Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Bedanya Lantai Keramik Dengan Lantai Porselen

 

Perbedaan lantai keramik porselen

Perbedaan lantai keramik porselen – Umumnya material keramik dan porselen kerap digunakan sebagai pelapis lantai maupun dinding bangunan. Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa material keramik dan porselen itu sama saja.

Pasalnya, tampilan keramik dengan porselen memang tampak serupa. Padahal, antara keramik dan porselen memiliki banyak perbedaan lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan lantai keramik dan lantai porselen, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Material Keramik

Pada umumnya, material keramik terbuat dari bahan tanah liat berwarna merah dan coklat yang akan mengalami proses pembentukan hingga pembakaran. Selain itu, pembuatan keramik juga biasanya akan menggunakan dua teknik yaitu teknik basah dan teknik kering.

Material Keramik

Pada proses pengolahan bahannya akan melalui beberapa tahap, mulai dari pengurangan ukuran butir, penggilingan, penyaringan, pencampuran, pengurangan kadar air, dan pengulian.

Setelah melalui tahap-tahap tersebut, maka akan dilakukan proses pembentukan yang melalui tiga Teknik, yaitu Teknik pijiat tangan, Teknik pilin (colling), dan teknik putar.

Material Porselen

Kabarnya, porselen terbuat dari kaolin yang kemudian ditanur kedalam suhu berkisar 1200 sampai 1400 derajat celcius. Pada awalnya pengembangan porselen terjadi di negara China.

Material porselen

Seiring bergulirnya waktu, bahan porselen pun terus menyebar ke berbagai belahan negara, seperti Asia hingga Eropa.

Adapun porselen yang pada waktu itu sudah dianggap sebagai jenis tembikar untuk meningkatkan keindahan dan ketahanan dalam sebuah konstruksi.

Bukan hanya itu, porselen juga memiliki beberapa sifat yang menjadi ciri khasnya, seperti permeabilitas, elastisitas yang rendah, tingkat ketahanan yang tinggi, keras, transparan, tahan terhadap serangan kimia, mudah pecah dalam temperature yang tidak menentu, dan berwarna putih.

Baca Juga: Lantai Vinyl dan Lantai Keramik, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Lantai Keramik & Porselen

1. Bahan yang Digunakan

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa porselen dan keramik menggunakan bahan baku yang sama, yakni berupa tanah liat.

perbedaan Bahan yang Digunakan
foto@kompas properti

Akan tetapi, jenis tanah liat yang digunakan pada masing-masing material tersebut berbeda. Pada pembuatan keramik biasanya menggunakan jenis tanah liat yang berwarna merah atau coklat, sementara poselen menggunakan jenis tanah liat yang berwarna putih.

Untuk bagian dalamnya, material keramik sudah dilapisi dengan glatsir yang berperan sebagai pelindung. Lain halnya dengan porselen, dimana ia memiliki bagian dalam yang tampak berlapis-lapis.

2. Perbedaan Tekstur

Mengenai teksturnya, keramik memiliki permukaan dengan tekstur agak kasar dan sedikit kusam. Sedangkan lantai porselen mempunyai permukaan dengan tekstur yang licin, padat, berkilau, serta tidak berpori.

Perbedaan Tekstur

Itu sebabnya, mengapa perbedaan antara bahan porselen dengan keramik bisa diketahui dengan cara menempatkannya dibawah sorotan sinar matahari atau cahaya lampu. Ketika terkena cahaya, maka bahan porselen akan tampak menerawang alias transparan, sedangkan bahan keramik tidak.

3. Perbedaan Daya Tahan

Perbedaan Daya Tahan

Apabila dinilai dari tingkat daya tahannya, lantai porselen memang lebih unggul dibanding lantai keramik. Mengapa bisa demikian?

Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses pembakaran pada pembuatan porselen dilakukakan dengan durasi yang lebih lama sehingga tekstur tanah liatnya menjadi semakin kering, keras, dan padat.

4. Perbedaan Harga

Perbedaan Harga

Poin berikutnya yang menjadi pembeda antara bahan porselen dengan keramik, yakni berupa harga. Mengingat proses pembuatannya yang lebih rumit, sehingga tak heran jika harga porselen dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang keramik.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun kualitas porselen sudah terbukti jauh lebih bagus dari keramik.

Baca Juga: Daftar Harga Lantai Kayu Parket 2023

Seperti itulah ulasan singkat mengenai perbedaan antara lantai keramik dengan lantai porselen, sehingga nantinya kamu tidak akan salah lagi saat hendak membeli material lantai tersebut.

 

Posting Komentar untuk "Ini Bedanya Lantai Keramik Dengan Lantai Porselen"