Ini Dia 3 jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Dermaga

Daftar Isi

jenis kayu untuk dermaga

Bagi anda yang baru mendengar istilah Dermaga, pasti anda penasaran apa yang dimaksud dengan dermaga bukan?

Dermaga adalah tempat yang dirancang khusus pada sebuah pelabuhan untuk kegiatan bongkar muat penumpang maupun barang. 

Bahkan dermaga bisa dikatakan sebagai tempat untuk pengisian bahan bakar kapal dan pengisian air bersih.

Dermaga di indonesia tak hanya difungsikan sebagai tempat untuk bongkar muat penumpang saja.

Hal itu tergantung fungsi dari pelabuhan tersebut, contohnya kita kenal pelabuhan Tanjung Priok.

Tanjung priok merupakan pelabuhan yang  kegiatannya ada ekspor dan import barang yang telah dimasukan kedalam peti kemas.

Berbagai Jenis Kayu Untuk Dermaga 

Berbagai Jenis Kayu Untuk Dermaga

Kayu menjadi salah satu material alami yang sejak dari dulu memang selalu diandalkan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi dan bangunan. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu memiliki sifat fleksibel dan mudah diolah sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Begitu pun dalam pembangunan sebuah dermaga yang tak bisa lepas dari peran material kayu. 

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu itu cocok digunakan untuk pembangunan dermaga lho. Lantas, jenis kayu seperti apakah yang cocok untuk membuat dermaga?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Kayu Ulin

kayu ulin untuk dermaga

Decking Kayu ulin memang sangat cocok digunakan untuk sebuah dermaga. kayu ini sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya karena kayu ulin merupakan kayu keras yang berasal dari indonesia.

Kayu ulin ini berasal dari kalimantan, kayu ini sudah terkenal di mata masyarakat dengan kelebihan yang sangat sempurna. 

Ya, kayu ini dikategorikan sebagai kayu kuat kelas 1, kayu awet kelas 1, dan kayu keras kelas 1.

Keunggulan lainnya, yaitu tahan terhadap perubahan cuaca, tahan serangan rayap,dan  bertumbuhnya jamur. sehingga kayu ini aman digunakan untuk sebuah dermaga di lautan.

Kelebihan yang menempel pada kayu ulin seolah akan menarik perhatian kita, namun bukan berarti kayu ini tidak memiliki kekurangan.

kekurangan dari kayu ini yaitu sedikitnya pohon ulin yang tumbuh di negara kita, jadi kayu ini memang terbatas, tak heran jika harga jual kayu ini mahal.

Melihat dari pertumbuhannya yang lama dan produknya langka, kayu ulin dijual bisa dua kali lipat dari harga kayu biasanya. 

Ukuran decking kayu ulin yang bisa digunakan untuk dermaga, merupakan ukuran standar yang akan membuat tampilan dermaga rapi dan rata.

2. Kayu Merbau 


kayu merbau untuk dermaga

Selain kayu ulin, kayu merbau merupakan kayu asal papua yang harganya dibawah kayu ulin. dari segi kualitas kayu merbau merupakan kayu yang keras dan awet. 

Meskipun kualitasnya tidak sebaik decking kayu ulin, tapi kayu merbau memiliki kekuatan yang tahan terhadap serangan rayap, bahkan jamur tidak akan bisa tumbuh pada kayu ini. 

Ditambah serat lurus mirip dengan kayu kelapa dengan warna yang khas yaitu merah kecoklatan, sehingga dapat mempertegas kesan estetik.

Decking yang digunakan untuk dermaga memiliki alur anti slip satu sisi, dengan tujuan untuk aliran air hujan atau permukaan lantai supaya tidak licin

3. Kayu Bengkirai 

kayu bengkirai untuk dermaga

Selain kayu ulin dan merbau, kayu bengkirai yang merupakan kayu asal kalimantan bisa digunakan untuk kebutuhan dermaga.

Soal kualitas, kayu bengkirai memiliki kelebihan yang bagus. Bahkan dari segi harga decking kayu bengkirai relatif terjangkau.

Kategori tingkat keras kayu bengkirai masuk kelas 1, namun tingkat ke awetannya masuk ke dalam kelas 2 dan tingkat kekuatannya masuk ke dalam kelas 3.

Namun jangan kahawatir, meskipun kekuatannya rendah, kayu bengkirai tetap kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca, dan serangan jamur.

Warna dari kayu ini yang khas yaitu coklat kemerahan yang akan membuat tampilan dermaga lebih menarik. Ukuran decking kayu bengkirai 1,9 x 9 x 100 up.

Inspirasi Desain Dermaga Kayu Untuk Tempat Wisata

Dermaga kayu bisa dijadikan sebagai tempat wisata, dengan menggunakan material kayu seolah-olah dapat menarik para wisatawan agar datang ke tempat yang akan di perkenalkan.

Inspirasi Desain Dermaga Kayu

Keindahan menggunakan decking kayu pada dermaga bisa terlihat keunikan dan kealamiannya. orang-orang yang berkunjung sudah pasti ingin melakukan selfie di atas dermaga kayu.

Decking kayu memberikan kesan mewah dan memberikan suasana sejuk sehingga cocok untuk tempat wisata di dermaga.

Nah, itulah beberapa jenis kayu terbaik yang bisa anda aplikasikan untuk membangun sebuah dermaga. 

Untuk info pemesanan seputar decking kayu yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, silahkan hubungi marketingnya di nomor 0812 2041 996 (Amir). 

Posting Komentar