2 Jenis Kayu Oak Dengan Berbagai Pemanfaatannya

Daftar Isi
Jenis kayu oak

Jenis kayu oak – Dari sekian banyaknya jenis material untuk kebutuhan konstruksi dan bangunan, kayu pun menjadi salah satu jenisnya yang paling banyak digunakan.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kayu memiliki sifat yang fleksibel sehingga membuatnya cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Mulai dari bidang konstruksi, bangunan, mebel, kerajinan, furniture, dan lain sebagainya. Sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia, tentu saja Indonesia memiliki banyak jenis kayu dengan kualitas mumpuni.

Namun, apakah diantara kamu ada yang tahu tentang kayu oak? Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar seluk beluk kayu oak, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Muasal Kayu Oak

Menurut informasi yang didapat, pertumbuhan pohon kayu oak hanya bisa ditemui dikawasan Afrika Utara, Amerika, Eropa, dan Asia.

Asal Muasal Kayu Oak

Berbicara soal pemanfaatannya, batang pohon oak kerap umumnya dimanfaatkan untuk bidang konstruksi, mebel, hingga kerajinan tangan.

Pada dasarnya, pohon kayu oak tumbuh subur di Kawasan yang beriklim dingin, sehingga membuatnya memiliki tingkat ketahanan yang sangat baik terhadap kelembaban.

Adapun mengenai beberapa fakta menarik dari pohon kayu oak seperti berikut:

  • Usia pohon kayu oak bisa tumbuh hingga mencapai lebih dari 1000 tahun.
  • Namun setelah usianya mencapai 1000 tahun, maka pohon kayu oak akan memperlambat pertumbuhannya kemudian mati dengan sendirinya.
  • Ketinggian pohon kayu oak mampu mencapai 145 kaki, karena pertumbuhannya akan tetap berlangsung hingga mencapai usia 1000 tahun.
  • Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa hanya ada satu biji saja yang bisa tumbuh menjadi tanaman dari 1000 biji yang dihasilkan oleh pohon oak. Itu artinya, pohon kayu oak cukup sulit dibudidayakan sehingga keberadaannya dipasaran sangatlah langka.
  • Setidaknya ada sekitar 600 spesies pohon oak yang tersebar diseluruh dunia. Namun, Sebagian besar spesies tersebut tumbuh subur dikawasan yang beriklim dingin.
  • Pohon kayu oak mulai tumbuh biji Ketika usianya mencapai 50 tahun.
  • Pohon kayu oak diyakini telah ada sejak zaman purba.

Baca juga: Inilah Jenis Kayu Dengan Tekstur Terkeras di Indonesia

Jenis Kayu Oak

Dinilai dari tingkat kekerasannya, kayu oak dikategorikan kedalam kelas ll. Sehingga tak heran jika kayu oak tahan terhadap serangan rayap maupun jamur.

Kayu oak juga memiliki pori-pori yang besar, serta tidak termasuk kedalam kategori jenis kayu lunak (soft wood).

Namun, kekurangan dari kayu oak (jenis kayu oak merah) ini adalah tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang ekstrim.

Apabila terpapar sinar matahari, maka kayu oak akan mengalami penyusutan dan membuatnya menjadi bengkok.

Nah, karena hal inilah yang membuat kayu oak hanya cocok digunakan untuk kebutuhan interior maupun furniture indoor saja. Harga kayu oak di Indonesia memang agak mahal.

Pasalnya, keberadaan kayu oak di negara Indonesia terbilang cukup langka. Harga kayu oak akan dibedakan berdasarkan jenisnya.

1. Kayu Oak Merah

Ukuran tinggi pohon kayu oak merah mulai dari 5 meter sampai 35 meter, sedangkan diameter batangnya berkisar 1 hingga 2 meter.

Kayu Oak Merah

Sesuai dengan namanya, kayu oak yang satu ini tampil dengan mengusung warna coklat muda kemerah-merahan.

Menariknya lagi, kayu oak merah mempunyai serat kayu berbentuk lurus dan teratur serta teksturnya yang terasa agak kasar.

Akan tetapi, kayu oak merah memiliki pori-pori besar sehingga tingkat keawetannya tergolong rendah. Bukan hanya itu, bahkan kayu oak merah juga tidak terlalu kuat terhadap serangan rayap.

Kendati demikian, keunggulan dari kayu oak merah ini adalah tingkat risiko pemuaiannya yang rendah serta mudah diolah.

2. Kayu Oak Putih

Pohon kayu oak putih memiliki ketinggian mulai dari 20 hingga 25 meter, sedangkan ukuran diameter batangnya mencapai 1,2 meter.

Kayu Oak Putih

Walaupun dinamai dengan kayu oak putih, sebenarnya kayu tersebut memiliki warna coklat muda bahkan ada yang kehijauan.

Kayu oak putih mempunyai serat kayu berbentuk lurus yang beberapa diantaranya terdapat lekukan. Adapun megenai teksturnya yang terasa kasar, serta tahan terhadap serangan jamur dan rayap.

Ragam Pemanfaatan Kayu Oak Paling Umum

1. Dijadikan Furniture Indoor dan Outdoor

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu oak merah dan oak putih memiliki ciri khas tersendiri.

kayu oak Dijadikan Furniture Indoor dan Outdoor

Kayu oak merah tidaklah terlalu tahan terhadap paparan sinar matahari yang membuatnya hanya cocok dijadikan sebagai furniture indoor saja.

Berbeda dengan jenis kayu oak putih yang tahan terhadap rayap dan matahari, sehingga membuatnya cocok dijadikan bahan baku untuk kebutuhan furniture outdoor.

2. Dijadikan Produk Kerajinan

kayu oak Dijadikan Produk Kerajinan

Tak hanya dijadikan furniture indoor & outdoor, kayu oak juga kerap dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai macam produk kerajinan tangan. Ya, hal ini dikarenakan tampilan fisik kayu oak yang memiliki nilai estetik.

3. Dijadikan Lantai Parket

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lantai kayu alias parket dapat menonjolkan kesan yang mewah dan natural pada sebuah hunian.

kayu oak Dijadikan Lantai Parket

Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai parket kayu selalu diaplikasikan untuk kalangan menengah keatas saja.  

Pasalnya, harga lantai kayu yang memang lebih mahal dibandingkan jenis-jenis material lantai lainnya. Kayu oak pun menjadi salah satu jenis kayu yang sering dijadikan bahan baku untuk produk lantai parket.

Meski demikian, kebanyakan konsumen cenderung lebih suka menggunakan lantai kayu jati karena memang sudah terbukti kuat serta memiliki tampilan yang sangat indah.

Artikel Terkait: Parket Lantai Kayu Jati. Pilihan Terbaik Untuk Rumah Estetis Dan Arsistik

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk kayu oak, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

 

 

 


Posting Komentar