Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Referensi Desain Pintu Geser Untuk Mempercantik Tampilan Rumah

 

Desain pintu geser rumah

Desain pintu geser rumah – Penggunaan pintu geser memang merupakan pilihan yang paling tepat untuk mereka yang menghuni rumah tipe minimalis.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena pintu geser tidak akan menghabiskan kapasitas ruangan. Selain itu, pintu geser juga akan membuat tampilan rumah terkesan lebih luas lho.

Meski demikian, dalam penggunaan pintu geser tentunya harus disesuaikan dengan konsep rumah. Pasalnya, pada masing-masing desain pintu geser memiliki fungsi dan karakteristiknya tersendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa referensi desain pintu geser rumah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5  Desain Pintu Geser Terbaik

1. Pintu Geser Kayu Solid

pintu Geser Kayu Solid
foto@Courtina

Untuk kamu yang ingin meningkatkan privasi dalam rumah, maka pintu geser yang berbahan kayu solid ini adalah jawabannya. Ya, sebab material kayu solid tidak tembus pandang, sehingga bisa kamu aplikasikan di hampir semua ruangan rumah.

Dengan menggunakan pintu geser kayu solid, pastinya tampilan rumahmu akan terlihat lebih natural dan elegan. Agar tidak terjadi kontras yang berlebihan, sebaiknya pintu geser kayu ini dipadukan dengan beragam furniture atau perabotan yang berbahan kayu juga agar lebih serasi.

Baca juga: Inilah Alasannya Kenapa Lantai Kayu Solid Merupakan Lantai Terbaik

2. Pintu Geser Kaca Buram

Pada posisi tertutup, desain pintu geser yang satu ini juga dapat membatasi penglihatan dari ruangan lain. Meski demikian, sinar matahari masih tetap akan masuk dan keluar dengan samar-samar melalui efek buramnya.

Pintu Geser Kaca Buram
foto@Rumah Artikel

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih motif kaca buram yang sesuai dengan konsep maupun tema ruangan rumah. Pada umumnya, pintu geser kaca buram ada yang memiliki bingkai dan juga tidak berbingkai.

Adapun mengenai material yang biasanya digunakan itu berupa kayu dan aluminium. Jika kamu ingin mengedankan konsep hunian modern, maka pilihlah pintu geser kaca buram yang tidak berbingkai.

Sedangkan kaca geser yang berbingkai lebih cocok diaplikasikan di area dalam ruangan yang berbatasan langsung dengan area luar ruangan.

3. Pintu Geser Kaca Bening

Pintu Geser Kaca Bening

Ini dia salah satu desain pintu geser yang memang paling umum digunakan. Dikarenakan sifatnya yang bening dan transparan, biasa pintu geser kaca bening digunakan sebagai partisi atau sekat antar ruangan rumah.

Sebagai contoh, kamu menempatkan pintu geser kaca bening di perbatasan antara ruang keluarga dengan ruang makan. Meski berbatasan dan dipisahkan oleh pintu geser, kedua ruangan tersebut masih terlihat tetap menyatu.

4. Pintu Geser Ala Jepang

Bagi kamu yang menyukai budaya Jepang, tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Shoji”. Ya, shoji ini merupakan pintu geser khas Jepang yang materialnya terbuat dari bahan serat kertas, sedangkan bingkainya terbuat dari bahan kayu.

Pintu Geser Ala Jepang

Menurut informasi yang didapat, kebanyakan masyarakat Jepang lebih suka menggunakan pintu geser shoji karena bobotnya yang lebih ringan. Ketika terjadi gempa, maka pintu tersebut akan mudah dibuka atau diterobos.

Seandainya pintu shoji menimpa tubuh, tentunya mereka juga tidak akan mengalami luka yang serius karena material pintunya terbuat dari bahan serat kertas.

5. Pintu Geser Lipat

Pintu Geser Lipat
foto@Dekoruma

Pada umumnya, pintu geser lipat terdiri dari banyak panel yang biasanya ditempatkan pad abukaan berukuran lebar seperti garasi.

Itu artinya, kamu tidak boleh menempatkan desain pintu geser lipat di ruangan yang kecil. Pasalnya, lipatan panel pada pintu ketika terbuka akan banyak menghabiskan kapasitas ruang.

Keunggulan dan Kekurangan Pintu Geser

Setelah mengetahui berbagai desainnya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai keunggulan dan kekurangan pintu geser. Adapun mengenai keunggulan dan kekurangan pintu geser yang akan dibahas seperti dibawah ini.

Keunggulan:

* Memiliki Desain yang Ringkas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jenis pintu geser sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang akan menampung beragam barang-barang dalam jumlah yang banyak.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, kamu pun dapat meletakkan sebuah barang tepat di bagian belakang pintunya.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena cara pengoperasian model pintu geser hanya cukup dengan cara digeser ke arah samping saja. Sehingga tak heran jika tampilan pintu geser dinilai lebih ringkas ketimbang model-model pintu lainnya.

* Bisa Menghemat Kapasitas Ruangan Rumah

Mengingat tampilannya yang begitu ringkas, tetu saja pintu geser ini dapat menghemat kapasitas ruangan. Itu sebabnya, mengapa model pintu geser kerap diapliasikan pada hunian tipe minimalis. 

Tak seperti model pintu engsel, yang mana mereka memerlukan area khusus sebagai tempat berayun ke dalam. Alhasil, kondisi tersebut akan sedikit memakan kapasitas ruangan.

Nah, disinilah peran pintu geser yang akan kamu dapatkan, karena ia bisa disembunyikan dengan cara digeser ke dalam dinding pada bagian sampingnya. Dengan demikian, maka kebutuhan ruangan rumah menjadi tidak terlalu banyak karena hanya segaris saja.

* Tingkat Ketahanan yang Cukup Bagus

Sebenarnya model pintu biasa hanya mengandalkan engsel saja sebagai penopangnya. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan pada model pintu biasa tersebut tidak terlalu bagus. Berbeda dengan model pintu geser yang menggunakan bingkai khusus.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat dudukannya, bingkai tersebut juga berperan untuk memperkuat struktur pintunya. Alhasil, maka tak heran jika pintu geser mempunyai daya tahan yang jauh lebih bagus ketimbang model pintu biasa. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, model pintu geser ini sudah terbukti sulit dibobol dari arah luar. Penggunaan pintu geser tak hanya dapat memperindah tampilan rumah, namun juga dapat meningkatkan keamanan.

Namun, hal tersebut tergantung pada jenis material pintu yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material pintu memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda.

Kekurangan:

* Bagian Rel Rentan Rusak

Seperti halnya dengan model pintu lipat, dimana pintu geser juga dibekali dengan rel khusus yang berfungsi sebagai akses pergerakan pintunya. Dengan adanya rel tersebut, tentu saja dapat memudahkan kita saat hendak menggeser pintu ke arah samping.

Namun, bagian rel inilah yang menjadi salah satu komponen paling rawan terhadap kerusakan. Adapun mengenai masalah yang umumnya terjadi pada rel pintu geser, yakni berupa karat. Jika rel tersebut sudah berkarat, tentu saja laju pintu gesernya menjadi tersendat bahkan bisa macet total.

Oleh karena itu, bagian rel ini jangan sampai kamu lewatkan untuk diberi perawatan secara rutin dan teratur agar tidak mudah berkarat. Cara perawatannya tidak hanya terfokuskan pada area daun pintunya saja, melainkan juga harus dirawat secara menyeluruh.

* Penutupan Pintu yang Kurang Rapat

Selain bagian rel yang rentan rusak, pintu geser juga tidak bisa ditutup dengan benar-benar rapat. Sehingga pintu geser ini masih akan menyisakan sedikit celah yang terbuka meski penutupannya sudah maksimal

Seandainya pintu geser ini akan di aplikasikan pada ruangan-ruangan yang bersifat privasi seperti kamar tidur dan kamar mandi, maka harus di beri tambahan aksesoris lainnya yang berupa tirai atau gorden agar tidak terlihat dari arah luar.

Itu dia penjelasan singkat mengenai desain pintu geser beserta keunggulan dan kekurangannya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.

 

Posting Komentar untuk "Referensi Desain Pintu Geser Untuk Mempercantik Tampilan Rumah"