Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

16 Cara Membasmi Semut Kecil di Rumah 100% Ampuh

16 Cara Membasmi Semut Kecil di Rumah 100% Ampuh

Semut kerapkali muncul tidak terduga, membanyak kemudian membuat sarang di rumah. Walaupun awalnya semut ini tidak terlalu mengganggu, apalagi hanya beberapa, namun akan menjadi sangat mengganggu bila jumlahnya menjadi banyak.

Apalagi semut kuning kecil. Yang mana, tak hanya menyerang makanan di dapur, tetapi juga sering menggiggit kita. 

Maka sangat penting rasanya untuk anda menyelesaikan membaca artikel kali ini untuk memahami bagaimana cara mengusir dan membasmi semut agar tidak adalagi pada hunian.

Baca juga : Cara Alami Paling Ampuh Dalam Membasmi Rayap Di Rumah

Penyebab Banyaknya Semut Di rumah

Penanganan semut yang banyak terdapat di rumah dapat lebih efektif jika kita memahami penyebab kehadiran mereka. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab rumah kita banyak dihuni semut. Yaitu :
16 Cara Membasmi Semut Kecil di Rumah 100% Ampuh

Aroma Makanan yang Menggoda

Semut selalu aktif mencari sumber makanan, dan kehadiran aroma makanan di rumah dapat menjadi daya tarik bagi mereka. Bau bumbu dapur atau makanan yang menarik perhatian semut bisa menjadi pemicu kehadiran mereka.

Dekat dengan Pohon atau Taman

Rumah yang berdekatan dengan pohon atau memiliki taman belakang menjadi lokasi menarik bagi semut. Serangga ini bisa dengan mudah mencari makanan di dalam rumah dari tanaman atau pohon di sekitarnya.

Kelembapan Lingkungan yang Tinggi

Kelembapan yang tinggi di dalam rumah dapat menjadi daya tarik bagi semut. Semut merah, khususnya, dapat beradaptasi dengan kondisi kelembapan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga sirkulasi udara agar kelembapan tidak berlebihan.

Menemukan Tempat Perlindungan yang Nyaman

Semut sering mencari tempat yang nyaman dan aman di dalam rumah. Mereka dapat menyusup melalui celah-celah kecil di dinding atau lantai. Jika semut ditemukan di dalam rumah, mungkin mereka telah menemukan tempat yang ideal untuk tinggal.

16 Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah

Semut seringkali menjadi tamu yang tak diundang di rumah, terutama di area dapur. Jika jumlahnya banyak, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak perlu khawatir, Dibawah ini beberapa cara yang bisa anda coba :

1. Pasang Tumbuhan Kemangi di Dapur

Tumbuhan kemangi memiliki aroma kuat dan menyengat yang tidak disukai oleh semut. Selain itu, kemangi menghasilkan senyawa kimia alami yang mengusir semut. Menyimpan pot kemangi di dapur dapat membantu menjauhkan semut.

2. Gunakan Bubuk Cabe atau Lada

Bubuk cabe atau lada memiliki sifat pedas yang tidak disukai oleh semut. Jika Anda melihat jejak semut, taburkan bubuk cabe di atasnya. Bau pedas dan panas akan membuat semut menjauh.

3. Semprotkan Pembasmi Serangga

Gunakan pembasmi serangga yang efektif untuk menyemprot area yang sering dihuni semut. Produk seperti HIT Aerosol Orange 600 mL memiliki efek ampuh untuk mengusir semut dan nyamuk.
16 Cara Membasmi Semut Kecil di Rumah 100% Ampuh


4. Gunakan Kapur Anti Serangga

Kapur anti serangga, seperti Bagus Kapur Ajaib, dapat menjadi alternatif ampuh. Kapur ini aman untuk manusia tetapi efektif mengusir semut. Oleskan kapur di jalur semut atau di sekitar area yang sering mereka kunjungi.

5. Bersihkan Sisa Makanan

Pastikan selalu membersihkan sisa makanan di dapur dan meja makan. Semut biasanya tertarik oleh bau makanan yang berserakan. Dengan menjaga kebersihan, semut akan kehilangan daya tarik untuk datang.

6. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan alami yang bisa mengusir semut. Campurkan cuka putih dengan air dan semprotkan di area yang sering dilewati semut. Bau asam cuka akan membuat mereka menjauh.

7. Gunakan Kulit Lemon atau Jeruk

Aroma dari kulit lemon atau jeruk dapat mengusir semut. Letakkan kulit-kulit tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui semut atau di sudut-sudut dapur.

8. Buat Barier dengan Kapur Barus

Semut tidak suka melewati barier kapur barus. Taburkan kapur barus di jalur semut atau di sekitar tempat-tempat yang sering mereka kunjungi.

9. Manfaatkan Serbuk Kayu Manis

Serbuk kayu manis memiliki aroma yang menyenangkan bagi manusia tetapi tidak disukai oleh semut. Taburkan serbuk kayu manis di jalur semut atau di sudut dapur.

10. Gunakan Daun Mint

Daun mint memiliki bau segar yang dapat mengusir semut. Tempatkan daun mint di dekat tempat-tempat yang sering dihuni semut.

11. Manfaatkan Baking Soda

Baking soda dapat menjadi solusi alami untuk mengusir semut.
Taburkan baking soda di area yang sering dilewati oleh semut. Baking soda dapat mengganggu keseimbangan kimia dalam tubuh semut, membuatnya tidak nyaman dan menjauh.
Bersabarlah dan berikan waktu agar baking soda memberikan efek yang diinginkan.
bahan alami pembasmi semut di rumah

12. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat menjadi senjata ampuh melawan semut hitam. Bau kuat dan menyengat dari minyak kayu putih membuat semut enggan mendekatinya. Teteskan minyak kayu putih pada rombongan semut atau di sarang mereka, dan dalam beberapa menit, mereka akan membubarkan diri.

13. Tutup Lubang Masuk di Rumah

Menutup lubang masuk yang biasa digunakan semut hitam adalah cara efektif untuk mencegah masuknya serangga tersebut ke dalam rumah. Lubang-lubang tersebut biasanya terdapat di lantai atau tembok yang terbuat dari kayu. Gunakan lem kayu atau serbuk kayu untuk menutupi lubang-lubang tersebut.

14. Bubuk Kopi di Area Sarang

Bubuk kopi tidak hanya menyajikan nikmat di pagi hari, tetapi juga dapat mengusir semut. Taburkan bubuk kopi di area sarang semut. Meskipun memerlukan sedikit waktu, metode ini terbukti berhasil. Semut akan meninggalkan sarangnya dan mencari tempat yang lebih aman.

15. Selalu Menyimpan Makanan dengan Benar

Gunakan penutup atau wadah kedap udara untuk menyimpan makanan, terutama yang manis atau mengundang.
Jangan biarkan makanan terbuka di tempat terbuka, karena semut akan dengan cepat mendeteksinya.
Pastikan meja makan dan dapur selalu bersih dari sisa makanan.

16. Kebersihan Rumah

Jaga kebersihan rumah dengan menggunakan alat kebersihan yang efektif untuk menghindari penumpukan sisa makanan atau minuman.
Pastikan tumpahan makanan segera dibersihkan, dan tempat penyimpanan makanan rutin dibersihkan.

Mengenal Jenis Semut yang Sering Berkunjung ke Rumah Anda

Mengidentifikasi jenis semut yang sering berkeliaran di rumah Anda bukanlah sekadar langkah biasa, melainkan kunci utama untuk mengatasi permasalahan semut dengan cara yang tepat dan efektif. Terlalu sering, kita cenderung melakukan kesalahan umum dengan menyemprotkan cairan insektisida tanpa memahami karakteristik masing-masing jenis semut.

Ini bisa jadi seperti melemparkan solusi tanpa benar-benar memahami masalah yang dihadapi. Langkah pertama yang cerdas adalah mengenali dan memahami jenis semut yang berada di sekitar Anda. Melakukan hal ini akan memberikan wawasan yang berharga dan membantu Anda menentukan pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah semut di rumah.
Mengenal Jenis Semut yang Sering Berkunjung ke Rumah Anda

Semut Hantu (Semut Gula)

  • Penampilan: Kepala berwarna gelap, perut bening, ukuran sekitar 2.5 - 15 mm.
  • Makanan: Makanan manis berbasis gula.
  • Sarang: Di dalam rumah, terutama di area lembab seperti di bawah bak cuci piring dan lemari.
  • Pencegahan: Bersihkan sisa makanan, minyak, dan sumber makanan lainnya.

Semut Firaun

  • Penampilan: Kecil, berwarna kuning kecoklatan.
  • Makanan: Makanan berzat protein tinggi dan berbasis minyak, aktif mencari makan di malam hari.
  • Sarang: Di area tertutup di dalam rumah, seperti retakan dinding dan bawah peralatan.
  • Pencegahan: Jangan coba-coba menggunakan insektisida, tutupi lubang masuk, hubungi profesional jika diperlukan.

Semut Gila

  • Penampilan: Hitam, berkaki panjang, gerakan tak menentu.
  • Makanan: Berbagai jenis makanan, terutama yang berbasis gula.
  • Sarang: Di luar rumah, di bawah pot bunga, jalan setapak, sekitar area kolam.
  • Pencegahan: Buang cabang pohon yang berdekatan dengan rumah, tutup celah dan retakan.

Semut Tukang Kayu

  • Penampilan: Besar, sekitar 17 mm, berwarna gelap atau merah-kehitaman.
  • Makanan: Sumber protein tinggi, terutama dari serangga mati.
  • Sarang: Di pohon dan struktur kayu.
  • Pencegahan: Perbaiki sumber kebocoran, hindari kelembaban tinggi, perbaiki kayu yang rusak.
Seringkali, orang tidak menyadari bahwa setiap jenis semut memiliki perilaku, habitat, dan preferensi makanan yang berbeda. Dengan mengidentifikasi jenis semut secara spesifik, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang lebih terarah dan efektif. Bukan sekadar memerangi semut, tetapi lebih kepada menyelesaikan akar permasalahan.


Menghindari penggunaan insektisida secara sembarangan juga penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar rumah Anda. Beberapa jenis semut memiliki peran positif dalam mengendalikan populasi serangga lain yang mungkin lebih merugikan. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap spesies semut di rumah akan membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana dalam menjaga keseimbangan lingkungan sekitar.

Posting Komentar untuk "16 Cara Membasmi Semut Kecil di Rumah 100% Ampuh"