Apa Itu Paranet? Untuk Apa Fungsinya?

Daftar Isi

 

fungsi paranet

Fungsi Paranet – Masih banyak dari masyarakat kita yang belum terlalu familiar dengan istilah paranet. Pada umumnya, paranet ini kerap digunakan di lahan pertanian. Seiring berjalannya waktu, kini paranet juga bisa diaplikasikan untuk hunian rumah.

Lantas, apa yang dimaksud dengan paranet..??? Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar paranet, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Paranet

Paranet merupakan sebuah jaring yang materialnya terbuat dari bahan plastik dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi. Menurut informasi yang didapat, biasanya paranet mempunyai tingkat kerapatan yang mencapai 65%.

pengertian paranet

Dilihat dari segi penempatannya, paranet ini sering diaplikasikan di tempat-tempat penjual tanaman hias maupun lahan pertanian. Namun, belakangan ini paranet sudah mulai banyak diaplikasikan untuk rumah pribadi yang biasa dipasang di area teras maupun halaman belakang.

Sebenarnya setiap orang yang memasang paranet tersebut dilandasi dengan tujuan atau kebutuhan yang berbeda-beda. Adapun mengenai berbagai fungsi dari paranet seperti berikut:

5 Fungsi Paranet yang Jarang Diketahui

1. Untuk Mengendalikan Sirkulasi Udara

fungsi paranet - untuk mengendalikan sirkulasi udara

Fungsi pertama dari paranet yag harus kalian ketahui, yakni untuk mengendalikan sirkulasi udara. Walaupun area teras dan taman tampak tertutupi oleh jaring paranet, namun udara masih tetap bisa masuk melalui celah-celah jaring.

Dengan adanya paranet, maka udara yang masuk ke dalam rumah memiliki tekanan yang lebih rendah. Itu artinya, keberadaan paranet mampu mempertahankan sirkulasi udara yang berhembus ke tanaman di area taman maupun teras.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Membuat Rumah yang Sehat? Ikuti Tips Ini

2. Dapat Melindungi Tanaman

fungsi paranet - dapat melindungi tanaman

Apakah di lingkungan rumahmu banyak kawanan burung dan hama? Jika iya, tentu saja kamu harus waspada karena keberadaan mereka bisa mengancam keberlangsungan hidup tanamannya lho!

Hal itu bukan tanpa alasan, karena burung dan hama kerap merusak tanaman. Oleh karena itu, penggunaan paranet menjadi hal yang wajib karena berfungsi untuk melindungi tanaman dari serangan burung dan hama.

Dengan menggunakan paranet, maka bagian atas tanaman akan tertutupi oleh jaring sehingga dapat memperkecil risiko serangan dari burung dan hama.

3. Untuk Menahan Air Hujan

fungsi paranet - untuk menahan air hujan

Pada dasarnya setiap jenis tanaman itu memang membutuhkan air. Namun, guyuran air hujan yang terlalu deras justru malah akan membuat kita khawatir. Ya jelas demikian, sebab hantaman air hujan yang keras dalam waktu lama bisa merusak daun pada tanaman hias.

Dengan adanya jaring paranet, maka jumlah butiran air hujan yang langsung jatuh ke tanah akan tersaring. Alhasil, tanaman di area rumahmu akan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai kerusakan akibat guyuran hujan.  

4. Menyaring Terpaan Angin Kencang

fungsi paranet - menyaring terpaan angin kencang

Seperti halnya guyuran air hujan yang deras, terpaan angin kencang juga tentunya merupakan ancaman yang menakutkan bagi tumbuhan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka keberadaan jaring paranet merupakan pilihan paling tepat.

Sebab fungsi dari jaring paranet tersebut mampu menyaring terpaan angin kencang yang mengarah ke area rumah. ketika tiupan angin kencang terjadi, jaring paranet bertugas untuk mengurangi tekanan anginnya agar tidak terlalu besar.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Mewah

5. Untuk Menyaring Paparan Sinar Matahari

fungsi paranet - menyaring paparan sinar matahari

Fungsi dari paranet berikutnya yang harus kamu ketahui, yakni untu menyaring paparan sinar matahari. Selain mengganggu bagi penghuni rumah, tentu saja sorotan sinar matahari yang terlalu ekstrim juga dapat mengganggu kesehatan tanaman.

Apabila tanaman hias terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka daun-daunnya akan terbakar dan berguguran. Jika sudah demikian, jangan harap bahwa tanaman hias dirumahmu itu akan berumur panjang.

Sebenarnya masalah ini bisa disiasati dengan cara manual, yakni memindahkan tanamannya ke area yang lebih teduh. Namun, cara tersebut tentu akan menguras tenagamu jika jumlah tanamannya banyak.

Maka dari itu, keberadaan paranet merupakan pilihan paling tepat untuk melindungi tanaman dari paparan sinar matahari. Dengan adanya jaring paranet, secara otomatis paparan sinar mataharinya tidak akan terlalu menyorot.

Harga Paranet Per Meter & Per Roll

Setelah mengetahui fungsinya, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai harga paranet per meter dan per roll-nya.

Harga Paranet Per Meter

  • Paranet 70% Lebar 3 Meter : Rp 20.000
  • Paranet 75% Lebar 3 Meter : Rp 20.000
  • Paranet 65% Lebar 3 Meter : Rp 11.500

Harga Paranet Per Roll

  • Paranet 70% Lebar (3 x 100 Meter) : Rp 1.616.000
  • Paranet 50% Lebar (1.8 x 50 Meter) : Rp 580.000
  • Paranet 85% Lebar (3 x 100 Meter) : Rp 1.600.000

Kisaran harga paranet tersebut tergantung dari bahan, ukuran, serta kerapatan jaringnya. Bukan hanya itu, harga paranet juga sewaktu-waktu bisa berubah yang tergantung pada kebijkan si penjual.

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Kayu Parket 2021

Jika dibandingkan dengan tahu-tahun sebelumnya, harga paranet per roll cenderung meningkat. Misalnya untuk paranet 70% ukuran 3 x 100 meter yang dulu dijual dengan harga Rp 1,25 juta, sekarang dibanderol dengan harga Rp 1,61 jutaan per roll.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi paranet beserta daftar harganya.

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk memasang paranet di rumah..???

 

 

Posting Komentar