Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Sudah tahukah kelebihan dan kekurangan lantai kayu dalam ruangan

 

kelebihan dan kekurangan lantai kayu dalam ruangan

Lantai kayu menjadi penutup lantai yang memberikan kesan alami di dalam ruangan, kealamiannya tersebut membuat udara di dalam ruangan terasa hangat dan bisa menjadi sejuk.

Tampilan lantai yang sudah terpasang lantai dari kayu memang terlihat nyaman dimata, kenapa nyaman? ya karena bahan yang digunakan benar-benar kayu asli yang langsung di ambil dari pohon yang menghasilkan kayu berkualitas.

Lantai dari kayu cocok digunakan untuk semua jenis bangunan, tak hanya untuk rumah saja. apartemen, hotel, mesjid, ruko, dll bisa menggunakan lantai kayu parquet. namun untuk pembahasan saat ini saya akan hanya menjelaskan lantai kayu untuk di dalam ruangan. sedangkan lantai kayu untuk di luar ruangan memiliki jenis yang berbeda dengan lantai kayu di dalam ruangan. untuk lebih lanjut baca artikel di bawah ini.


Decking kayu ulin


Jenis-jenis lantai kayu untuk di dalam ruangan

Lantai kayu untuk di dalam ruangan yang akan saya jelaskan adalah lantai kayu solid, lantai kayu solid yang saya maksud adalah lantai yang menggunakan kayu asli alias bukan serbuk kayu maupun vinyl.
karena kami sendiri memiliki produk pengganti lantai kayu solid, yaitu lantai vinyl dan lantai laminated, jadi penutup lantai untuk di dalam ruangan bisa menggunakan lantai selain kayu asli.

Produk lantai kayu yang bisa anda gunakan merupakan kayu pilihan terbaik dari segi kekuatan dan kekerasannya, karena kami selalu menggunakan kayu yang kuat terhadap rayap, hama, dan penyakit kayu lainnya. sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap kayu yang kami jual.

Produk tersebut adalah:

Lantai kayu parquet jati

lantai kayu parquet jati

Anda sudah pasti tahu kualitas kayu jati seperti apa, bahkan kami membeli kayu jati ini langsung dari perhutani yang sudah jelas memiliki kualitas yang lebih baik lagi. kayu jati termasuk kayu yang sudah di akui oleh dunia karena kualitasnya yang bagus.

Setelah kayu jati di olah menjadi lantai kayu atau lantai parquet terbukti sangat laris dipasaran, kayu jati memiliki serat atau motif yang unik dan beragam, sehingga para pengguna lantai kayu bisa memilih corak yang disukainya.

Parquet jati memiliki ukuran mulai dari tebal 1,2cm x lebar 5cm x panjang 20cm, bahkan parquet jati memiliki ukuran panjang lainnya, yaitu 25cm dan 30cm.

Sistem pemasangan parquet jati bisa disusun dengan cara menyususn bata, atau mozaik. maka dari itu hasil pemasangannya lantai kayu tersusun rapi.



Flooring kayu jati

flooring kayu jati


Flooring kayu jati merupakan produk yang banyak digemari oleh masyarakat, sama halnya dengan lantai kayu parquet jati.
flooring kayu memberikan kesan mewah dan alami, sehingga cocok digunakan untuk hunian di perkotaan maupun perkampungan.

Cara pemasangan flooring sedikit berbeda dengan lantai kayu parquet, sistem pemasangan menggunakan cara gluedown yaitu pemasangan dengan cara menyusun kayu di atas acian.

Pembeda antara flooring dan lantai parquet dari segi ukurannya, ukuran flooring lebaih besar.
ketebalan kayu 1,5cm, lebar 9cm, dan panjang random dari 30cm sampai 90cm/pcs.

Jenis ini sering digunakan untuk hunian yang memiliki bidang sangat besar, karena dengan flooring ini penggunaan kayu tidak terlalu banyak.


Mini flooring jati

mini flooring jati

Untuk ukuran mini flooring, penengah antara lantai kayu parquet dan flooring kayu. ukuran tebal 1,2cm x lebar 7cm, x panjang 30-90cm.

Ketersediaan ukuran untuk mini flooring yang kami jual, menggunakan dengan cara sistem random. jadi sesuai bahan yang tersedia saja.


Selain dari kayu jati, kami memiliki produk untuk lantai kayu di dalam ruangan lainnya, yaitu dari kayu merbau yang sama-sama memiliki kualitas yang baik.
perbedaan dari kedua jenis ini terlihat dari segi corak dan warna kayu tersebut.

Selengkapnya bisa baca Lantai kayu merbau

Kelebihan lantai kayu di dalam ruangan

Pemasangan lantai kayu di dalam ruangan memiliki keistimewaan yang tiada bandingannya, produk ini jelas-jelas alami dari kayu yang membuat hunian memiliki nilai plus.

Kelebihan menggunakan lantai kayu:


Keawetan yang sangat lama

Lantai dari kayu terbuat dari kayu yang keras dan sangat tahan terhadap rayap, sehingga lantai ini bisa awet bertahun-tahun.
pengolahan lantai pun tidak dicampuri bahan lain alias utuh menggunakan kayu asli. 

Perawatan yang mudah

Cara merawat lantai ini cukup mudah dan simpel, cukup disapu minimal 3x sehari dan di pel menggunakan kain lap yang tidak terlalu basah. namun cairan yang di gunakan untuk mengepel tidak boleh sembarangan. harus menggunakan cairan khusus pembersih lantai kayu.

Ruangan menjadi sejuk dan hangat

Inilah yang menjadikan lantai kayu sangat istimewa, selain bisa merubah tampilan menjai mewah lantai dari kayu memberikan suasana yang hangat ketika di musim hujan, dan suasana yang sejuk ketika musim kemarau datang.

Kalau anda gak percaya silahkan saja coba pasang


Nyaman ketika di injak

Anda akan merasakan sensasi yang enak ketika menginjak lantai ini, sedikit adem ketika kaki anda menginjaknya.

Bau yang wangi dan menyehatkan

Aroma yang wangi ketika lantai kayu terpasang di dalam ruangan, aroma tersebut sangat baik bagi kesehatan.
dan aroma tersebut tidak membahayakan karena kayu merupakan material yang sangat alami.

Kekurangan lantai kayu di dalam ruangan

Setiap produk selalu memiliki kekurangan, namun lantai kayu ini tidak memiliki kekurangan yang sangat parah. akan tetapi semua bisa anda atasi jika anda memiliki budget yang baik

Rentan terhadap goresan

Inilah yang menjadi kekurangan pemasangan lantai kayu di dalam ruangan jika anda tidak hati-hati menjaganya.
kayu ini mudah tergores jika anda mengabaikan hal-hal yang harus dihindari.
hal-hal tersebut adalah:
  •  Menggeserkan furniture tanpa di gotong
  • Menaro benda tanpa dikasih alas
  • ketika ada sisa makanan tidak langsung dibersihkan

Perawatan yang agak repot

Agar warna kayu selalu memiliki kesan yang indah dan selalu terlihat baru, anda harus mengecat ulang minimal 3 tahun sekali.
dan perawatan tersebut menjadi alasan ketika orang yang tidak mau menggunakan lantai dari kayu.


Posting Komentar untuk "Sudah tahukah kelebihan dan kekurangan lantai kayu dalam ruangan"

Widget HTML Atas