Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Sudah tahukah Perbedaan Kayu kruing dan Bengkirai?

Perbedaan kayu kruing dan bengkirai

Dua jenis kayu ini adalah kayu yang sering digunakan untuk keperluan pembangunan kontruksi berat seperti tihang bangunan, jembatan, dan digunakan juga untuk penutup lantai atau yang biasa kita dengar lantai kayu parquet.

Kualitas kedua kayu ini sudah tidak di ragukan lagi, banyak para pengrajin yang telah menggunakan kayu ini sebagai bahan yang dipercaya.

Memiliki kekuatan dan keawetan yang baik, sehingga kayu ini dipercaya untuk dijadikan sebuah bahan penutup lantai dari kayu.

Agar anda semakin tahu tentang karakteristik kedua kayu bagus tersebut, saya akan jelaskan secara lengkap.
saya harap anda membaca artikel ini sampai selesai

Mengenal lebih dalam tentang kayu kruing

Kayu kruing merupakan kayu yang sangat populer di dunia pertukangan, tidak ada tukang yang tidak mengenal kehebatan yang di miliki kayu kruing ini.
kayu ini merupakan kayu yang banyak ditemukan di pulau jawa, sumatera, dan kalimantan

Pohon dari kayu kruing ini memiliki ciri yang mudah di ingat oleh para pengrajin, soalnya pohon ini memiliki cabang bebas dan tidak beraturan.

Kita bisa melihat dari panjang cabang yang bisa mencapai 35cm, dengan tinggi lurus mencapai 50 meter dan diameter sekitar 120cm.

Untuk masalah warna kayu kruing, warnanya mudah kita ingat yaitu warna coklat kemerahan dan warna kelabu yang pekat.
dari segi serat, serat kayu kruing lurus dan berpadu. bahkan dari segi permukaan kayu ini sangat mengilap sehingga kayu ini terlihat sangat mewah

Kayu kruing memang tidak diragukan lagi, karena kayu ini tergolong kayu keras kelas wahid dan keawetannya golongan nomer II. sehingga kayu ini banyak digunakan untuk bahan pembangunan berat maupun sedang.

Hasil olahan kayu kruing

olahan kayu kruing

Kayu kruing selain kuat dan memiliki tampilan yang mewah, kayu ini sangat kuat atau tidak mudah pecah belah ketika dipotong tipis untuk dijadikan plafon kayu dan kayu yang ditempelkan pada dinding.

Plafon kayu yang saya maksud adalah penutup langit-langit bangunan pengganti plafon triplek maupun jenis plafon lainnya.
kayu kruing sering dijadikan plafon kayu yang di anggap memiliki tampilan yang enak saat dipandang.

Tak hanya enak dipandang saja plafon kayu akan menahan udara panas dan udara dingin yang masuk melalui sela-sela genteng.

Selengkapnya baca:

Tentang plafon kayu

Apa saja yang menjadi kelebihan kayu kruing

Kualitas kayu kruing sebenarnya memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan kayu jati, sama-sama masuk kedalam golongan kayu kuat kelas I. namun yang menjadi pembeda kayu kruing dengan kayu jati adalah keawetannya, keawetan kayu kruing masuk ke dalam golongan nomer II sedangkan kayu jati masih nomer I.

Proses pengawetan kayu kruing agar benar-benar bisa awet sangat lama, maka sering dcampurilah bahan pengawet. hal ini dilakukan jika kayu kruing akan digunakan untuk tempat yang kelembapannya sangat tinggi seperti kamar mandi.

Namun jika hanya digunakan untuk rangka atap, kayu ini jarang di kasih obat pengawet terlebih dahulu soalnya kayu ini sudah jelas sangat kuat menahan beban yang berat.

Berbeda lagi jika kayu kruing yang sudah di jadikan parquet seperti yang kami jual, kayu tersebut sudah dikasih obat pengawet serta dikeringkan dengan sempurna.
maka tak heran jika produk kami selalu laris dipasaran

Baca juga



Mengenal kayu bengkirai

kenali kayu bengkirai

Di indonesia kayu bengkirai banyak ditemukan di pulau kalimantan, karena pohon ini cocok bertumbuh di hutan tropis.
di negara tetangga seperti malaysia dan pilipina kita juga bisa menemukan kayu bengkirai, karena penyebaran kayu ini lumayan luas.

Tinggi dari pohon ini biasanya sekitar 40 meter dengan diameter sekitar 120cm.

Warna kayu yang khas dan cantik yang sering kita lihat dari kayu ini, yaitu kuning kecoklatan sehingga kayu ini memiliki nama lain yaitu "YELLOW BALAU"

Kepadatan kayu ini sangat padat, bahkan bobotnya jika dibandingkan dengan kayu jati bobot kayu bengkirai lebih berat.
namun kalau kualitas jelas kayu jati masih unggul

Akan tetapi jika kayu bengkirai dibandingkan dengan kayu kruing, kualitasnya hampir sama.
ada kelebihan dan kekurangan yang menjadi ciri dari setiap kayu.

Di dunia parquet, kayu bengkirai di olah menjadi decking kayu atau lantai kayu outdoor.
kayu ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, tahan rayap serta tahan jamur

Selain parquet kayu ini sudah menjadi langganan untuk bahan kontruksi berat seperti jembatan, tihang bangunan, dan yang lainnya.

Intinya kayu ini sudah sering digunakan untuk kebutuhan outdoor

Bisa baca

Posting Komentar untuk "Sudah tahukah Perbedaan Kayu kruing dan Bengkirai?"

Widget HTML Atas