Ingin Tahu Jenis dan Ukuran Mata Bor?

Daftar Isi

 

Jenis ukuran mata bor

Jenis ukuran mata bor – Ada berbagai peralatan yang kerap diandalkan untuk menunjang kebutuhan konstruksi dan bangunan. Ya, salah satunya adalah mesin bor.

Pada umumnya, mesin bor digunakan untuk melubangi material tertentu seperti dinding, kayu, dan lain sebagainya.

Selain itu, mesin bor juga dapat digunakan untuk mengencangkan baut yang terpasang pada material tertentu.

Namun, peran mesin bor tidak terlepas dari mata bor. Setidaknya terdapat beberapa jenis mata bor yang tersedia dipasaran dengan ukuran berbeda-beda.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis mata bor, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis dan Ukuran Mata Bor

1. Mata Bor Spiral

Sesuai dengan namanya, jenis mata bor yang satu ini tampil dengan bentuk spiral. Mata Bor Spiral tersedia kedalam berbagai varian ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar.

Mata Bor Spiral

Kendati demikian, ukuran Mata Bor Spiral yang paling umum digunakan itu berkisar anta 1/16 inci sampai 1 inci.

Mata Bor Spiral sangat cocok digunakan untuk pengeboran berbagai macam material, seperti kayu, logam, plastik, hingga dinding bata.

Bagian ujung Mata Bor Spiral tampak tajam dan berpilin yang membuatnya mampu melubangi material dengan lebih cepat.

Artikel Terkait: 7 Jenis Mesin Bor berserta Fungsi dan keunggulannya

2. Mata Bor Beton

Mata Bor Beton juga tersedia kedalam berbagai varian ukuran, mulai dari 1/8 inci, 1 inci, dan seterusnya.

Mata Bor Beton

Dalam penggunanaannya, jenis mata bor yang satu ini memang dirancang khusus untuk pengeboran berbagai material keras, seperti beton, batu, dan batu bata.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena bagian ujungnya tampak lebih tajam serta sudah dilengkapi pahat karbida yang dapat memudahkannya untuk menembus material bertekstur keras.

Mengingat keunggulannya yang sedemikian rupa, maka tak heran jika Mata Bor Beton selalu diandalkan untuk pekerjaan perbaikan dinding maupun instalasi peralatan.

3. Mata Bor Logam

Mata Bor Logam hadir kedalam berbagai varian ukuran, mulai dari 1./16 inci, 1 inci, hingga yang paling besar.

Mata Bor Logam

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana jenis mata bor ini ideal digunakan untuk pengeboran material berbahan logam, seperti baja, besi, dan sejenisnya.

Mata Bor Logam memiliki bagian ujung yang sangat tajam dan bertekstur keras, sehingga mampu menembus material logam dengan lebih mudah dan cepat.

Itu sbabnya, mengapa Mata Bor Logam kerap digunakan untuk pengeboran industri logam, pembuatan peralatan, hingga bidang otomotif.

Baca juga: Jenis dan Ukuran Baut

4. Mata Bor Pasah

Selanjutnya ada jenis Mata Bor Pasah yang juga menyediakan berbagai ukuran dengan diameter berbeda-beda.

Mata Bor Pasah

Sehingga hal ini dapat memungkinkan penggunanya untuk membuat lubang dengan diameter yang bervariasi menggunakan satu alat.

Namun, ukuran Mata Bor Pasah yang paling umum digunakan itu berkisar antaa ¼ inci hingga 1-3/8 inci.

Pada penggunaannya, Mata Bor Pasah biasa digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan lubang dengan diameter berbeda-beda.

Seperti halnya instalasi pipa, perbaikan peralatan, hingga industri kerajinan tangan. Tak hanya itu, bahkan Mata Bor Pasah juga biasa digunakan untuk menunjang kebutuhan otomotif.

5. Mata Bor Keramik

Pada dasarnya, penggunaan Mata Bor Keramik akan disesuaikan dengan jenis maupun ukuran material keramiknya yang hendak di bor.

Mata Bor Keramik

Menurut informasi yang didapat, ukuran Mata Bor Keramik yang umum digunakan berkisara antara 1/8 inci sampai 1/2 inci.

Jenis mata bor ini memiliki bagian ujung yang sangat tajam serta dilengkapi pahat karbida, sehingga membuatnya mampu menembus keramik maupun material keras lainnya dengan mudah.

Dengan kemampuannya tersebut, tentu saja Mata Bor Keramik cocok digunakan untuk pemasangan ubin lantai, dinding, hingga instalasi kamar mandi.

Apa Jadinya Jika Mata Bor Tumpul?

Jika mata bor mengalami tumpul, maka akan ada berbagai permasalahan yang harus kamu ketahui seperti berikut:

1. Memperlambat Pengeboran

Dengan menggunakan mata bor yang sudah tumpul, tentu saja proses pengeboran menjadi lebih lama. Sehingga kondisi ini bisa membuatmu merasa kelelahan.

Pasalnya, mata bor yang tumpul tidak bisa menembus permukaan material dalam waktu yang cepat.

2. Muncul Serpihan Kecil

Selain memperlambat proses pengeboran,  ternyata penggunaan mata bor yang sudah tumpul juga isa menciptakan serpihan-serpihan kecil dan halus.

Sehingga hal tersebut akan mengganggu proses pembuangan serpihan material, serta memicu terjadinya penumpukan serpihan pada area lubang yang di bor.

3. Mata Bor Mengalami Kerusakan Hebat

Pengeboran dengan mata bor yang tumpul akan menyebabkan gesekan yang berlebih pada alat maupun materialnya.

Alhasil, kondisi ini bisa merusak mata bor dengan cepat hingga membuatnya patah. Bahkan, kerusakan ini juga akan berlaku terhadap materialnya karena ada tekanan yang berlebihan.

4. Lubang Menjadi Tidak Rata

Apabila material yang dibor menghasilkan lubang yang tidak rata, maka bisa dipastikan bahwa kondisi mata bornya sudah tumpul.

5. Meningkatkan Risiko Cedera

Dampak berikutnya dari penggunaan mata bor yang sudah tumpul, yakni bisa meningkatkan risiko cedera terhadap penggunanya.

Pasalnya, pengeboran dengan mata bor tumpul membutuhan tenaga lebih sehingga berpotensi menimbulkan cedera otot, bahkan cedera serius dibagian tangan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis dan ukuran mata bor. Dengan memahami jenis dan ukuran mata bor, tentunya dapat membantumu untuk mendapatkan mata bor yang sesuai kebutuhan.

Nah, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)

 

 

Posting Komentar