Ragam Aksesoris Untuk Lantai Parket yang Wajib Diketahui

Daftar Isi

 

Aksesoris lantai parket

Aksesoris lantai parket – Masih banyak yang beranggapan bahwa penggunaan aksesoris lantai parket hanya berfungsi untuk mempercantik tampilannya saja.

Padahal, keberadaan aksesoris tersebut juga berperan untuk menutupi beragam masalah yang terjadi selama proses pemasangan lantai parket lho. Ya, seperti tumpahan cat, plamir yang tidak rata, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, pada setiap jenis aksesoris lantai parket memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui karakteristik pada setiap aksesoris tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis aksesoris untuk lantai parket, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Aksesoris Parket Paling Umum

1. Plint Skirting

Plint skirting tampil dengan ukuran yang cukup bervariasi, yaitu mulai dari 6 cm hingga 10 cm. Adapun mengenai penggunaan plint lantai yang biasa di pasang di pinggiran dinding.

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - plint skirting

Berbicara soal fungsinya, Plint Skirting berfungsi untuk menutupi jarak antara ujung lantai dengan tembok.

Untuk meminimalisir risiko pemuaian saat pemasangan lantai parket kayu, maka akan diberi sedikit jarak antara lantai dengan tembok.

Jadi, Plint tersebutlah yang berperan untuk menutupinya sehingga tampilan lantai telihat lebih rapi. Selain itu, Plint juga akan memberikan perlindungan terhadap tembok dari kotoran saat kamu mengepel atau menyapu lantai

Baca Selengkapnya: Mengenal Fungsi plint pada ruangan dan lantai

2. Lis Siku (Lis Ending)

Sesuai dengan julukannya, jenis aksesoris lantai parket yang satu ini memiliki bentuk siku-siku atau menyerupai huruf L.

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - lis siku

Pada umumnya, Lis Siku kerap digunakan sebagai pengganti plint skirting. Terutama di area yang memang tidak bisa dijangkau oleh plint skirting, seperti kaca yang ada dibagian jendela dengan lekukan tajam.

Selain itu, Lis Siku juga bisa dipasang pada pinggiran tembok serta sebagai pembatas antara lantai dengan tangga.

3. Lis Adaptasi

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - lis adaptasi

Sebenarnya Lis Adaptasi memang memiliki fungsi yang hampir mirip dengan jenis lis siku. Meski demikian, Lis Adaptasi memiliki ukuran yang lebih lebar dan agak sedikit melengkung.

Pada penempatannya, Lis Adaptasi biasa di pasang di area pintu atau berperan sebagai pemisah antara dia lantai dengan beda ketinggian, seperti lantai kayu dan lantai keramik.

4. Lis Transisi

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - lis transisi

Bentuk Lis Transisi terlihat menyerupai huruf T yang mana fungsinya seperti jenis lis adaptasi tadi, yakni dipasang di area pintu atau berperan sebagai pemisah lantai.

Akan tetapi, terdapat satu hal yang menjadi ciri khas dari Lis Transisi. Dengan menggunakan Lis Transisi, maka ia bisa mempertegas perbedaan antara dua ruang dengan ketinggian yang sama.

5. Underlayer Foam

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - underlayer foam

Jenis aksesoris lantai parket berikutnya yang menarik untuk dibahas, yakni berupa Underlayer Foam.

Umumnya Underlayer Foam digunakan pada proses pemasangan lantai parket, yang berfungsi untuk membantu meratakan permukaan lantai dasarnya.

Bukan hanya itu saja, penggunaan underlayer foam juga mampu mencegah keringat dari permukaan lantai agar tidak mengenai lantai parket.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, underlayer foam memiliki kemampuan yang dapat mengurangi bunyi decitan pada lantai parket saat kakimu berjalan diatasnya.

6. Lis Nosing

Apabila dilihat dari bentuknya, jenis aksesoris lantai yang satu ini memang tampak seperti hidung. Sehingga tak heran jika ia dinamai dengan lis nosing.

Jenis Aksesoris Parket Paling Umum - lis nosing

Namun, banyak juga orang yang menyebutnya dengan istilah Lis Oval. Untuk fungsinya, Lis Oval biasa digunakan untuk pemasangan papan tangga kayu yang ditempatkan di setiap siku atau sesuai kebutuhan.

Dengan bentuknya yang oval, tentu saja hal ini akan membuat bagian siku tangga menjadi lebih nyaman.

Produk Asksesoris Lantai Parket yang Kami Jual

Toko Lantai-kayu.id tak hanya menyediakan produk parketnya saja, melainkan juga menjual berbagai produk untuk aksesoris lantai parket.

Adapun mengenai beragam jenis produk aksesoris lantai parket yang kami sediakan seperti di bawah ini:

Aksesoris Untuk Parket Sintetis (Vinyl dan Laminated)

  • Plin profile (ada beragam ukuran)
  • End profile
  • Aluminium end profle
  • Lis adaptasi
  • Lis transisi
  • Lis nosing (lis oval)
  • Aluminium nosing
  • Aluminium transition
  • Aluminium adaption vinyl
  • Foam underlayer

Aksesoris Untuk Lantai Parket Solid

  • List profile
  • Lis adaptasi
  • Lis transisi
  • Plint skirting
  • Step nosing.

Untuk info pemesanan lantai parket dan aksesorisnya, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

Itu dia penjelasan singkat mengenai jenis-jenis aksesoris lantai parket, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak memasang lantai parket.

Posting Komentar