Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan laminated flooring

kelebihan dan kekurangan laminated flooring

 Laminated flooring- Mendekorasi rumah  dengan harga yang murah menjadi pilihan utama bagi yang belum memiliki budget yang cukup. karena saat ini banyak yang menginginkan kemewahan di dalam rumah tanpa harus keluar biaya yang membengkak.

Kemewahan serta kenyamanan di dalam rumah sangatlah penting, rumah yang bisa memberikan rasa nyaman merupakan syurga di dunia yang tak ada bandingnya. ditambah dengan kemewahan material pelengkap yang akan menimbulkan pemandangan yang indah.

Material pelengkap yang akan membuat rumah anda menjadi mewah dengan mengeluarkan biaya yang rendah, anda bisa menggunakan jenis penutup lantai yang menyererupai lantai kayu.

Adakah lantai kayu yang murah tersebut?

Lantai kayu murah tersebut adalah laminated flooring, lantai laminasi yang terbuat dari serbuk kayu HDP (High Density Fiberboard) dan resin yang dipadatkan dengan alat khusus sampai menjadi injakan yang nyaman dan menyerupai lantai dari kayu.

Jenis lantai ini merupakan pengganti lantai kayu, dan dijual dengan harga murah serta saat pemasangan jenis ini sangat mudah. berbeda dengan cara pemasangan lantai kayu yang cukup sulit dan memerlukan waktu yang lama.


Cara mengetahui kualitas laminated flooring

ketahui kualitas laminated flooring

Sebelum membeli laminated flooring alangkah baiknya anda harus mengenal ciri-ciri laminated yang memiliki kualitas terbaik.
ciri-ciri laminated tersebut adalah:


Menentukan serbuk kayu yang digunakan

Serbuk kayu yang biasa beredar dipasaran memang beragam, jenis serbuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
serbuk tersebut seperti LDF, MDF, dan HDF.

Namun yang sering digunakan untuk pembuatan laminated yaitu HDF, pemilihan hdf bukan berarti serbuk kayu yang lainnya tidak layak digunakan melainkan serbuk hdf memiliki kerapatan yang tinggi. sehingga serbuk ini jarang sekali digunakan untuk furniture.

Penggunaan Hdf yang disarankan harus yang berwarna coklat tua, ini yang harus anda kenali ketika akan membeli laminated flooring. 

Kenapa harus yang berwarna coklat tua?

Jika harus dibandingkan dengan warna hdf lainnya yaitu hijau muda, dan warna putih. warna coklat tua lebih tahan untuk segala macam kondisi.
bisa dikatakan hdf ini akan sangat kuat bertahun-tahun.

Baca juga
informasi lantai laminated lebih lengkap

Tingkat AC menentukan kualitas laminated flooring

tingkat ac laminated flooring

Ac yang saya maksud adalah abrasion class, peringkat lantai laminated yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memproduksinya. semakin tinggi peringkat AC tersebut maka harganya akan semakin mahal.

Saran saya untuk pemilihan tingkat AC sesuai dengan budget yang anda miliki saja, jangan sampai anda memaksakan untuk memilih laminated flooring yang memiliki tingkatan yang tinggi.
dari segi kualitas tingkatan AC tersebut tidak terlalu begitu mempengaruhi.

Kelebihan laminated flooring

Kelebihan lantai laminated ini sangat baik, sehingga anda harus menggunakan jenis penutup lantai yang satu ini daripada menggunakan jenis lantai murah lainnya.

Harganya murah

Inilah yang menjadi daya tarik pembeli, memiliki kualitas yang baik dan tampilan yang mewah namun harga jual dipasaran sangat murah. sehingga tidak merepotkan para pecinta motif lantai kayu.

Perawatan yang tidak sulit

Perawatan lantai laminated cukup mudah, sama seperti merawat lantai keramik yang cukup di sapu minimal 2 kali sehari dan di sapu 1 kali dalam sehari.

Laminated tidak pernah melengkung

Karena bahan utama bukan kayu asli, sehingga tidak mudah melengkung ketika sudah dipasang pada lantai.

Pemasangan yang tidak memakan waktu

Memasang lantai laminated tidak begitu sulit, pemasangannya bisa sangat cepat. berbeda dengan pemasangan lantai kayu yang terbilang sangat lama.

Nyaman dan unik

Lantai ini sangat enak ketika di injak, memiliki kehangatan yang hampir sama dengan lantai kayu. sehingga ketika rebahan tanpa alas sudah sangat enak.
keunikan lantai ini mirip dengan lantai kayu, sehingga akan mengira bahwa lantai tersebut adalah kayu asli.

Selain memiliki kelebihan yang bagus, laminated flooring memiliki kekurangan yang sama seperti penutup lantai lainnya.

Kekurangan laminated flooring

Corak yang tidak alami

Karena bahan yang digunakan bukan dari kayu asli, sehingga corak tersebut tidak terlihat alami alias monoton.

Mudah tergores

Inilah yang menjadi kelemahan lantai ini, sangat sensitif terhadap goresan ketika memindahkan mebel. alangkah baiknya ketika memindahkan mebel diangkat agar laminated tetap awet.

Kekuatan tidak akan seawet lantai kayu

Lantai kayu memang memiliki ketahanan dan awet yang sangat baik, karena lantai kayu merupakan kayu asli. berbeda dengan laminated flooring yang kekuatannya dibawah lantai kayu.

Rusak satu ganti semua

Maka dari itu anda harus ekstra hati-hati merawat lantai laminated ini, karena jika ada kerusakan akan sangat patal. yaitu harus diganti semua 

Posting Komentar untuk "Inilah Kelebihan dan Kekurangan laminated flooring"

Widget HTML Atas