Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ketahui Jenis-jenis Mesin Amplas Agar Tak Salah Pilih

Jenis mesin amplas

Jenis mesin amplas – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir berbagai peralatan canggih yang dapat memudahkan pekerjaan.

Seperti halnya sander atau mesin amplas yang kerap diandalkan untuk kebutuhan industri kayu maupun manufakur mebel.

Dengan menggunakan mesin amplas, tentu saja proses penghalusan atau meratakan sebuah material akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Namun perlu diingat, bahwa mesin amplas terdiri dari berbagai jenis yang berbeda-beda lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis mesin amplas, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Mesin Amplas yang Umum Digunakan

1. Mesin Amplas Cakram

Mesin Sander Cakram berupa cakram abrasif dengan bentuk seperti piring, yang mana cara kerjanya akan berputar untuk pengamplasan material tertentu.

jenis Mesin Amplas Cakram

Kabarnya, jenis mesin amplas yang satu ini lebih efektif untuk penghapusan material dengan ukuran yang lebih besar secara singkat.

Pada pengaplikasiannya, Mesin Sander Cakram biasa digunakan untuk meratakan permukaan objek besar yang berbahan kayu, seperti pintu, jendela, meja, kursi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jenis dan Ukuran Amplas Kertas

2. Mesin Amplas Spindle

Mesin Amplas Spindle memang dirancang khusus untuk pengerjaan sebuah material kayu yang bentuknya melengkung.

Mesin Amplas Spindle

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia dibekali dengan silinder berukuran kecil yang dapat berputar secara vertikal.

Dengan begitu, Mesin Amplas Spindle dapat merapikan sekaligus menghaluskan permukaan kayu yang berkontur.

Sehingga tak heran jika Mesin Amplas Spindle selalu diandalkan untuk pengerjaan detail kayu yang rumit, seperti hiasan ukiran hingga kaki-kaki meja.

3. Mesin Amplas Sabuk

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Mesin Amplas Sabuk merupakan salah satu jenis mesin amplas yang paling efisien dan tangguh.

jenis Mesin Amplas Sabuk

Sesuai namanya, mesin amplas ini dibekali dengan sabuk yang bekerja dengan cara berputar secara terus-menerus.

Sehingga Mesin Amplas Sabuk mampu memberikan hasil yang lebih cepat dan merata terhadap objek kayu maupun material lainnya.

Biasanya Mesin Amplas Sabuk berfungsi untuk menghilangkan lapisan cat pada permukaan kayu, sekaligus meratakan permukaan kayu yang bergelombang.

4. Mesin Amplas Orbital Acak

Ini dia jenis mesin amplas yang memang paling umum digunakan dalam berbagai industri, khususnya industri perkayuan.

jenis Mesin Amplas Orbital Acak

Pasalnya, Mesin Amplas Orbital Acak memiliki kemampuan yang dapat memberikan hasil lebih halus tanpa meninggalkan goresan pada permukaan kayu.

Mengenai cara kerjanya, mesin amplas ini dikerjakan dengan gerakan berputar serta orbit yang mengacak.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko terbentuknya pola amplas yang menonjol pada permukaan kayu.

Sehingga Mesin Amplas Orbital Acak sangat efektif dalam pengerjaan finishing, serta menghaluskan permukaan setelah proses amplas kasar.

Mengingat gerakan orbitalnya yang acak, tentu saja mesin amplas ini sangat ideal digunakan untuk menghilangkan cat maupun noda pada permukaan kayu yang lebih besar.

5. Mesin Amplas Detail

jenis Mesin Amplas Detail

Jenis mesin amplas berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Mesin Amplas Detail. Mesin amplas ini biasanya digunakan untuk pengerjaan amplas yang membutuhkan akurasi tinggi, seperti sudut-sudut kecil hingga area yang susah dijangkau.

Mesin Amplas Detail tampil dengan bentuk yang kecil dan kompak, sedangkan bagian ujungnya tampak lancip yang menerupai setrika untuk mencakup area-area sulit.

Itu sebanya, mengapa Mesin Amplas Detail sangat cocok untuk pengerjaan fine tuning seperti memoles furniture atau persiapan permukaan kayu sebelum dilakukan finishing.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Mesin Amplas Detail juga bisa dilengkapi dengan beragam jenis amplas yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan lho.

Fungsi Utama Mesin Amplas

1. Menghaluskan Permukaan Objek Kayu dan Logam

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa mesin amplas kerap digunakan untuk pengerjaan material kayu dan logam.

Tak hanya menghaluskan, bahkan mesin amplas juga dapat meratakan, menghilangkan serat kasar, hingga memberikan tingkat kehalusan yang sesuai keinginan.

Dalam pengerjaan material logam, biasanya mesin amplas difungsikan untuk menghilangkan karat, cat, maupun lapisan lainnya yang berpotensi merusak struktur logam.

2. Menghapus Cacat Terhadap Permukaan Material

Selain menghaluskan, penggunaan mesin amplas juga dapat menghilangkan cacat maupun ketidaksempurnaan pada sebuah material.

Adapun mengenai cacat yang dimaksud seperti goresan, noda, hingga tonjolan yang bisa dihilangkan melalui mesin amplas dengan beragam tingkat kehalusan.

Jadi, proses tersebut untuk memastikan hasil akhir dari objek yang dikerjakan mempunyai kualitas bagus dan tampilan yang memuaskan.

3. Persiapan Permukaan Untuk Proses Finishing

Sebelum melakukan finising seperti pemberian lapisan cat, lak, maupun bahan pelapis lainnya, tentu saja permukaan material harus dipersiapkan dengan baik.

Maka dari itu, penggunaan mesin amplas akan membantu dalam menghasilkan permukaan yang lebih halus dan bersih, sehingga lapisan finishingnya bisa menempel dengan sempurna sekaligus memberikan hasil yang lebih tahan lama.

4. Kebutuhan Pengerjaan Detail

Bagi kamu yang memerlukan pengerjaan detail pada material yang lebih kecil atau sulit dijangkau, maka penggunaan mesin amplas merupakan pilihan paling tepat.

Pasalnya, mesin amplas terdiri dari beragam jenis dan ukuran sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan beragam ukuran dan jenis mesin ampas yang tersedia, tentunya pengerjaan detail seperti merapikan sudut, pembentukan tepi, atau menghilangkan cacat bisa dilakukan dengan akurasi tepat.

5. Dapat Mengurangi Ketebalan Material

Dalam beberapa pekerjaan seperti pembuatan desain maupun kerajinan, mesin amplas bisa digunakan untuk mengurangi ketebalan material sesuai kebutuhan.

Tentu saja hal ini sangat membantu untuk menghasilkan desain maupun pola tertentu pada material, tanpa harus merusak integritas strukturalnya.

Tips Merawat Mesin Amplas

1. Membersihkan Secara Berkala

Penting bagi kamu untuk selalu membersihkan sisa-sisa bahan maupun kotoran yang menempel pada mesin amplas.

Mengenai pembersihannya, kamu bisa menggunakan koas atau kompresor udara guna membersihkan di area-area yang sulit terjangkau.

Dalam hal ini, jangan sampai debu dan kotoran menumpuk di bantalan, mesin motor, hingga bagian-bagian lainnya karena bisa mengurangi performa mesin amplas.

2. Cek Kondisi Bantalan dan Belt

Khusus jenis mesin amplas sabuk, disarankan untuk mengecek kondisi bantalan dan belt. Pastikan bantalannya masih berputar dengan sempurna tanpa ada suara bising yang tidak normal.

Bila perlu, gantilah sabuk yang sudah aus atau mengalami kerusakan agar kondisi kerusakannya tidak bertambah parah.

3. Beri Pelumas

Setidaknya ada beberapa jenis amplas yang memerlukan pelumasan secara teratur untuk menjaga performanya.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara manual untuk rekomendasi pelumas yang sesuai dan buatlah jadwal pelumasan seuai kebutuhan.

4. Harus Disimpan Dengan Baik

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan dalam merawat mesin amplas, yakni harus disimpan dengan baik.

Dalam hal ini, simpanlah mesin amplas pada area yang kering dan terlindungi dari debu maupun kelembaban.

Biar lebih aman lagi, simpan mesin amplas kedalam kotak khusus sehingga terhindar dari berbagai benturan atau kerusakan dari korosi.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai jenis-jenis mesin amplas beserta tips merawatnya.

Posting Komentar untuk "Ketahui Jenis-jenis Mesin Amplas Agar Tak Salah Pilih"