Ingin Tahu Perbedaan Kayu keruing Dan Bengkirai? Yuk, Kita Bahas Sampai Tuntas

Daftar Isi
perbandingan kayu keruing dan bengkirai

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa keruing dan bengkirai merupakan dua jenis kayu yang kerap diandalkan untuk menunjang kebutuhan konstruksi skala berat. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu keruing dan kayu bengkirai memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat mumpuni. 

Lantas, mana yang lebih berkualitas diantara kedua jenis kayu tersebut?

Nah, untuk mengetahui perbandingan kayu keruing dan kayu bengkirai, mending simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Pertumbuhan Kayu Keruing

Kayu keruing (Kruing) merupakan kayu yang sangat populer di dunia pertukangan, tidak ada tukang yang tidak mengenal kehebatan yang di miliki kayu ini.

Pertumbuhan Kayu Keruing

Kayu ini merupakan kayu yang banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Pohon dari kayu kruing memiliki ciri yang mudah di ingat oleh para pengrajin, soalnya pohon ini memiliki cabang bebas dan tidak beraturan.

Kita bisa melihat dari panjang cabang yang bisa mencapai 35cm, dengan tinggi lurus mencapai 50 meter dan diameter sekitar 120cm.

Untuk tampilan fisiknya, kayu keruing mengusung warna coklat kemerahan dan warna kelabu yang pekat.

Dari segi serat, serat kayu kruing lurus dan berpadu. bahkan dari segi permukaan kayu ini sangat mengilap sehingga kayu ini terlihat sangat mewah

Kayu kruing memang tidak diragukan lagi, karena kayu ini tergolong kayu keras kelas wahid dan keawetannya golongan nomer II. 

Sehingga kayu ini banyak digunakan untuk bahan pembangunan berat maupun sedang.

Berbagai Hasil Olahan Kayu Keruing

Kayu keruing selain kuat dan memiliki tampilan yang mewah, kayu ini sangat kuat atau tidak mudah pecah belah ketika dipotong tipis untuk dijadikan plafon kayu.

Berbagai Hasil Olahan Kayu Keruing

Plafon kayu yang dimaksud adalah penutup langit-langit bangunan pengganti plafon triplek maupun jenis plafon lainnya.

Tak hanya enak dipandang, bahkan plafon kayu juga akan menahan udara panas dan udara dingin yang masuk melalui sela-sela genteng.

Selain plafon, adapun berbagai olahan lainnya dari kayu keruing seperti lantai kayu outdoor, panel dinding, hingga pagar rumah. 

Kelebihan Kayu Keruing

Kualitas kayu kruing sebenarnya memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan kayu jati, sama-sama masuk kedalam golongan kayu kuat kelas I. 

Kelebihan Kayu Keruing

Namun, yang menjadi pembeda kayu kruing dengan kayu jati adalah keawetannya. Ya, keawetan kayu kruing termasuk ke dalam golongan nomer II sedangkan kayu jati masih nomer satu.

Proses pengawetan kayu kruing agar benar-benar bisa awet sangat lama, maka sering dcampurilah bahan pengawet. 

Hal ini dilakukan jika kayu kruing akan digunakan untuk tempat yang kelembapannya sangat tinggi seperti kamar mandi.

Namun jika hanya digunakan untuk rangka atap, kayu ini jarang di kasih obat pengawet terlebih dahulu soalnya kayu ini sudah jelas sangat kuat menahan beban yang berat.

Berbeda lagi jika kayu kruing yang sudah di jadikan parquet seperti yang kami jual, kayu tersebut sudah dikasih obat pengawet serta dikeringkan dengan sempurna.

Maka tak heran jika produk kami selalu laris dipasaran

Mengenal Kayu Bengkirai

Di Indonesia kayu bengkirai banyak ditemukan di pulau kalimantan, karena pohon ini cocok bertumbuh di hutan tropis.

Mengenal Kayu Bengkirai

Tak hanya Indonesia, pohon kayu bengkirai juga tumbuh subur di beberapa kawasan negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina.

Tinggi dari pohon ini biasanya sekitar 40 meter dengan diameter sekitar 120cm.

Warna kayu yang khas dan cantik yang sering kita lihat dari kayu ini, yaitu kuning kecoklatan sehingga kayu ini memiliki nama lain yaitu "YELLOW BALAU"

Kepadatan kayu ini sangat padat, bahkan bobotnya jika dibandingkan dengan kayu jati bobot kayu bengkirai lebih berat. Namun, soal kualitas jelas kayu jati masih unggul

Akan tetapi, jika kayu bengkirai dibandingkan dengan kayu kruing, maka kualitasnya hampir sama. Ada kelebihan dan kekurangan yang menjadi ciri dari setiap kayu.

olahan kayu bengkirai
Lantai Outdoor Dari Kayu Bengkirai

Di dunia parquet, kayu bengkirai di olah menjadi decking kayu atau lantai kayu outdoor.
kayu ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, tahan rayap serta tahan jamur

Selain parquet kayu ini sudah menjadi langganan untuk bahan kontruksi berat seperti jembatan, tihang bangunan, dan yang lainnya.

Artikel Terkait:  Decking kayu Bengkirai

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai perbandingan antara kayu keruing dan bengkirai. 

Bagi anda yang ingin memesan produk lantai outdoor dari kayu keruing dan kayu bengkirai, segera hubungi marketing kami pada nomor:  0812 2041 996 (Amir). 


Posting Komentar