Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air

Daftar Isi

Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air

Lantai kayu sintetis Outdoor
- Decking kayu adalah pilihan utama lantai outdoor. Penggunaan decking kayu memberikan kesan alami, nyaman dan berestetika. Akan tetapi, sering kali kita mendapati harga decking kayu solid cenderung tinggi.

Apakah anda jenis lantai sintetis yang bisa menjadi alternatif pengganti decking, sebagai lantai outdoor ?

Jawabannya ada. Dan disini kami akan uraikan beberapa jenis lantai kayu sintetis yang bisa anda gunakan untuk area outdoor.

1. Lantai WPC Outdoor

Lantai WPC adalah jenis lantai yang terbuat dari campuran bahan-bahan berupa serat kayu atau serat pohon dengan polimer plastik, seperti polietilena, polipropilena, atau PVC. Singkatan "WPC" sendiri merupakan "Wood Plastic Composite" atau Komposit Kayu Plastik. 

Lantai kayu sintetis WPC Outdoor

Karakteristik WPC

Memiliki Tampilan mirip kayu asli

Karakteristik pertama dari WPC adalah kemampuannya untuk meniru tampilan dan tekstur kayu alami dengan sangat baik. Ini memberikan estetika kayu yang indah tanpa kebutuhan perawatan yang intensif yang biasanya terkait dengan kayu alami.

Memiliki Ketahanan terhadap Cuaca

Salah satu alasan percampuran plastik sebagai bahan utama pada WPC adalah untuk bisa menjadikan sebuah decking yang tahan perubahan cuaca. Yang mana, dengan adanya plastik, bisa membuat WPC lebih tahan terhadap air dan paparan sinar matahari.

Ketahanan terhadap Hama Kayu

Karena tidak mengandung kayu alami yang rentan terhadap serangan rayap atau pertumbuhan jamur, lantai WPC lebih tahan terhadap kerusakan dari serangga dan jamur. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk digunakan di lingkungan yang lembab.

Cukup mudah dalam perawatan

Lantai WPC membutuhkan perawatan yang minimal. WPC Decking mudah dibersihkan dengan air dan sabun ringan, dan tidak memerlukan pelapisan atau perawatan khusus lainnya seperti Decking kayu.

lantai kayu sintetis WPC

Perhatian Khusus WPC

Kurang nyaman Saat panas

Decking WPC dapat menjadi panas saat terpapar langsung oleh sinar matahari. Ini dapat membuatnya tidak nyaman untuk digunakan pada hari-hari yang sangat panas, terutama jika tidak ada penutup atau lapisan pelindung tambahan. Dan ini merupakan pertimbangan lebih bila mana anda ingin menggunakan decking WPC, sebab mungkin anda ingin menggunakan decking yang lebih nyaman digunakan.

Rentah Pecah

Meskipun lebih tahan terhadap keausan daripada Decking kayu solid, sama seperti material plastik lainnya, decking WPC masih rentan terhadap kerusakan fisik seperti pecah atau retak, terutama jika terkena beban berat atau tekanan yang ekstrem.

Kurang Tahan Goresan

WPC cenderung lebih rentan terhadap goresan dan tanda-tanda keausan lainnya daripada material yang lebih keras seperti batu alam. Goresan ini dapat mengurangi penampilan estetika decking dari waktu ke waktu.

Harga cukup mahal

Jika dibandingkan dengan decking kayu solid, WPC ini memiliki harga yang sama atau bahan lebih mahal pada beberapa jenisnya. Hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan khusus sebab, bukankah lebih baik menggunakan decking kayu asli yang lebih baik dibandingkan material sintetis dengan harga lebih mahal ?

Tidak dapat di Cat ulang

Tidak seperti decking kayu utuh yang bisa dilakukan pelapisan cat kembali beberapa tahun sekali untuk mendapatkan tampilan kembali bagus, WPC tidak bisa. Untuk membuatnya tampil bagus kembali, anda perlu membeli WPC yang baru.

Selengkapnya : Decking Kayu vs WPC Jenis Lantai Mana Yang Lebih Baik?

2. Conwood

Conwood ialah bahan bangunan yang terbuat dari campuran selulosa dan serat semen. Bahan ini diproduksi melalui proses yang ramah lingkungan.

Proses pembuatan Conwood melibatkan pencampuran serat semen sebanyak 70% dengan selulosa sebanyak 30%, yang kemudian dicetak dan dikeringkan menggunakan teknologi khusus untuk menghasilkan bahan yang padat dan kokoh seperti kayu. 

Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air conwood

Conwood dapat dipotong menggunakan gergaji atau pahat. Dengan bentuk dan teksturnya yang menyerupai kayu asli, Conwood dapat digunakan untuk berbagai elemen bangunan, baik dalam interior maupun eksterior.

Keuntungan Menggunakan Conwood

1. Keamanan dari Serangan Rayap

Conwood tidak rentan terhadap serangan rayap karena terbuat dari campuran serat fiber dan semen Portland yang berkualitas, berbeda dengan kayu asli.

2. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim

Conwood mampu bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim, sehingga cocok digunakan baik untuk dekorasi ruang dalam maupun luar ruangan.

3. Ketahanan Terhadap Kelembapan Tinggi

Ketika digunakan sebagai lantai kayu di area yang rentan terkena kelembapan tinggi seperti kamar mandi atau pool deck, Conwood memiliki umur pakai yang lebih lama dan tidak mudah lapuk meskipun terkena air. Selain itu, tekstur dan celah produknya menyerupai kayu asli, menjadikannya aman dan tidak licin saat basah.

4. Ketahanan Terhadap Api

Conwood tahan terhadap api, berbeda dengan kayu asli yang mudah terbakar. Ini membuat produk Conwood lebih aman digunakan dalam berbagai aplikasi.

Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air conwood

Kelehaman material Conwood

1) Bobot Lebih Berat

Pertama, Conwood memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan kayu solid. Hal ini perlu diperhatikan karena membutuhkan kerangka bangunan yang kokoh dan kuat untuk menopang beban material Conwood.

2) Rentan Terhadap Benturan

Meskipun tahan terhadap perubahan cuaca dan api, Conwood cenderung kurang tahan terhadap benturan. Hal ini disebabkan oleh bobot Conwood yang lebih berat daripada kayu, sehingga memerlukan kehati-hatian ekstra saat pemindahan atau pemasangan. Selain itu, Conwood juga rawan terhadap goresan dari benda tajam.

3. SPC Motif Kayu

Product yang saya rekomendasikan berikutnya ini bukanlah jenis lantai kayu sintetis yang full bisa digunakan di area outdoor. SPC motif kayu bisa anda gunakan di area outdoor yang memiliki peneduh diatasnya. seperti teras dan balkon.

SPC Flooring sendiri adalah jenis kayu yang terbuat dari bahan vinyl dengan campuran batu kapur, plastik, dan bahan pengeras lainnya. Nama panjang SPC adalah "Stone Plastic Composite"

Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air

Kelebihan SPC Flooring

Memiliki tingkat kekerasan yang Tinggi

SPC Flooring sangat tahan terhadap goresan, bengkok, dan tekanan berat. Ini membuatnya cocok untuk digunakan di area dengan lalu lintas yang tinggi, seperti teras.

Memiliki ketahanan terhadap air

Sama seperti alasan dibuatnya lantai kayu sintetis lain, SPC Flooring ini dibuat untuk menjawab kelamahan-lemahan dari lantai kayu solid. SPC Flooring tidak akan terpengaruh oleh kelembaban atau air. Ini membuatnya ideal untuk digunakan di ruangan dengan kelembaban tinggi, seperti kamar mandi atau area luar ruangan.

Tidak memuai dan menyusut

SPC Flooring memiliki stabilitas dimensi yang sangat baik, artinya tidak akan menyusut atau memuai dalam tanggapan terhadap perubahan suhu atau kelembaban. Ini membuatnya cocok untuk digunakan di area dengan kondisi lingkungan yang berubah-ubah.

Kekurangan SPC

SPC tidak terlalu nyaman digunakan

Meskipun SPC Flooring dapat meniru penampilan lantai kayu solid, beberapa orang mungkin menganggapnya kurang nyaman dan hangat dibandingkan dengan material asli. hal ini disebabkan oleh bahan utamanya yaitu campuran PVC dan batu.

Bisa direkomendasikan di pasang di area sering terkena hujan

SPC Flooring ini memang bukan jenis lantai kayu yang khusus dipasang di area luar ruangan, sehingga tidak memiliki dukungan penyerapan air yang baik. Ditambah lagi tidak memiliki fitur anti slip yang memungkinkan lantai menjadi lebih licin.

Selengkapnya : Mengenal lantai SPC

Decking kayu Utuh

Decking kayu ulin untuk outdoor

Kami menyediakan beberapa jenis lantai kayu solid khusus untuk area luar ruangan. Seperti untuk samping kolam, teras, balkon, rooftop dan area luar ruangan lain. Kenapa menggunakan Decking kayu solid ? Karena memiliki estetika yang bagus dan nyaman digunakan.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai jenis kayu terbaik bisa langsung kunjungi halaman ini : 5 Jenis Decking Kayu Outdoor. Temukan Harga Terbaik!

Atau bisa juga dengan menghubungi kami.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Rekomendasi Lantai kayu sintetis Untuk Outdoor Tahan air. Mari wujudkan tampilan area luar ruangan anda menjadi lebih baik

Posting Komentar