Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengenal Kayu Cendana Yang Banyak di Temukan di Provinsi NTT

Mengenal kayu Cendana - Pada kenyataannya Kayu cendana banyak di temukan di provinsi Nusa Tenggara Timur terutama di banyak terdapat di Pulau Timor dan pulau Sumba. Cendana adalah tanaman yang banyak diminati sebab mempunyai aroma khas. Selain itu kayu ini juga mempunyai banyak kegunaan, oleh sebab itu sering dijadikan komoditas perdagangan sejak lama. 

Mengenal kayu Cendana di Provinsi NTT

Sebenarnya kayu tersebut dapat dibudidayakan di provinsi lain selain NTT. Salah satunya di Gunungkidul. Akan tetapi kualitas kayu dan aromanya sangat berbeda dari wilayah asli (NTT). Seperti diketahui NTT menjadi wilayah subur untuk pertumbuhan tanaman ini. 

Setidaknya ada 7 kabupaten di NTT yang menjadi tempat subur. Beberapa daerah yang dikategorikan wilayah yang subur tersebut meliputi daerah Kupang, TTS, TTU, Belu, daerah Sumba Barat, daerah Sumba Timur dan daerah Solor. 

Oleh sebab itu cendana menjadi prioritas utama bahan komoditi yang dikembangkan disana. Namun pada proses pengembangannya banyak pihak mengaku menemui berbagai kendala non teknis seperti peraturan daerah hingga pemasarannya. 

Kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT berpotensi mengakibatkan penebangan secara besar-besaran, sebab adanya perizinan secara global. Jika tidak ditangani hal ini bisa membahayakan populasi semakin menurun sekaligus merusak alam di wilayah NTT. Hingga saat ini hasil inventarisasi menunjukan benihnya semakin sulit didapatkan. 

baca juga : Seberapa Hebatkah Kayu Kempas? Kita ulas disini

Karakteristik Pohon Cendana yang Perlu Diketahui

karakteristik pohon cendana

Pohon cendana memiliki nama latin Santalum album L banyak diburu oleh orang-orang diberbagai belahan dunia. Baunya khas menjadi daya tarik bangsa Eropa dan bangsa lain untuk mendapatkannya. Hasil yang bisa dipetik dari pohon ini yaitu kayunya serta minyak. Apabila disimpan dengan sangat baik, kayu tersebut bisa menghasilkan aroma wangi hingga puluhan tahun. 

Alasan inilah yang membuatnya dibanderol dengan harga selangit, terlebih saat ini kayu cendana di provinsi NTT sudah mulai langka dan sulit untuk dijumpai. 

Minyak dari pohon ini berasal dari akarnya dan disebut dengan astiri. Kandungan minyak yang diproduksi dari akarnya mencapai 10%. Sementara dari kayunya mengandung 4-8%, bagian rantingnya 2-4%. Bagian terluar juga menghasilkan atsiri mengandung santanol, santalil serta asetat sebesar 3%, selain itu juga ada hidrokarbon 5%. 

Bagi kamu yang belum pernah melihat kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT, bisa mempelajari ciri-ciri atau karakteristiknya sehingga bisa membedakan dengan jenis lainnya. 

Ciri pertama yaitu mempunyai batang bulat dengan warna kulit kecoklatan. Kemudian diameter maksimalnya mencapai 25 hingga 30 cm. Pohon tersebut bisa tumbuh mencapai 11 hingga 15 meter, daunnya berbentuk elips dan lancip dibagian dua ujungnya. 

Tumbuh cukup rimbun dan merupakan daun tunggal dengan ukuran tidak terlalu besar sekitar 4-8 cm x 2-4 cm. Pinggiran daunnya bergelombang dengan tangkai daun berwarna kekuning-kuningan. Saat musim berbunga tumbuh kuncup berwarna merah memiliki kelopak sebanyak 4 hingga 5 lembar. 

Buahnya berbentuk bulat dan berwarna hitam keunguan dengan ukuran sekitar 1 cm. Buah tersebut mudah sekali menjadi kecambah, namun jika ingin ditanam harus segera mendapat inangnya agar tidak mati. 

Budidaya kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT memang menguntungkan. Benda ini dijadikan sebagai komoditas ekspor yang selalu laris manis dipasaran Tiongkok dan Portugis. Bahkan pengepul dari luar negeri rela datang langsung ke Sumba untuk mencari sumber produksi kayu tersebut secara langsung. 

baca juga : Kualitas Kayu Kamper, kayu yang kuat dan anti rayap 

Berbagai Manfaat Kayu Cendana

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari pohon satu ini. Untuk selengkapnya simak penjelasan berikut ini: 

1. Sebagai obat herbal

kayu cendana sebagai obat herbal

Ternyata pohon asal Sumba tersebut bisa dijadikan sebagai ramuan herbal dengan manfaat untuk kesehatan tubuh. Pendapat tentang hal ini telah banyak dibuktikan secara ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti diberbagai bagian Negara lainnya. 

Cendana bisa mengobati desentri serta permasalahan pencernaan lainnya, selain itu juga ampuh sebagai anti peradangan. Untuk wanita, kayu ini berguna sebagai pembersih saat datang bulan atau menstruasi. Sementara bagian untuk digunakan untuk membuat obat herbal yaitu bagian kulit dan minyak. 

Adapun cara pengolahannya yakni dengan membuat menjadi serbuk kayu dengan cara menggiling atau menumbuknya hingga sangat halus.

2. Bahan wangi-wangian

Kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT juga menjadi bahan utama pembuat parfum. Aroma wangi tersebut bisa bertahan lama hingga tercium semerbak dari radius beberapa meter. Selain itu juga digunakan sebagai bahan campuran aromaterapi serta pembuat dupa. 

Untuk bahan campuran parfum, biasanya digunakan cendana putih. Jenis ini mempunyai bau paling wangi diantara jenis lainnya. Karakteristik jenis ini yakni pohon berukuran besar dan kokoh serta bau yang dihasilkan sangat menyengat. 

3. Untuk kecantikan dan kesehatan

kayu cendana untuk kecantikan

Bagi orang mengalami susah buang air kecil, disarankan menggunakan minyak atsiri yang dihasilkan pohon tersebut. Mengonsumsinya secara teratur bisa memperlancar pembuangan urine dari dalam tubuh. Sementara untuk kecantikan, minyak atsiri bisa menghilangkan noda hitam diwajah dan mengatasi jerawat. 

Pasta bedak yang telah dicampur dengan minyak atsiri bisa mengatasi kulit keriput. Jika ingin menghilangkan komedo dan memiliki wajah mulus caranya sangat gampang, ambil 2 sendok makan bubuk kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT kemudian campurkan air mawar, lalu gunakan sebagai masker secara teratur. 

4. Bahan furniture

Kayu cendana merupakan kayu termahal di dunia. Banyak orang asing tertarik menggunakannya sebagai furniture. Kayu ini sangat kokoh dan tahan lama, bau alami yang ditimbulkan membuatnya tidak akan dimakan oleh rayap. 

Kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT bisa dibuat berbagai furniture seperti meja makan, kursi ruang tamu, lemari, tempat tidur, meja rias dan lain sebagainya. Menggunakannya sebagai pelengkap rumah terkesan mewah dan mahal. 

5. Bahan Lantai Kayu parket ?

kayu cendana untuk lantai parket

Apakah bisa Cendana di buat lantai kayu? Mungkin pertanyaan ini akan melintas dalam pikiran. Kayu cendana cukup jarang digunakan untuk Lantai kayu karena Cendana lebih disukai digunakan untuk keperluan lain seperti Furniture, obat herbal atau kecantikan yang jauh lebih bernilai.

Selain itu juga, kayu cendana merupakan jenis kayu yang cukup langka dan memiliki harga yang sangat mahal sehingga diperlukan ongkos yang cukup besar bagi anda yang ingin menggunakan kayu cendana sebagai lantai parket di rumah.

Oleh sebab itu, kami lebih menyarankan anda untuk menggunakan lantai kayu Jati, Merbau, Ulin dan Bengkirai untuk lantai kayu pada hunian. Untuk informasinya bisa buka : Kayu-Kayu Terbaik untuk Lantai Parket Solid. Mana pilihanmu?


Cara Menanam Pohon Cendana

Cendana bernilai sangat tinggi, untuk itu kamu bisa mencoba untuk membudidayakannya sendiri, caranya sebagai berikut: 

cara menanam pohon cendana

 

1. Tentukan lokasi penanaman

Area paling ideal untuk menanam pohon ini yaitu memiliki curah hujah sedang. Pohon ini bisa tumbuh subur ditempat dengan sinar matahari cukup sementara suhunya berkisar 12-30 derajat celcius.

2. Pilih bibit berkualitas

Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik maka kamu harus memilih bibit berkualitas. Cara untuk memilih bibit yang terbaik yakni dengan cara merendam benih didalam wadah berisikan air selama kurang lebih dua hari lamanya. Benih kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT tidak layak tanam ialah benih yang mengapung. 

3. Penyemaian benih

Penyemaian bisa dilakukan menggunakan polybag berisi tanah gembur lengkap dengan pupuk kompos atau kandang. Campurkan pula sekam agar lebih subur dengan perbandingan tanah:pupuk:sekam yakni 3:2:1. Buatlah lubang setinggi jari telunjuk kemudian masukan benih. 

4. Menanam hasil semaian

Selanjutnya kamu bisa menanam benih yang telah disemaikan jika ukurannya sudah mencapai 10 hingga 30 cm. Lalu bersihkan gulma atau tanaman pengganggu disekitar lahan dan campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos sesuai kebutuhan. Buatlah lubang 40x40 cm dengan kedalaman 5 cm, beri jarak 2 hingga 3 meter setiap lubang yang dibuat. 

5. Perawatan

Perawatan pohon ini hampir sama dengan jenis tanaman lainnya yakni perlu disiram dua kali sehari pagi dan sore. Tanah harus selalu dalam keadaan lembap agar bisa tumbuh dengan subur. Selain itu lakukan pemupukan setiap satu minggu sekali hingga tanaman berusia 4 bulan. 

Menaman pohon cendana menjadi aset jangka panjang. Satu batang pohon ini bisa dihargai mencapai ratusan juta rupiah. Namun dalam proses untuk mengembangkannya memanglah tidak semudah dibayangkan. 

Diperlukan konsistensi dan kesabaran agar bisa memanen kayu cendana banyak di temukan di provinsi NTT tersebut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kayu Cendana Yang Banyak di Temukan di Provinsi NTT"

Widget HTML Atas