Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kayu Kamper, kayu yang kuat dan anti rayap

 Kayu kamper- Jenis kayu ini merupakan kayu yang banyak ditemukan di kota samarinda kalimantan timur. kayu ini berasal dari tumbuhan bernama cinnamomum camphora.



Kayu kamper sudah dari dulu menjadi kayu yang banyak digunakan untuk pembuatan furniture, seperti kursi tamu, meja makan, lemari, dan dipan tempat tidur.

Tinggi pohon kayu kamper sangat tinggi, tingginya bisa sampai 20-30 meter, dengan diameter 0,6-12 meter. serat kayu yang khas berpola lurus dan bergelombang, sehingga ketika kita olah jenis kayu ini menghasilkan tampilan yang bagus. ditambah warna kayu yang merah dan nampak mengkilau membuat kayu ini dikategorikan kayu kelas mewah.

Kayu kamper memiliki aroma yang wangi seperti kamper, makanya jenis kayu ini dinamai kayu kamper. jenis kayu ini termasuk kayu kuat dan tahan terhadap rayap, tak heran jika kayu ini banyak di olah untuk keperluan berbagai macam furniture dan lantai kayu.

Walaupun di negara kita banyak memiliki jenis kayu yang berkualitas tinggi, untuk pembuatan furniture dan kusen. seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu bengkirai, kayu merbau, dan kayu ulin. namun kayu kamper bisa digunakan juga untuk pembuatan furniture.

Agar anda lebih tahu keunggulan kayu kamper, yu baca sampai selesai penjelasan di bawah ini:

Kelebihan dan kekurangan kayu kamper



Kelebihan kayu kamper

Jenis kayu ini memiliki kelebihan yang luar biasa, kelebihannya hampir sama dengan kayu jati. kayu ini sangat kuat dari serangan rayap, tahan terhadap lembap, dan tahan dari jamur. maka tak heran kayu ini sering dijuluki kayu anti rayap

Harga kayu ini walaupun memiliki kualitas yang baik, namun harga jual kayu kamper masih di bawah kayu jati. dengan harga yang terjangkau membuat kayu kamper ini banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. sehingga pasokan kayu kamper selalu banyak.

Memiliki warna kayu yang bagus, inilah yang menjadi daya tarik kayu kamper. selain memiliki kekuatan anti rayap dan harga yang terjangkau, warna kayu ini mirip seperti kayu mahoni, yaitu warna kemerahan yang relatif muda.

Kekurangan kayu kamper

Kekurangan dari jenis kayu ini adalah, aroma yang sedikit menyengat bau kamper membuat iritasi pada kulit, jika orang yang mudah terkena alergi jangan coba-coba menyentuh kayu kamper. dan kayu kamper pun sangat sensitif jika sering terkena air. karena kayu kamper bila sering terkena air akan mudah menyusut.
maka tak heran jika kayu ini harus di simpan di tempat yang aman dari cipratan air

Kayu kamper membutuhkan waktu yang sangat lama jika mulai memasuki proses penghalusan, tekstur kayu yang kasar membuat proses penghalusan lebih lama jika dibandingkan dengan penghalusan kayu lainnya.

Kayu kamper bisa digunakan untuk konstruksi bangunan

Kayu kamper yang terkenal dengan kekuatannya dan anti rayapnya, sehingga banyak masyarakat menggunakan kayu ini untuk furniture.
untuk saat ini kayu kamper sudah biasa digunakan untuk mempercantik rumah dan memperkokoh sebuah bangunan.

Kayu kamper ada yang di olah menjadi kusen pintu, kusen jendela, dan tiang-tiang pada sebuah bangunan.
kayu ini memang benar-benar kuat, maka tidak diragukan lagi jika kayu ini digunakan untuk kontruksi bangunan.

Dengan warna yang khas, membuat kayu ini semakin cantik ketika di olah menjadi sebuah pelengkap bangunan.

Perbandingan kayu kamper dengan kayu rengas



Kayu kamper yang dikategorikan sebagai kayu yang mirip dengan kekuatan kayu jati, dan dari segi warna yang menyerupai kayu mahoni. jenis kayu ini dikategorikan sebagai kayu berkualitas tinggi.

Jika dibandingkan dengan kayu rengas, jelas kayu kamper ini di unggulkan.
kayu rengas memiliki keunggulan dari segi warna dan serat yang khas, yaitu memiliki serat garis-garis dan warna yang merah kecoklatan.

kayu rengas pun memiliki kekuatan yang bagus, karena kayu ini sering digunakan untuk bantalan kereta api. sehingga dari segi kekuatan antara kayu kamper dan kayu rengas hampir sama.

Baca juga tentang kayu rengas

Perbandingan dengan kayu kempas



Lalu bagaimana dengan kayu kempas. kayu kempas yang berasal dari kalimantan dan sumatera ini banyak digunakan masyarakat indonesia untuk berbagai keperluan furniture dan konstruksi lainnya.

Namun kayu kempas dikategorikan sebagai kayu kuat yang masuk ke dalam kelas wahid. namun kekurangan dari kayu ini adalah keawetannya yang sangat rendah.

Jika dibandingkan dengan kayu kamper, kayu kempas tidak diunggulkan dari segi  keawetannya..
kayu kamper unggul dari segi kekuatan dan keawetan. maka tak heran jika kayu kamper ini dikategorikan sebagai kayu yang mirip dengan kayu jati


Dari tiga kayu yang saya jelaskan, yaitu kayu kamper kayu rengas, dan kayu kempas. semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.
bukan berarti dari salahsatu kekurangan kayu tersebut jelek. tiga jenis kayu tersebut sering kami olah untuk menjadi lantai kayu.
kami perusahaan lantai kayu terbesar di indonesia, sering mengolah kayu tersebut. karena kami tahu kayu yang berkualitas untuk dijadikan lantai kayu parket
Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kayu Kamper, kayu yang kuat dan anti rayap"

Widget HTML Atas