Mengintip Kelebihan & Kekurangan Material Seng

Daftar Isi

 

Kelebihan kekurangan seng

Kelebihan kekurangan seng – Dalam membangun sebuah konstruksi bangunan, pastinya ada beragam jenis material yang harus dipertimbangkan. Hal itu bukan tanpa sebab, karena pembelian material bangunan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Ngomong-ngomong soal material bangunan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar material seng. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Seng

Meski saat ini sudah hadir jenis-jenis material genteng yang terbaru, namun atap seng masih tetap menjadi andalan bagi sebagian masyarakat, khususnya untuk kalangan menengah ke bawah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material seng menawarkan harga yang relatif terjangkau ketimbang jenis-jenis atap lainnya.

Sekilas Tentang Seng

Tak hanya menawarkan harga yang murah, bahkan proses pemasangan atap seng juga terbilang cukup mudah. Adapun material seng yang terbuat dari bahan zinc dengan campuran senyawa kimia lainnya. Adapun mengenai berbagai keunggulan dan kekurangan dari atap seng seperti berikut.

Kelebihan Material Seng:

  • Mempunyai daya tahan yang cukup baik berkat sifatnya yang tahan terhadap korosi
  • Untuk jenis seng bergelombang, ia cukup mudah diaplikasikan tanpa harus melakukan banyak pemotongan
  • Memiliki kemampuan yang dapat menyerap panas sehingga akan membuat suhu di dalam ruangan tetap sejuk
  • Menawarkan harga yang relatif terjangkau ketimbang jenis atap lainnya
  • Tidak sulit untuk kita jumpai di pasaran.

Kekurangan Material Seng:

  • Ketika ada sedikit lubang ataupun kerusakan, maka bisa dipastikan bagian atap rumah akan bocor. Tapi untungnya, kebocoran pada atap seng ini bisa diperbaiki dengan cara ditambal
  • Proses pemasangan harus dilakukan ketika cuaca sedang tidak panas. Jika proses pemasangannya dilakukan di bawah terik matahari, maka hal tersebut akan menimbulkan berbagai risiko pada pekerja
  • Meski memiliki sifat anti korosi, hal itu pun tidak membuatnya kebal terhadap perubahan cuaca ekstrim. Ya, seiring dengan waktu penggunaan, maka tampilan warna seng akan mulai memudar
  • Kekurangan berikutnya dari atap seng yang harus kalian ketahui, yakni dapat menimbulkan suara berisik ketika terjadi guyuran hujan deras.

Baca Juga : Yuk, Kita Intip Keunggulan dan Kekurangan Plafon PVC Beserta Daftar Harganya

2 Tipe Material Seng

1. Standing Seam

Standing Seam merupakan jenis atap datar yang pada umumnya diterapkan pada perumahan dengan desain modern. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia mengusung tampilan yang menyerupai genteng tanah liat.

Standing Seam

Dengan kata lain, seng ini memiliki sebagian bentuk datar dan lurus yang diikuti oleh bentuk trapesium serta bertulang. Ya, bagian trapesium yang dimilikinya tampak menonjol ke atas sehingga dapat digunakan untuk mengunci antar lembar seng. Meski tampilan bentuknya berbeda dengan tipe seng bergelombang, namun Standing Seam ini memiliki fungsi yang sama.  

Korosi menjadi masalah yang sering dialami oleh semua material berbahan zinc maupun besi. Namun, masalah yang satu ini tidak akan berlaku bagi seng gelombang.

Mengapa demikian? Pasalnya, ia memiliki sifat anti korosi sehingga membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Itu sebabnya, mengapa seng standing steam juga kerap diaplikasikan untuk beragam kebutuhan konstruksi lainnya.

2. Corrugated Sheet

Kemudian ada Corrugated Sheet atau yang biasa disebut dengan seng bergelombang. Dibanding tipe standing seam, ternyata tipe Corrugated Sheet ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

jenis Standing Seam

Pasalnya, seng bergelombang menawarkan harga yang lebih murah dari jenis seng datar. Bukan hanya itu, bahkan seng Corrugated Sheet ini dapat diterapkan di area yang sempit sekalipun. Sehingga tak heran jika tipe Corrugated Sheet ini lebih populer dibanding seng datar.

Namun, Masih banyak yang beranggapan bahwa penggunaan atap seng itu akan membuat suhu ruangan menjadi panas. Padahal, anggapan tersebut sama sekali tidak benar!

Perlu kalian ketahui, seng ini memiliki kemampuan yang dapat menyerap panas dengan sangat baik. Menurut informasi yang didapat, material seng mampu menyerap energi panas sebanyak 50% hingga 70%. Terlebih untuk jenis seng bergelombang, yang mana daya serap panasnya bisa mencapai 90% lho.

Nah, karena hal itulah yang membuat penggunaan atap seng dapat menciptakan sensasi sejuk di dalam ruangan. Ya, tak seperti atap asbes yang terasa panas karena tidak memiliki kemampuan untuk menyerap panas.

Berapakah Harga Atap Seng..???

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa seng menawarkan harga yang lebih murah dibanding jenis atap lainnya. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun spesifikasi yang dimilikinya tidaklah murahan.

Sehingga tak heran jika seng sering dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan atap berkualitas dengan harga bersahabat. Adapun mengenai informasi harga terbaru atap seng seperti berikut:

Seng Gelombang Standar (Lebar 100 cm)

  • Seng gelombang 0,50 mm : Rp 50.000 / lembar
  • Seng gelombang 0,33 mm : Rp 60.000 / lembar
  • Seng gelombang 0,35 mm : Rp 70.000 / lembar
  • Seng gelombang 0,40 mm : Rp 80.000 / lembar
  • Seng gelombang 0,45 mm : Rp 95.000 / lembar
  • Seng gelombang 0,50 mm : Rp 105.000 / lembar

Baca Juga : Keunggulan Pintu Kayu Merbau Beserta Daftar Harganya

Seng Gelombang Berwarna (Lebar 75 cm)

  • Seng Gelombang Berwarna 0,30 mm : Rp 62.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,35 mm : Rp 72.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,40 mm : Rp 82.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,45 mm : Rp 92.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,50 mm : Rp 102.000 / lembar

Seng Gelombang Berwarna (Lebar 100 cm)

  • Seng Gelombang Berwarna 0,30 mm : Rp 83.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,35 mm : Rp 93.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,40 mm : Rp 103.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,45 mm : Rp 113.000 / lembar
  • Seng Gelombang Berwarna 0,50 mm : Rp 115.000 / lembar

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar material seng, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak menggunakannya untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Posting Komentar