai kayu laminated - Sebagai salah satu seni menghias rumah, penggunaan lantai kayu menjadi salah satu cara terbaik yang bisa sobat terapkan. seni penerapan lantai kayu ini bisa memberikan banyak nilai positif bagi penhuninya.

nilai positif yang bisa sobat dapatkan antaranya... :
  • Rasa nyaman di kaki, enak pake jalan;
  • Tidak perlu lagi gunain karpet karena lantai kayu udah hangat;
  • tidak mudah peceh bila benda tajam menerjangnya;
  • berkesan natural.
Tetapi kadang kala, kita mengurungkan diri untuk menerapkan lantai kayu pada hunian. Mengingat harga lantai kayu sendiri terbilang mahal untuk kalangan menengah kebawah.

...Contohnya saja harga lantai kayu Jati kualitas ekport bisa mencapai angka 600ribuan per meter

Itu belum BIAYA PASANG.

Untuk sebagian orang mungkin harga tidak akan menjadi masalah. tetapi bagi sobat yang tidak hanya mementingan estetika rumah, karena masih banyak keperluan lain yang harus di penuhi juga, menggunakan lantai berestetika tinggi seperti lantai kayu menjadi pertimbangan kembali.

....untungnya, sekarang ini sudah hadir lantai kayu murah.

yaitu Parket laminasi

Kali ini mari kita kupas tuntas Jeroan dari Laminate Floor ini, agar kita tahu alasan kenapa sih lantai kayu ini mudah dipasang dan harganya murah. Simak ulasan tentang laminate Flooring ini agar nanti sobat tidak salah memilih jenis lantai terbaik untuk hunian.

Jika sobat seorang pengamat pasar lantai kayu, dulu lantai satu ini memiliki reputasi yang buruk karena mudah rusak, sekarang ini lantai kayu laminasi kembali dengan berbagai fitur baru yang kualitas yang ditingkatkan.

parket laminated atau hardboard adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari serbuk kayu dan resin yang dipadatkan pada suhu dan tekanan tinggi. Diolah sedemikian rupa agar enak di pijak, kuat dan awet terpasang pada lantai.

Jenis serbuk yang digunakan adalah jenis HDF (High Density Fiberboard) sebagai jenis serbuk kayu yang memiliki kerapatan paling tinggi diantara jenis serbuk kayu lainnya.


Kelebihan lantai kayu laminate dibanding parket solid

- Harga lebih terjangkau

Dibandingkan lantai kayu solid, laminate Flooring ini memiliki harga yang lebih terjangkau meskipun tidak lebih terjangkau di Bandingkan keramik dan vinyl.

mending Keramik atau vinyl dong pak?

Tidak juga,  karena :

- Laminated Flooring hangat dan nyaman

Laminated Flooring biasanya dilapisi Foam Under layer yang empuk ditambah dengan laminate flooring sendiri yang lebih empuk ketimbang keramik. Apalagi lantai laminated ini hangat jadi enak pake jalan bahkan rebahan langsung disana.

- Anti alergi

kadang Debu-debu dan kotoran menempel di karpet membuat kita mudah terkena alergi. Penggunaan laminated flooring menghidarkan debu serta sipatnya yang tahan bakteri dan jamur.

Namun, perekat dan bahan kimia yang digunakkan dalam lantai laminasi dapat memicu reaksi alergi pada penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya.

- Pemasangan jauh lebih cepat

Perbaikan sistem yang dilakukan produsen Laminated Flooring ini salah satunya adalah memperbaiki sistem pasang yang di permudah dan dipercepat.

- Tidak mudah melengkung

karena bukan terbuat dari solid Wood, lantai laminasi ini jadi tidak mudah melengkung. Ini juga merupakan Fitur yang ditambahkan untuk perbaikan yang dilakukan produsen lantai laminate ini.

- Perawatan lebih mudah

Tidak perlu di pel terlalu sering, cukup dengan sapu dan lap kering, lantai laminate akan kembali terlihat bersih.

Bukan hanya ada kelebihan, ada juga kekurangan dari laminated Flooring ini.

Kekurangan laminated Flooring di banding lantai kayu solid

- Corak kayu monoton dan kurang natural

Jika sobat bandingkan dengan lantai kayu solid, coraknya kurang alami (natural), Coraknya sama semua sehingga keliatan monoton dan tampilan warnanya dibuat-buat.

- Daya tahan tidak sebaik lantai kayu solid

jika kita menginginkan lantai kayu yang paling awet dan kuat, lantai kayu solid masih tetapi juaranya. laminated ini masih tidak sebaik lantai kayu solid dari segi ketahaannya.

- Ketika berjalan terdengar ketukan yang keras

bagian ini sih bisa jadi kelebihan juga, karena sobat dapat mengetahui ada yang jalan di rumah pada saat malam hari. Tetapi menurut estetika, suara ketukan yang keras ini memang kurang nyaman. Apalagi jika lantai kayu laminated ini dipasang di perpustakaan, Wah,,, pasti banyak yang terganggu.

- mudah mendapatkan goresan

 Lapisan pelindung laminated flooring ini tipis sehingga bila terkena goresan, apalagi goresan dari benda tajam, maka laminated Flooring mudah tergores. Silahkan buktikan sendiri jika mau....

- resiko patah lebih tinggi dari pada parket solid

umumnya, laminated Flooring memiliki ukuran yang tipis tetapi memanjang sehingga mudah patah. Apalagi bahan bakunya dari serbuk kayu sehingga tidak terdapat serat kayu yang berfungsi untuk memperkuat ikatan kayu.

- jika ada kerusakan, tidak bisa di refarasi, harus di ganti semua 

Jika sobat berencana memasang lantai kayu untuk digunakan dalam kurun waktu yang lama, menggunakan laminated flooring bukanlah pilihan yang baik.

emang berapa lama umur lantai kayu laminasi ini ?

berdasarkan informasi dari floorcritics.com/ laminated Flooring ini memiliki umur dari 15 sampai 25 tahun. Umur ini sangat dipengaruhi dari kondisi rumah dan perawatan dari sobat sendiri.

- Mengandung VOC

Volatile Organic Compounds (VOC) adalah Senyawa organik yang mudah menguap. Senyawa-senyawa organik ini dapat terlepas ke udara dan jika sistem kekebalan tubuh sobat kurang baik, maka akan mengakibatkan Iritasi mata, hidung dan tenggorokan.

sekarang ini, pabrikan-pabrikan laminated flooring sedang berusaha keras untuk mengurangi dampak VOC pada produknya.

kita tungu saja....

informasi lengkap VOC : epa.gov

...bagaimana dengan finishing kayu ?

berbeda dengan lantai kayu solid yang memerlukan proses finishing untuk memperkuat dan mempercantik tampilan kayu, Laminated Flooring ini tidak memerlukan proses Finishing. Makanya pemasangan lantai kayu laminated ini jauh lebih cepat.

Sebagai ganti Finishing, pada laminated flooring di buat sudah di lengkapi dengan lapisan alumunium oxide yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan, goresan serta mempercantik tampilan corak kayu. Mirip dengan fungsi Finishing pada lantai kayu solid.

karakteristik Laminated Flooring

Laminated flooring ini merupakan jenis lantai kayu yang memiliki karakteristik simple, cepat di pasang, dan mudah di rawat.

Ukurannya :
  • Tebal  = 8,3 mm
  • lebar  = 195 mm
  • Panjang  = 1215 mm
di bagian sampingnya, lantai kayu laminate terdapat double click sistem yang membuat pemasangan lantai kayu dapat lebih kuat, lebih mudah dan lebih cepat. Sementara di bagian atasnya sudah di terapkan sistem WAX untuk meningkatkan daya tahan terhadap air.

Tips memilih lantai kayu laminated terbaik untuk hunian

Kupasan berikutnya yang harus kita ketahui adalah isi dari laminated flooring ini. Bagaimana kita memilih jenis laminated yang pas untuk hunian?

Berikut ini Tips memilih lantai kayu laminated terbaik

Pemilihan serbuk Kayu (HDF)

terdapat jenis-jenis serbuk kayu yang biasanya digunakan untuk keperluan kerajinan, yaitu LDF (low Density Febreboard), MDF (Medium Density Febreboard) dan HDF (high Density Febreboard).
  • Low Density Febreboard (LDF) memiliki kerapatan serbuk kayu yang kurang baik
  • Medium Density Febreboard (MDF) memiliki kerapatan yang lumayan, sehingga banyak digunakan untuk keperluan kerajinan seperti untuk meja dan lemari 600 kg/m³
  • High Density Febreboard (HDF) memiliki kerapatan serbuk yang sangat tinggi sehingga amat keras dan mudah patah, makanya jarang digunakan untuk furnitur tetapi banyak digunakan untuk lantai parket. 800 kg/m³ 
"Berarti serbuk kayu untuk laminated Flooring sudah paling bagus?"

....belum tentu

ada beberapa kategori yang perlu di tinjau juga yaitu warna HDF tersebut.

  1. HDF berwarna Hijau Muda. Jenis HDF ini memiliki sipat menyerap uap air di udara, sehingga resiko parket memuai jadi tinggi
  2. HDF berwarna Putih. Jenis HDF ini memiliki sipat kurang cocok pada iklim trofis. HDF ini lebih sering digunakan di Eropa
  3. HDF berwarna coklat muda dan tua. Jenis HDF yang memiliki ketahanan paling baik untuk segala kondisi. Jarang mengalami pengembangan setelah pemasangan selesai.

Kenali Peringkat AC untuk kualitas lantai kayu laminated

Abrasion Class (AC)  adalah Sistem peringkat yang dikembangkan oleh Produsen Laminated Flooring di Eropa (eplf.com). Semakin tinggi peringkat AC, semakin kuat kualitas lantai,

"Ya udah, yang tingkat AC nya tinggi aja...."

....Tidak bisa gitu juga sob, 

karena semakin tinggi kualitas AC, maka akan semakin tinggi harga yang ditawarkan. Maka dari itu pemilihan tingkat AC yang sesuai dengan kebutuhan merupakan pilihan paling bijak.

Sumber : https://www.bestlaminate.com/
  1. AC-1 : untuk kebutuhan rumah Pribadi dengan lalu lintas ringan seperti kamar tidur
  2. AC-2 : kebutuhan rumah Pribadi dengan lalu lintas pejalan kaki sedang seperti ruang makan
  3. AC-3 : kebutuhan rumah lalu lintas pejalan kaki lumayan tinggi seperti di ruang tamu
  4. AC-4 : Kebutuhan Komersial seperti kantor, kafe, salon, dan area yang lumayan aktif
  5. AC-5 : kebutuhan komersial dengan lalu lintas tinggi seperti restoran, sekolah, dan toko ritel
  6. AC-6 : untuk area Publik seperti Terminal, station, Bendara dan supermarket

Setiap peringkat AC memiliki tingkat keausan dengan jarak 60% dari peringkat sebelum dan sesudahnya. Misalnya laminated AC-2 mengalami peningkatan keausan dari AC-1 dan AC-3 mengalami peningkatan 60% dari AC-2.

"Dimana saya bisa melihat HDF dan AC pada lantai kayu laminated yang saya beli ?"

Pada bagian kardus, kemasan, Brosur, buku dan website penyedia lantai laminated tersebut.

Benarkah laminate Floor mudah di pasang ?

mari kita buktikan sob, bahwa memasang laminated Flooring ini sangatlah cepat dan mudah. 

Alat yang di perlukan cuma :
  1. Palu
  2. Gergaji
  3. meteran
Bahan yang di perlukan cuma :
  1. Lantai kayu laminated
  2. Polyfoam under layer
Pemasangan di mulai dengan menghamparkan Under layer di suluruh permukaan lantai yang akan di pasang laminate. kemudian langsung lakukan penyusunan perlembar laminated dan dipasang menyerupai penyusunan bata.

Pemasangan laminate dilakukan dengan cara mengaitkan setiap lidah double click satu sama lain hingga tidak ada celah. untuk lebih kuat anda bisa menggunakan Palu untuk memukul tiap sudut lantai laminate agar terpasang dengan kuat.

yang lebih lengkap bisa dilihat aja di video ini sob...

Begini cara yang benar merawat lantai laminate

Bagian terakhir yang harus sobat ketahui dari jenis lantai empuk ini adalah...

"how to take care of laminated wood floors"


Dalam merawat lantai kayu laminate, sebetulnya sama saja dengan merawat lantai jenis lainnya seperti menyapu dan mengepelnya.


Namun, apakah cara konvensional seperti ini mampu menjaga lantai tetap awet ?


Jawabnya TIDAK...


untuk menjaga lantai kayu laminate ini tetap bersih dan awet, bagian penting yang harus anda perhatikan adalah menghindari laminate Flooring ini agar tidak terkena goresan. sebagai salah satu kekurangan dari laminated flooring ini.


Untuk mengurangi resiko lantai tergores perhatikan penggunaan sapu dan pel agar tidak terlalu kasar. 


Kedua,


Perhatikan juga agar kain pel tidak terlalu basah, mengingat lantai kayu laminated ini tidak dilapisi dengan bahan Finishing sehingga terdapat celah masuk air disetiap sisi kepingan laminated.



jangan sering-sering mindahin Furnitur karena sangat beresiko membuat lantai tergores. 


jangan pula membiarkan Noda tertinggal pada lantai terlalu lama karena bisa berakibat buruk pada lantai kayu laminated tersebut.


jangan gunakan pembersih noda seperti amonia karena beresiko mengangkat sel pelapis lantai sehingga lantai menjadi cepat kusam.


Laminated Flooring Golden Crown & Kendo

Kedua laminate Flooring ini merupakan jenis lantai kayu sintetis yang bisa anda gunakan. Untuk harga sendiri, baik Golden Crown maupun Kendo cukup berada di kisaran harga menengah. Akan tetapi kualitas yang dimilikinya sangat cocok untuk dipasang di daerah Trofis seperti di Indonesia


Makanya kami merekomendasikan kedua merk lantai kayu laminate ini.

harga lantai kayu laminated

Ada banyak sekali Produsen laminated Flooring, seperti Meforze, aqualoc, Milano, Home Deco, Golden Crown dan Kendo. Umumnya harga lantai laminate ini 150-250ribuan tergantung dari produsen serta kualitas dari lantai laminated itu sendiri.

nilai Golden Crown Kendo
Ukuran 8,3 mm x 195 mm x 1215 mm/ pcs, 1 box = 8 pcs = 1.8954 m2 0,8 cm x 19,6 cm x 120 cm /pcs, 1 box = 8 pcs
serbuk kayu HDF coklat tua HDF coklat tua
Lapisan AC-4 AC-4
Penguci sistem Double Click System Double Click System
Harga Rp. 220.000 /m2 Rp. 240.000 /m2

Rp. 418.000/box Rp. 456.000 /box
biaya pasang Rp. 50.000/box Rp. 50.000 /box

>> Catatan....
Harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah, oleh karenanya, untuk informasi harga terbaru bisa langsung kontak sales kami

Bisa pake Telepon, bisa juga pake WA...

Trisna 08121001419

Lantai kayu laminate bisa menjadi solusi lantai kayu yang bisa sobat gunain karena harganya terbilang lebih murah dari pada lantai kayu solid. Ditambah dengan cara pasang yang lebih mudah membuat lantai laminated ini bisa juga di pasang sendiri.

Demikian ulasan kali ini mengenai lamanated Flooring, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman sobat di bawah ini....

Belum ada Komentar untuk "Laminate Flooring: Kupas Tuntas Alasan Lantai kayu ini murah & mudah dipasang !"

Posting Komentar

Widget HTML Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel