Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Yuk, Kita Intip Keunggulan dan Kekurangan Plafon PVC Beserta Daftar Harganya

 

Yuk, Kita Intip Keunggulan dan Kekurangan Plafon PVC Beserta Daftar Harganya

Plafon PVC – Pada dasarnya material PVC sudah bukan hal yang asing lagi dalam dunia konstruksi. Ya, material yang satu ini memang selalu diandalkan untuk membuat produk pipa paralon atau pipa saluran air.

Seiring dengan perkembangan tren material yang berbahan plastik, kini material PVC pun diaplikasikan untuk produk plafon. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar plafon PVC, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Karakteristik Plafon PVC

Istilah PVC ini merupakan singkatan dari Poly Vinyl Chloride yang mana ia merupakan material sejenis polimer atau plastik, sehingga memiliki sifat yang fleksibel. Bukan hanya itu, plafon PVC juga sudah terbukti tahan terhadap korosi yang membuatnya tetap stabil meski digunakan selama puluhan tahun.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, plafon PVC tidak akan mempan terhadap serangan rayap. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika plafon PVC merupakan pilihan yang paling tepat untuk menggantikan plafon kayu solid.

Keunggulan Plafon PVC

1. Mempunyai Bobot yang Lebih Ringan

Mempunyai Bobot yang Lebih Ringan

Bobot plafon PVC jauh lebih ringan dari plafon kayu solid maupun gypsum, yang tentunya hal tersebut akan memudahkan kita saat proses pemasangan. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa Plafon PVC ini bisa dipasang secara sembarangan.

Dengan kata lain, pemasangan Plafon PVC harus tetap dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

Baca Juga : Review Plafon Gypsum Mulai Dari Manfaat Hingga Keunggulan dan kekurangannya

2. Menyediakan Motif dan Warna yang Bervariasi

Menyediakan Motif dan Warna yang Bervariasi

Inilah yang menjadi alasan, mengapa penggunaan plafon PVC mulai banyak digandrungi. Selain menyediakan berbagai varian warna, plafon PVC juga tersedia kedalam berbagai varian motif seperti kayu, keramik, dan lain sebagainya. 

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa plafon PVC memiliki sifat yang tahan korosi dan serangan rayap. Dengan demikian, maka tak heran jika plafon PVC ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, hal tersebut kembali lagi pada urusan perawatannya. Ya, jika diberi perawatan dengan baik, maka daya tahan plafon PVC ini bisa mencapai 10 – 15 tahun.

3. Tidak Mudah Mengalami Pecah

Tidak Mudah Mengalami Pecah

Tak hanya memiliki sifat yang tahan terhadap korosi dan serangan rayap, Plafon PVC juga mempunyai sifat yang elastis. Itu sebabnya, mengapa Plafon PVC ini tidak akan mudah mengalami pecah. Belum lagi Plafon PVC mempunyai bobot yang ringan sehingga kita tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat mengangkatnya.

4. Menawarkan Harga yang Lebih Murah Dari Plafon Kayu

Menawarkan Harga yang Lebih Murah Dari Plafon Kayu

Pembeli mana sih yang tidak ingin mendapatkan sebuah produk dengan harga murah? Tentunya kita akan langsung tergiur. Ya, dibanding dengan plafon kayu (lambersering), tentu saja harga plafon PVC ini lebih murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Kekurangan Plafon PVC

Dibalik beberapa keunggulan yang dimilikinya, tentu saja ada pula kekurangannya. Adapun mengenai kekurangan pertama dari plafon PVC yang harus kamu ketahui, yakni tidak terlalu tahan terhadap panas. Apabila plafon PVC sering terkena paparan sinar matahari, maka akan membuatnya memuai.

Bukan hanya itu, plafon PVC juga rawan terhadap goresan maupun benturan. Sehingga proses pemasangan plafon PVC ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Lebih gawatnya lagi, terdapat satu kekurangan plafon PVC yang erat kaitannya dengan masalah kesehatan tubuh!

Menurut kabar yang beredar, plafon PVC memiliki kandungan senyawa klorin yang bersifat racun saat terhempas ke udara. Apabila sampai terhirup oleh manusia, tentu saja dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan system pernafasan.

Maka dari itu, penggunaan plafon kayu merupakan pilihan paling tepat untuk menciptakan sebuah hunian yang sehat. Pasalnya, plafon kayu memiliki kemampuan yang dapat mengusir ion-ion negatif dalam ruangan rumah lho.

Artikel Terkait : Plafon Kayu Lambersering: Harga, Plus Minus dan Inspirasi Pemasangannya

Daftar Harga Plafon PVC Terbaru Per Lembar

  • Plafon PVC Shunda : Rp 24.000 – Rp 30.500 / meter
  • Plafon PVC Gloss White Bubble : Rp 29.500 / meter
  • Papan PVC ukuran tebal 6 mm : Rp 16.500 – Rp 19.500 / meter
  • Papan PVC ukuran tebal 8 mm : Rp 17.500 – Rp 20.500 / meter
  • Papan PVC Glos Brown Leaf : Rp 29.500 / meter
  • Plafon PVC Gloss White : Rp 23.500 / meter
  • Plafon PVC Doff White : Rp 23.500 / meter
  • Plafon PVC High Quality : Rp 26.000 / meter
  • Plafon PVC Indah Plafon : Rp 29.000 / meter
  • Plafon PVC Drain Gloss Brown Wood Grain : Rp 24.500 / meter

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Kayu Parket Terbaru

Plafon PVC Vs Plafon kayu Lambersering

Plafon PVC Vs Plafon kayu Lambersering

Jika dinilai dari tingkat ketahanannya, plafon PVC ini sama bagusnya dengan plafon kayu lambersering. Namun dari segi kekuatan, maka plafon kayu lambersering jauh lebih unggul dari plafon PVC. Ya, jelas demikian, sebab plafon PVC terbuat dari bahan olahan plastik.

Lain halnya dengan plafon lambersering yang material utamanya berbahan kayu solid (kayu asli), sehingga teksturnya tampak lebih kokoh dan padat. Itu artinya, plafon PVC tahan terhadap berbagai benturan.

Untuk urusan perawatan, plafon PVC memang unggul dari plafon kayu. Pasalnya, plafon PVC tidak membutuhkan perawatan khusus. Berbanding terbalik dengan plafon kayu, dimana ia membutuhkan perawatan khusus agar terhindar dari berbagai permasalahan.

Tak hanya unggul dari segi perawatan, plafon PVC juga menawarkan harga yang lebih murah dari plafon kayu lambersering.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan dari plafon PVC.

Jadi, apakah kamu lebih tertarik menggunakan plafon PVC atau plafon kayu lamberserinng...???

 

 

Posting Komentar untuk "Yuk, Kita Intip Keunggulan dan Kekurangan Plafon PVC Beserta Daftar Harganya"