Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

8 Sipat Kayu Apitong / Keruing Dan Ragam Manfaatnya

Kayu apitong- Kayu yang memiliki nama lain, yaitu kayu keruing. jangan heran jika ada yang menayakan jenis kayu apitong. Karena kayu tersebut adalah kayu keruing.

Jenis kayu ini banyak tumbuh di indonesia, seperti di pulau kalimantan, sumatra, jawa, bali, lombok, dan sumbawa.

Karakteristik kayu Apitong keruing kekurangan kelebihan

Kayu keruing dihasilkan oleh pohon yang berukuran sedang dan besar, dengan ketinggian rata-rata bisa mencapai 65 meter dengan batang yang sangat lurus. kayu ini sering di olah untuk keperluan bangunan umum, baik untuk kontruksi sedang maupun berat. keunggulan kayu ini memiliki struktur warna, kekuatan, dan keawetan yang sama.

Sifat kayu yang keras di kategorikan sebagai kayu kuat kelas I dan II. dan termasuk kayu awet kelas III. kayu ini memiliki kelemahan dalam kerendahan tingkat ke awetan, sehingga kayu ini sering di awetkan terlebih dahulu dengan memasukan zat pengawet kreosot. 

Sehingga kayu ini jarang sekali digunakan untuk keperluan yang langsung berhubungan dengan tanah. kayu ini lebih sering digunakan untuk keperluan di dalam ruangan (interior), seperti untuk pembuatan kusen pintu, jendela, dan keperluan interior lainnya.

Setelah kayu ini di awetkan dengan zat khusus, kayu ini sudah diyakini bisa menahan beban kontruksi berat. maka tak heran jika kayu ini sudah dicampuri bahan pengawet kayu ini langsung digunakan untuk keperluan di luar ruangan, seperti untuk tiang telpon, tiang listrik, bantalan rel kereta api, pembuatan kapal, dan dermaga. kayu keruing yang telah menggunakan zat pengawet akan bertahan lama, bahkan diperkirakan bisa awet sampai 20 tahun.

Baca juga tentang Seberapa hebatkan kayu kempas?

Sipat Kayu Apitong / Keruing
8 Sipat Kayu Apitong / Keruing Dan Ragam Manfaatnya

Kayu Apitong, dengan sifat-sifat uniknya, telah menjadi bahan konstruksi yang sangat dihargai di berbagai proyek. Salah satu aspek menariknya adalah sifat-sifat atau sipat-sipat khas yang membuatnya menjadi pilihan utama. 

1. Kekuatan dan Ketahanan Terhadap Tekanan
Salah satu sipat-sipat paling mencolok dari kayu Keruing adalah kekuatannya yang luar biasa. Kayu ini dikenal memiliki daya tahan terhadap tekanan yang tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk aplikasi yang memerlukan struktur yang kuat dan tahan lama.

2. Ketahanan Terhadap Kelembaban dan Air
Sipat lain yang membuat kayu Keruing unggul adalah ketahanannya terhadap kelembaban dan air. Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk proyek-proyek di luar ruangan, seperti dek, jembatan, atau konstruksi maritim.

3. Kekerasan yang Tinggi
Kayu Keruing memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, memberikan daya tahan terhadap goresan dan aus. Ini membuatnya cocok untuk penggunaan di area dengan lalu lintas atau beban tinggi.

4. Kestabilan Dimensi
Sipat ini mengacu pada kemampuan kayu Keruing untuk menjaga dimensinya relatif tetap, bahkan saat terpapar perubahan suhu atau kelembaban. Kestabilan dimensinya membuatnya kurang rentan terhadap perubahan bentuk seperti membengkok atau merobek.

5. Kemampuan Memegang Paku dan Sekrup
Sifat ini sangat berharga dalam konstruksi, karena kayu Keruing memiliki kemampuan yang baik untuk memegang paku dan sekrup. Hal ini memudahkan proses pemasangan dan konstruksi.

6. Warna dan Serat yang Menarik
8 Sipat Kayu Apitong / Keruing Dan Ragam Manfaatnya

Selain sifat fisiknya, kayu Keruing juga memiliki warna dan serat yang menarik secara visual. Warna coklat yang hangat dan serat yang khas memberikan sentuhan estetika pada proyek konstruksi.

7. Daya Tahan Terhadap Serangan Hama
Kayu Keruing dikenal tahan terhadap serangan hama, menambah nilai tambah dalam hal ketahanan jangka panjang.

8. Sulit Di olah
Tidak seperti kayu pada umumnya yang mudah untuk digergaji, kayu apitong (keruing) sangat sulit untuk di gergaji karena mengandung cairan resin dan silika yang tinggi. sehingga banyak pengrajin kayu yang akan mengolah kayu keruing ini di keringkan terlebih dahulu, agar proses penggergajian menjadi mudah.

Namun dalam proses pengeringan kayu keruing harus lebih hati-hati, karena apabila tidak hati-hati kayu keruing ini akan mudah melengkung, pecah, dan belah.

Pemanfaatan dari kayu keruing

Sipat-sipat yang dimiliki kayu Keruing menjadikannya pilihan yang sangat dihargai dalam berbagai aplikasi konstruksi. Dari pembuatan dek dan jembatan hingga konstruksi maritim, kayu Keruing membuktikan keandalannya. Sebagai bahan yang tahan lama, kuat, dan estetis, sipat-sipat kayu Keruing terus memikat para profesional konstruksi dan desainer.


Kayu keruing (apitong) memiliki karakter yang cocok untuk di olah menjadi bahan utama parquet. kayu yang berasal dari kalimantan dan sumatra ini memiliki keunggulan minyak (oily) yang sering keluar dari serat kayu tersebut.

Lalu apa fungsi dari minyak tersebut, minyak (oily) tersebut berfungsi untuk melindungi kayu supaya bisa bertahan lama walaupun sering terkena oleh air.

Maka tak heran jenis kayu ini sering di produksi untuk decking kayu outdoor atau kayu untuk halaman luar ruangan.

pemanfaatan kayu kruing
Decking kayu


Kayu apitong ini sangat cocok untuk decking kayu, selain kayunya yang keras dan memiliki warna yang khas yaitu merah kecoklatan, coklat dan kelabu tua. kayu ini mampu menarik para pecinta lantai kayu parquet untuk digunakan di halam luar rumahnya.


Selain digunakan untuk decking kayu, kayu keruing di olah juga untuk bahan plafon. kayu ini memiliki kekuatan yang bagus, ketika di potong-potong tipis untuk plafon kayu, kayu keruing ini tidak pecah.
bahkan selain untuk decking dan plafon, kayu keruing digunakan untuk menutufi dinding. sehingga dinding rumah terlihat lebih natural dan mewah



plafon kayu
Plafon kayu

Perbandingan kayu keruing (apitong) dan kayu kamper

Di indonesia banyak sekali jenis kayu yang berkualitas tinggi, tidak hanya kayu jati saja yang memiliki keunggulan berkelas, namun ada kayu lainnya yang tak kalah jauh dari kayu jati yang sudah mendunia, yaitu kayu kamper dan kayu keruing.

perbandingan kayu apitong dan kamper

dua jenis kayu ini memiliki ciri-ciri dan karakter yang unik, bahkan kedua jenis kayu ini sering digunakan untuk keperluan rumah, seperti kusen dan jendela.
sehingga kusen yang dihasilkan oleh kayu kamper dan kayu keruing membuat kusen tersebut menjadi awet.

Kayu keruing dan kayu kamper terbukti kuat dan awet, sehingga penjualan kayu yang belum di olah dan kayu yang sudah di olah menjadi kusen, lantai kayu, dan yang lainnya menjadi laris dipasaran.
di tambah pembangunan rumah, dan bangunan lainnya yang terus berkembang pesat membuat dua jenis kayu ini banyak digunakan.

Untuk kelebihan dari kayu keruing mungkin sudah saya di jelaskan di atas, namun untuk kayu kamper akan saya jelaskan di bawah.

Kayu kamper yang terkenal dengan aroma bau kampernya, dan dikenal sebagai kayu yang kuat dan anti rayap.
kayu yang banyak bertumbuh di daerah tropis seperti di kota samarinda kalimantan.

Kayu ini sering di olah untuk lantai kayu parquet, karena kayu ini jelas sangat kuat dan tahan terhadap rayap. karena pada umumnya lantai kayu sering digunakan untuk menutupi lantai alias langsung berhubungan dengan tanah, sehingga kayu ini banyak digunakan untuk keperluan parquet.
kayu apitong keruing

selengkapnya baca disini kayu kamper

Saran saya untuk anda yang sedang membutuhkan kayu berkualitas, dari dua kayu ini sudah sangat layak. karena kayu keruing dan kayu kamper adalah dua jenis kayu yang bisa awet sampai bertahun-tahun.

Posting Komentar untuk "8 Sipat Kayu Apitong / Keruing Dan Ragam Manfaatnya"