Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

3 Langkah Mudah yang Ampuh Membasmi Kutu Kayu

 

3 Langkah Mudah yang Ampuh Membasmi Kutu Kayu

Cara membasmi kutu kayu – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa rayap merupakan salah satu musuh berat bagi material kayu. 

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kawanan kayu kerap membuat kayu menjadi keropos sehingga tingkat kekuatannya semakin rendah.

Selain rayap, ternyata masih ada lagi jenis serangga lainnya yang juga menjadi musuh menakutkan bagi material kayu lho. Ya, serangga tersebut bernama kutu kayu!

Nah, sebelum membahas seputar cara membasmi kutu kayu, ada baiknya jika berkenalan dulu dengan jenis serangga pemakan kayu tersebut. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Asal-usul Kutu Kayu

asal-usul kutu kayu

Menurut informasi yang didapat, kutu kayu ini termasuk kedalam keluarga krustasea atau isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik berbeda dengan rayap.

Kutu kayu tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, dan memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapih. 

Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari.

Saat disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya memiliki tekstur yang cukup keras. 

Keberadaan kutu kayu tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kawanan kutu kayu tersebut akan membuat berbagai permasalahan lho!

Berbagai Dampak Bahaya Dari Keberadaan Kutu Kayu

1. Akan Menggerogoti Perabotan yang Berbahan Kayu

Berbagai Dampak Bahaya Dari Keberadaan Kutu Kayu

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material kayu merupakan salah satu sasaran bagi kawanan kutu kayu. 

Sama halnya seperti hama rayap, dimana kutu kayu juga kerap menggerogoti furniture yang berbahan kayu. Terlebih untuk furniture yang berada di ruangan lembap seperti dapur, sehingga membuatnya menjadi sasaran empuk bagi kawanan kutu kayu.

Baca Juga : Mengintip Tingkat Keindahan dan Keunikan Kayu Ebony

2. Gigitan Kutu Kayu Bisa Menimbulkan Gatal di Kulit

Berbagai Dampak Bahaya Dari Keberadaan Kutu Kayu

Selain dapat merusak furniture yang berbahan kayu, jenis hama serangga yang satu ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho! 

Apabila kutu tersebut sampai bersarang di tempat tidur, maka kulit anda akan terasa gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitannya.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, ada kemungkinan kawanan kutu kayu tersebut akan masuk ke tubuh anda melalui lubang hidung dan telinga saat tertidur.

3. Merusak Kusen Pintu dan Jendela Kayu

Berbagai Dampak Bahaya Dari Keberadaan Kutu Kayu

Terdapat beberapa elemen rumah yang materialnya terbuat dari bahan kayu, seperti kusen jendela, pintu, meja, dan lain sebagainya.

Jika kawanan kutu kayu ini sampai menyerap bagian kusen, tentu saja dapat merusak struktur bangunan hingga membuatnya roboh. 

Apabila bagian kusen yang dimakan masih terbilang sedikit, maka segera basmi kawanan kutu kayu ini agar tidak menyerang lebih dalam lagi.

Artikel Serupa: Jenis-jenis Bahan Kusen Pintu yang Umum Digunakan

3 Trik Simple Untuk Membasmi Kutu Kayu

1. Menjaga Kelembapan Ruangan

3 Trik Simple Untuk Membasmi Kutu Kayu  - menjaga kelembapan ruangan

Mengingat kawanan kutu kayu lebih suka hidup di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga tak heran jika kutu kayu akan memilih material kayu sebagai tempat berlindung.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga tingkat kelembaban udara pada setiap ruangan rumah. 

Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga tingkat kelembaban pada rumah. Ya, salah satunya adalah pencahayaan alami.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Alami Paling Ampuh Dalam Membasmi Rayap di Rumah

Pencahayaan alami memiliki peranan yang penting dalam membasmi kawanan kutu kayu. Pasalnya, pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan.

Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah. 

Selain itu, masih ada lagi beberapa cara lainnya yang juga efektif untuk menjaga kelembaban ruangan rumah agar tetap stabil seperti berikut:

  • Menggunakan Cat Tembok Anti jamur

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat kelembaban yang terlalu tinggi itu bisa memicu datangnya berbagai jenis penyakit. 

Tak terkecuali dengan dinding, dimana area tersebut juga kerap ditumbuhi oleh jamur akibat tingginya kelembaban ruangan.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, tentu saja anda harus menggunakan cat dinding yang dilengkapi dengan fitur anti jamur. 

Dengan menggunakan jenis cat tersebut, secara otomatis area dinding tidak akan mudah ditumbuhi oleh jamur.  

  • Menggunakan Dehumidifier

Selain menggunakan cat tembok anti jamur, penting juga bagi anda untuk menggunakan dehumidifier guna menjaga tingkat kelembaban dalam ruangan rumah. 

Namun, terdapat satu kekurangan dari dehumidifier yang harus anda ketahui.

Untuk bisa mendapatkan alat yang satu ini, maka anda harus merogoh kantong yang cukup dalam lho. Pasalnya, produk dehumidifier dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. 

Ya, terlebih untuk dehumidifier dengan merk-merk ternama, bisa dipastikan harga yang ditawarkannya sangatlah mahal.

Kendati demikian, fungsi dari dehumidifier ini benar-benar sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban dalam ruangan rumah. 

Mengenai fungsinya, dehumidifier bertugas untuk menyerap kelembaban yang nantinya akan dirubah menjadi udara sejuk.

  • Menggunakan Silica Gel

Jika budget yang kamu miliki tidak bisa menjangkau harga dehumidifier, maka penggunaan silica gel ini merupakan pilihan yang paling tepat. 

Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun fungsi dari silica gel ini hampir mirip dengan alat dehumidifier. Silica gel sudah terbukti cukup efektif dalam menjaga tingkat kelembaban sebuah ruangan.

2. Amati di Setiap Celah-celah Rumah

3 Trik Simple Untuk Membasmi Kutu Kayu  - amati setiap celah ruangan rumah

Trik simpe berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu, yakni pastikan tidak ada celah di area rumah. 

Apabila di rumahmu terdapat ventilasi, maka lapisi dengan kawat saringan berukuran kecil agar tidak mengganggu sirkulasi udara sekaligus untuk mencegah masuknya kawanan kutu kayu.

Selain itu, pastikan juga pada bagian bawah jendela maupun pintu tidak celah agar kutu kayu tidak masuk melalui area tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Kuat dan Awet

3. Selalu Menjaga Kebersihan Rumah

3 Trik Simple Untuk Membasmi Kutu Kayu  - selalu menjaga kebersihan rumah

Tak hanya dari faktor suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengundang kawanan kutu kayu. 

Ya, rumah yang jarang dibersihkan tentunya menjadi tempat favoritnya bagi para kawanan kutu kayu.

Belum lagi didukung dengan kondisi ruangan yang lembab, sehingga akan membuat kutu kayu semakin betah dan berkembang biak secara cepat. 

Maka dari itu, kamu harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah. Bersihkan semua sampah-sampah yang tampak berserakan. 

Apabila banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

Nah, itulah 3 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu di rumah.

 

 

 

Posting Komentar untuk "3 Langkah Mudah yang Ampuh Membasmi Kutu Kayu"