Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mau Bikin Rumah Kayu? Ini Dia Inspirasi Desain yang Terbaiknya

 

Desain rumah kayu

Desain rumah kayu – Meski saat ini desain rumah modern yang berbahan beton sedang menjadi tren dikalangan masyarakat luas, namun rumah yang berbahan kayu masih cukup diminati.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena rumah kayu dapat menonjolkan kesan yang lebih natural dan klasik. Sehingga tak heran jika eksistensi desain rumah kayu tidak terlalu terpengaruh oleh perkembangan zaman.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa ide desain rumah dari kayu. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya berikut.

5 Desain Rumah Kayu Terpopuler

1. Rumah Kayu Dengan Warna Biru Muda dan Putih

Rumah Kayu Dengan Warna Biru Muda dan Putih

Dalam hal ini, kamu dapat menggabungkan antara warna biru muda dengan putih pada desain rumah kayu sederhana, sehingga tampilannya tampak lebih berestetik.

Untuk warna biru muda bisa diaplikasikan pada dinding kayu, sementara warna putih diaplikasikan pada bagian kusen maupun atap. Dengan begitu, maka desain rumah kayumu akan kental dengan nuansa pedesaan khas Eropa.

2. Rumah Kayu Dengan Warna Putih dan Krem

Rumah Kayu Dengan Warna Putih dan Krem
foto@RH-DesainRumah

Selain warna hijau dan krem, disarankan bagi kamu untuk mencoba menggabungkan warna krem dan putih. Sebab perpaduan warna krem dan putih tampak terkesan lebih cool, namun masih tetap stylish.

Terlebih jika bagian terasnya terdapat berbagai jenis tanaman hias, sehingga tampilan rumah kayu tersebut akan semakin cantik dan sedap dipandang.

3. Rumah Kayu Bergaya Minimalis

Rumah Kayu Bergaya Minimalis

Guna mendapatkan kesan minimalis, maka desain rumah kayu haris diberi lapisan cat yang berwarna warna putih dan abu-abu ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian?

Pasalnya, warna putih dan abu-abu identik dengan nuansa simple dan sederhana sehingga sangat cocok diaplikasikan pada desain rumah kayu minimalis. Dalam hal ini, kamu jangan terlalu banyak menempatkan furniture maupun perabotan karena bisa mengurangi sisi minimalisnya.

Baca juga: Begini Tips Mendekorasi Dapur Minimalis DenganMudah

4. Rumah Kayu Berwarna Coklat Natural

Rumah Kayu Berwarna Coklat Natural

Tentunya kita semua sudah bahwa kebanyakan material kayu itu tampil dengan warna coklat, sehingga dapat mempertegas kesan alami pada hunian.

Agar tidak mengurangi nuansa alaminya, maka material kayu tersebut jangan diberi lagi lapisan cat. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai furniture yang materialnya terbuat dari bahan kayu. Dengan begitu, maka tampilan rumahmu akan kental dengan nuansa klasik khas Eropa.

5. Rumah Kayu Dengan Cerobong Asap

Rumah Kayu Dengan Cerobong Asap

Indah, unik, dan natural, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan pada desain rumah kayu dengan cerobong asap. Pada bagian atapnya berbentuk segitiga khas Eropa, semetara tipe jendela yang berada di atas pintu masuk memiliki model kombinasi persegi panjang dan setengah lingkaran.

4 Jenis Kayu Terbaik Untuk Membuat Rumah Kayu

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa setiap jenis kayu itu memiliki karakteristiknya tersendiri, mulai dari warna, corak, pola serat, tekstur, hingga tingkat ketahanan dan keawetannya.

Lantas, jenis kayu manakah yang cocok digunakan untuk membuat rumah kayu? Adapun mengenai beberapa jenis kayu terbaik yang akan dibahas seperti berikut:

1. Kayu Kelapa (Kayu Glugu)

Selain memiliki pola serat yang indah, ternyata struktur kayu glugu alias kayu kelapa juga tergolong cukup keras. Apalagi setelah melalui proses pengawetan, yang mana struktur kayu kelapa akan menjadi lebih kokoh dan tahan banting.

Kayu Kelapa (Kayu Glugu)

Dengan strukturnya yang cukup keras, maka tak heran juga jika kayu kelapa kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan dinding, plafon, hingga rangka atap rumah.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu kelapa sudah terbukti kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya itu, tingkat pemuaian dan penyusutan pada kayu kelapa ini tergolong sangat rendah.

2. Kayu Meranti Merah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu meranti terkenal dengan tingkat keawetannya yang begitu mumpuni. Terlebih untuk jenis kayu meranti merah, yang mana daya tahannya itu jauh lebih baik ketimbang meranti putih maupun meranti kuning.

Kayu Meranti Merah

Dalam industri perkayuan, kekuatan kayu akan dikategorikan menjadi lima tingkatan. Ya, semakin kecil tingkatan kelasnya, maka kekuatan kayu tersebut akan semakin bagus.

Tingkat kekuatan jenis kayu meranti merah termasuk kedalam golongan kelas II – IV, sehingga daya tahannya mampu mencapai 11 tahun.

Untuk tingkat keawetannya, kayu meranti termasuk ke dalam kelas III – IV yang dapat bertahan hingga 10 tahun. Adapun proses pengawetan kayu meranti yang biasanya menggunakan campuran minyak diesel dan kreosot.

3. Kayu Ulin

Kabarnya, kayu ulin ini memiliki tekstur yang terasa terasa kasar dan sangat keras saat diraba dengan telapak tangan. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit.

Kayu Ulin

Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin sangat ideal dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat rumah kayu.

Beralih ke tingkat kekuatannya, kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I. Begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis reng kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, reng kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

Artikel Serupa: Perbedaan Kayu ulin kalimantan dengan kayu ulin sulawesi

4. Kayu Damar Laut

Kayu Damar Laut kerap diandalkan untuk kebutuhan furniture maupun property outdoor karena tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Untuk tampilan fisiknya, sekilas Kayu Damar Laut ini tampak seperti kayu bengkirai.

Kayu Damar Laut

Namun, terdapat factor yang menjadi pembeda dari Kayu Damar Laut yaitu pola seratnya yang berbentuk lurus. Ketika baru diambil dari pohonnya, Kayu Damar Laut biasanya tampil dengan warna kuning kecoklatan.

Seiring dengan berjalannya waktu, warna Kayu Damar Laut akan tampak semakin gelap karena terkena angin dan factor cuaca. Meski demikian, hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kualitasnya.

Itu dia penjelasan singkat mengenai ide desain rumah kayu beserta jenis kayu terbaiknya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

 

Posting Komentar untuk "Mau Bikin Rumah Kayu? Ini Dia Inspirasi Desain yang Terbaiknya"