Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Tips menata rumah lansia supaya lebih aman

tips menata rumah lansia
0812-1001-419

Menata rumah bagi anggota keluarga memanglah sangat penting, dengan menata rumah yang lebih baik akan sangat aman bagi keluarga kita. jika di dalam rumah banyak anak-anak tentu kita juga sebagai orangtua harus memperhatikan desain interior untuk ana-anak. apabila di dalam rumah terdapat orangtua usia lanjut atau lansia perlu kita perhatikan juga.

Anda harus memperhatikan kedua orangtua yang sudah masuk ke dalam kategori usia lanjut, biasanya lansia selalu membutuhkan pertolongan jika berada di dalam rumah, intinya harus ada alat bantu yang memudahkan dia dalam beraktifitas sehari-hari.

Ada beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk menata rumah lansia, agar orangtua anda selalu selamat ketika berada di dalam rumah. karena orangtua kita harus diperhatikan keselamatannya supaya hidup mereka merasa aman, nyaman, dan bahagia.


Cara menata rumah untuk lansia

cara menata rumah lansia


Posisi kamar harus dekat dengan anda atau orang yang yang bisa menjaganya

Jika rumah yang anda miliki terdapat lantai 2 maupun lantai 3, maka dari itu kamar yang baik untuk lansia yaitu kamar yang posisinya di lantai 1. hal itu bertujuan agar orangtua yang sudah usia lanjut tidak merasa susah jika ingin keluar dari rumah maupun masuk kembali ke dalam kamarnya.

Begitu juga dari segi pengawasannya yang mudah jika orangtua lanjut usia berada di lantai satu, yang posisi kamarnya tidak jauh dengan posisi kamar anda sebagai anaknya.
maka dari itu anda akan mudah mengawasi dan membantu disaat orangtua anda membutuhkan bantuan.

Alat bantu pegang yang ada di setiap tempat

alat bantu pegangan

Yang namanya orangtua usia lanjut sudah pasti jalanya lambat, orangtua lansia selalu mebutuhkan bantuan atau pegangan ketika dia sedang berjalan di dalam rumah. mungkin ketika ada seseorang yang mau membantunya, tangan yang memberikan bantuan sudah pasti jadi alat pegangannya, namun jika di rumah tidak ada yang bisa membantunya setiap waktu anda bisa menggunakan alat pegangan yang bisa di pasang di setiap tempat yang sering dilalui oleh orangtua lansia.

Barang tersebut bisa anda dapatkan di toko-toko penjual bahan bangunan.

Gunakan lampu yang terang

Cahaya yang terang

Supaya orangtua lanjut usia tidak mengalami jatuh, hal utama yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ruangan yang ada di dalam rumah gelap. pasanglah lampu dengan watt yang sedang alias jangan terlalu terang.

Menggunakan lampu terang sangat membantu penglihatan lansia, jangan sampai anda banyak menggunakan lampu yang berwarna-warna. hal itu akan mengganggu penglihatan orangtua anda.

Lampu yang baik untuk digunakan adalah lampu LED dengan watt yang tidak kecil dan tidak teralu besar.

Jika tidak menggunakan lampu, gunakan saja cahaya penerangan alami yang bisa di dapatkan dari sinar matahari.

Gunakan lantai yang tidak mudah licin

gunakan lantai yang tidak licin

Lantai merupakan bagian yang akan sering terinjak oleh orangtua lanjut usia, jangan sampai orangtua jatuh ketika menginjak lantai yang sudah terpasang di rumah anda.

Lantai yang baik dan aman untuk lansia yaitu lantai yang terbuat dari olahan kayu asli alami, mungkin anda pernah mendengar lantai kayu parquet?

Lantai inilah yang saya maksud untuk membuat kaki orangtua lansia nymana saat menginjaknya.

Menginjak lantai dari kayu bagaikan terapi, akan enak dan adem rasanya disaat menginjak lantai kayu.

Lantai kayu memiliki permukaan yang tidak licin, disaat terkena air hujanpun lantai akan tetap serat. lantai kayu memiliki kehangatan yang baik bagi kesehatan. maka dari itu lantai kayu akan sangat mebantu menyehatkan siapaun bagi yang menginjaknya.

Pasangan muda suami istri saja banyak yang menyukai lantai dari kayu, apalagi orangtua lanjut  usia yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan ketika berada di dalam rumah.

Untuk pemasangan lantai kayu, anda bisa memasangnya di kamar mandi dan kamar yang digunakan orang lansia tersebut.
lantai kayu di dalam kamar akan memberikan udara yang hangat serta kesejukan yang alami.
kemudian untuk lantai kayu yang dipasang di kamar mandi bertujuan untuk membuat permukaan lantai agar tidak mudah licin

Lantai kayu adalah lantai berbahan alami yang sangat aman bagi kesehatan, lantai kayu juga aman walaupun terkena air.

Baca selengkapnya



Pasang furniture yang mudah di jangkau

furniture yang mudah di jangkau

Dan yang terakhir adalah alat bantu untuk tempat bersantai orangtua kita, contohnya sofa atau kursi kayu yang tidak tinggi. buatlah tempat duduk senyaman mungkin dan mudah digunakan ketika orangtua lansia mudah untuk menggunakannya.

Simpanlah kursi tersebut di ruangan tamu dan di luar ruangan, karna pada umumnya orangtua lansia lebih banyak diam dan menghabiskan waktunya dengan bersantai.

Posting Komentar untuk "Tips menata rumah lansia supaya lebih aman"

Widget HTML Atas