Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Cara alami yang paling ampuh untuk membasmi rayap di rumah

cara alami ampuh basmi rayap

 Cara membasmi rayap- Rayap memang sering menjadi musuh kita semua, Rayap merupakan binatang yang sering merusak semua perabotan yang terbuat dari kayu. karena pada dasarnya rayap memang suka memakan kayu, kayu yang dimakan seperti kusen, ram jendela, pintu, dipan, lemari, dan yang lain-lain.

Kayu yang telah di makan oleh rayap tentunya akan rusak dan keropos, sehingga kayu tersebut tidak bisa digunakan lagi alias harus di ganti dengan yang baru lagi. hal ini memang menyebalkan bagi kita jika kayu yang ada di rumah di rusak oleh rayap.

Namun anda jangan khawatir, ada beberapa cara alami yang akan saya sampaikan untuk membasmi binatang rayap.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu, bahwa rayap merupakan serangga sosial yang termasuk anggota infraordo. rayap di kenal sebagai hewan pemakan kayu kering dan kayu lembab.

Rayap memiliki keturunan yang sama dengan semut, sehingga kita bisa lihat dari hidupnya yang berkoloni. dalam bahasa inggris rayap di sebut white ant (semut putih)


Baca juga

Alternatif pengganti lantai selain keramik

Cara alami untuk membasmi rayap

Cara-cara ini bisa anda coba untuk mengusir rayap secara berkala, yaitu dengan cara:

  • Menggunakan AC

menggunakan ac

Dengan menggunakan Ac di dalam ruangan memang akan mengusir rayap secara perlahan, karena udara yang dikeluarkan oleh ac bisa naik turun.
walaupun tempat tersebut lembab akan tetapi jika ruangan tersebut ditambah dengan suhu dari AC rayap tidak akan betah

  • Cahaya matahari langsung

cahaya matahari langsung

Rayap memang tidak suka terhadap tempat yang sering terkena sinar matahari secara terus-menerus, dengan sinar matahari tempat tersebut menjadi panas.
sedangkan rayap lebih suka diam di tempat yang hawanya lembab dan tidak terkena oleh sinar matahari.

Cara ini memang sedikit sulit, cara ini memang harus di sesuaikan dengan bangunan rumah anda sendiri. bagaimana desain saat melakukan proses pembangunannya.
apabila rumah anda memang tidak terkena oleh sinar matahari, sebaiknya anda menggunakan AC di setiap ruangan untuk mencegah  adanya rayap.

  • Gunakan acid atau zat asam

gunakan acid

Acid merupakan zat yang memiliki kadar asam sangat tinggi, anda bisa mencobanya dengan cara mengoleskan ke bagaian yang sudah ada rayapnya dengan memakai kuas.
selain kuas anda bisa mencobanya dengan cara di semprotkan. jelas rayap tidak suka terhadap cairan yang memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga rayap akan mati dan tidak akan kembali lagi

  • Siram dengan oli bekas

siram dengan oli bekas

Tak hanya dengan cairan acid saja, anda bisa menaburkan oli bekas ke tempat yang menjadi sarang rayap.
oli bekas merupakan cairan kimia yang sudah tidak layak pakai dengan ciri khas bau yang menyengat sehingga rayap tidak akan suka terhadap cairan yang menyengat

  • Gunakan air garam

gunakan air garam

Cara ini adalah cara yang simple dan mudah, anda cukup campurkan garam ke dalam air kemudian semprotkan ke sarang rayap.
cara ini sama dengan cara menggunakan acid.

Dengan cara-cara yang saya jelaskan di atas sudah pastinya rayap akan mati, dan rayap tidak akan bersarang lagi.

Penyebab adanya rayap ke dalam rumah

penyebab adanya rayap

Adanya rongga yang tidak tertutup


Rayap yang bentuknya kecil bisa menghancurkan perabotan furniture dan kayu yang menempel pada tembok.

Datangnya rayap yang bisa menembus tembok dan kayu melalui lubang atau celah kecil.
maka dari itu jika ada celah kecil atau lubang harus segera diperbaiki dengan cara di tutup kembali menggunakan silent atau acian semen.

Barang-barang berbahan kayu yang kualitasnya jelek


Furniture merupakan perabotan yang harus ada ketika di dalam rumah, hal ini menambah keindahan sebuah ruangan.

Namun anda harus berhati-hati ketika membeli sebuah barang yang berbahan kayu, cek terlebih dahulu kualitas kayu tersebut. dengan tujuan supaya kayu tersebut benar-benar bagus.

Anda jangan terlalu fokus dengan nama kayu yang digunakan, lihatlah kayu tersebut apakah kayu muda atau kayu tua. biasanya furniture yang menggunakan bahan kayu muda akan mudah di makan rayap.

Kebersihan di dalam rumah yang tidak di jaga

Hunian yang sangat kotor alias tidak di jaga kebersihannya akan mudah di datangi oleh rayap, rayap sangat senang terhadap tempat-tempat yang kotor.
maka dari itu bersihkanlah rumah anda dengan rutin.

Mulai bersihkanlah sudut-sudut dengan cara di sapu dan di pel, semoga dengan seringnya di bersihkan rayap tidak mau datang.

Tidak terkena sinar matahari

Hunian yang lembab, hunian yang tidak memiliki sirkulasi udara serta tidak terkena sinar matahari adalah penyebab adanya rayap.

Maka dari itu buatlah sirkulasi udara yang baik supaya hunian anda tidak lembab. karena tempat yang lembab rayap akan semakin betah.

Posting Komentar untuk "Cara alami yang paling ampuh untuk membasmi rayap di rumah"

Widget HTML Atas